Ini Dia Kedai Teh Termungil di Dunia Ada di Teheran, Iran

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 10 Agustus 2017 - 18:30 WIB

Haj Ali Darvish, Kedai Teh Termungil di Grand Bazaar Teheran, Iran (Foto:CNN)
Haj Ali Darvish, Kedai Teh Termungil di Grand Bazaar Teheran, Iran (Foto:CNN)

INDUSTRY.co.id, Iran - Di antara ribuan toko yang berjejer di sebuah jalan di Grand Bazaar Teheran, berdirilah sebuah kedai teh, yakni Haj Ali Darvish. Kedai ini bukan satu-satunya kedai teh yang ada, tetapi kedai ini dibuka pada tahun 1918 dan ini merupakan kedai yang tertua di Teheran.

Dilansir dari cnn, Kamis (10/8/2017) kedai setinggi dua meter ini menyajikan berbagai macam menu teh dan berbagai khasiat untuk berbagai macam penyembuhan penyakit.

Pemilik kedai yang bernama Kazem Mabhutyan, mengatakan, "Saya telah melakukan perjalanan ke luar negeri dan menguji berbagai gaya seperti bahasa Inggris, Turki dan Arab, tapi tidak ada yang cocok dengan teh bergaya Persia," katanya.

Sebelum, bisnis kedai teh ini dimulai dari sang Ayah, Haj Ali Mabhutyan yang membeli kedai teh tersebut pada tahun 1962 dari pemilik aslinya Haj Mohammad Hasan Shamshiri, dan hingga saat ini, Ialah yang meneruskan bisnis Ayahnya.

Sebelum revolusi Iran 1979, orang-orang Iran biasanya hanya membawa teh nya sendiri. Tetapi, sejak tahun 2009, banyak sekali wisatawan ke Iran dan mencicipi teh buatannya.

Jumlah pengunjung asing yang bepergian ke Iran telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, yakni dari 2,2 juta di tahun 2009 menjadi 5,2 juta pada tahun 2016.

Tak ingin ketinggalan dijaman yang serba teknologi ini, Mabhyutan memasarkan kedainya melalui akun Instagramnya 'Haj Ali Darvish' beberapa tahun yang lalu.

Dia suka memposting foto setiap orang yang berkunjung. Dia bilang itu membantu membuat kedai teh mungilnya menjadi salah satu tempat terpopuler di dunia.

"Saya meminta semua pelanggan saya untuk meninggalkan pesan di buku pengunjung, dan setiap orang yang minum teh di sini untuk pertama kalinya disajikan dengan koin suvenir," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Senin, 19 November 2018 - 11:18 WIB

Jelang Dua Dekade Eksistensi, R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Berpengalaman lebih dari 18 tahun di industri kehumasan, R&R Public Relations sebagai PR agency lokal peroleh penghargaan "PR Agency of the Year 2018" dalam ajang Indonesia PR Program of the…

Menteri Perindutrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi pabrik karet PT New Kalbar Processors (NKP) di Kabupaten Kubu Raya,Kalimantan Barat (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 11:15 WIB

Kunjungi New Kalbar Processors, Menperin Janji Tumbuhkan Industri Pengolahan Karet Remah

Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan sektor industri pengolahan crumb rubber (karet remah). Oleh karena itu, melalui Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang telah dikeluarkan pemerintah,…

Kepala Pusdatin Kementan I Ketut Kariyasa

Senin, 19 November 2018 - 11:12 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan), Ketut Kariyasa menegaskan produktivitas tenaga kerja…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 19 November 2018 - 11:02 WIB

Akademisi Sebut Produksi bukan Variabel Tunggal dalam Kenaikan Harga Beras

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Harga beras yang diberitakan mengalami kenaikan belakangan ini turut mendapat sorotan dari pakar ekonomi pertanian Luthfi Fatah.

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 10:30 WIB

Hindari Jeratan Pinjaman Online, Ini Tujuh Poin yang Harus Diperhatikan Menurut YLKI

Praktik bisnis pinjaman online (pinjol) terus merebak, bahkan masif. Pemerintah pun berbangga, menepuk dada, sementara ribuan konsumen merana, menjadi korban pinjol.