Pertimbangkan Pro dan Kontra Ini sebelum Melamar Pekerjaan Non Konvensional

Oleh : Hariyanto | Kamis, 10 Agustus 2017 - 12:22 WIB

Melamar Kerja (ist)
Melamar Kerja (ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Kita terus-menerus diberi tahu untuk "think out of the box" atau untuk "menjadi kreatif" dalam membuat aplikasi pekerjaan agar menonjol dari aplikasi lainnya. Bukan rahasia lagi bahwa Manajer SDM sudah biasa kebanjiran ratusan aplikasi untuk setiap lowongan pekerjaan.

Apakah hal tersebut kemudian menjadi alasan bahwa semakin kreatif anda membuat aplikasi pekerjaan, semakin tinggi peluang anda mendapat perhatian dan pada akhirnya, dipekerjakan? Mungkin iya, mungkin juga tidak.

Anda mungkin telah membaca cerita kesuksesan: seseorang yang membuat resume online pada mirror image situs Airbnb, seseorang yang membuat blog tentang bagaimana dirinya mendapatkan pekerjaan impiannya, seseorang yang melamar pekerjaan untuk posisi yang dibuatnya sendiri, dan masih banyak lagi.

Contoh-contoh ini tentu saja merupakan usaha kreatif yang menginspirasi, yang menunjukkan baik dedikasi maupun antusisme terhadap pekerjaan dan perusahaan.
 
Tetapi sebelum anda mulai memutar otak mencari ide agar aplikasi anda mendapatkan perhatian dari perusahaan impian anda, sangat penting untuk mempertimbangkan pro dan kontra jika anda ingin mengambil rute yang tidak konvensional sebelum membuatnya. Seperti banyak hal di dalam kehidupan, koin selalu memiliki dua sisi. Yang berhasil pada seseorang mungkin tidak berhasil pada orang lain.
 
Pro

 1. Personal

Membuat aplikasi pekerjaan yang disesuaikan memungkinkan anda untuk memasukkan kepribadian anda sebanyak mungkin ke dalamnya. Dari format penampilan sampai keindahan desain, dari pendekatan isi sampai komunikasi—eksekusi dari setiap aspek memberikan banyak informasi kepada manajer perekrutan mengenai anda dan kemampuan anda dalam memecahkan masalah.

2. Spesifik

Aplikasi pekerjaan yang tidak konvensional memungkinkan anda untuk mengidentifikasi aspek atau masalah spesifik mengenai pekerjaan yang anda rasa sangat cocok dengan kualifikasi anda yang unik. Dengan membuat format atau media CV yang berbeda, anda memiliki fleksibilitas untuk menonjolkan fakta tertentu di dalam bentuk visual yang lebih menarik dibandingkan dengan dokumen word yang biasa.

 3. Orisinil

Menjadi orisinil otomatis membuat aplikasi anda menonjol dari tumpukan resume dokumen word yang biasa. Hal tersebut memberikan manfaat yang cepat karena aplikasi anda akan mudah diingat dan berkesan.

 4. Efektif

Dengan asumsi bahwa anda telah melakukan penelitian dan mengumpulkannya ke dalam sebuah aplikasi yang dibuat dengan satu cara yang cocok dengan pertanyaan mengenai pekerjaan atau perusahaan, hal tersebut seharusnya terbukti efektif dalam menarik perhatian perusahaan impian anda.
 
Kontra

1. Menghabiskan waktu

Aplikasi pekerjaan yang dibuat secara individual ini biasanya meliputi persiapan yang membutuhkan banyak waktu dan penelitian mendalam, yang artinya mereka tidak bisa dibuat ulang dengan cepat. Jumlah pemikiran dan rencana yang menyertainya membuatnya unik, tetapi di dalamnya terdapat masalah juga.

 2. Kesesuaian

Kesesuaian media dan penyampaian aplikasi perlu dipertimbangkan dengan hati-hati untuk memastikan pesan tidak disalahartikan. Anda tidak ingin manajer perekrutan berpikir bahwa anda putus asa atau tidak profesional.

 3.  Investasi tinggi

Investasi waktu, tenaga, dan mungkin uang yang tinggi pada satu aplikasi akan menyebabkan kekecewaan mendalam apabila tidak membawa hasil yang anda harapkan.

 4.  Beresiko tinggi

Jika aplikasi pekerjaan tidak dibuat dengan baik, hal tersebut dapat menjadi bumerang bagi anda sendiri. Contohnya, sebuah resume video yang tidak dibuat secara profesional akan berakibat buruk pada anda. Begitupula jika anda mengusulkan solusi yang tidak diteliti atau disuguhkan dengan baik, anda mungkin malah menonjolkan kekurangan anda daripada apa yang anda harapkan yaitu kemampuan yang tidak ternilai bagi perusahaan.
 
Saran

1.   Hanya lakukan untuk pekerjaan atau perusahaan tertentu yang anda yakin memiliki kualifikasi yang unik untuk dikontribusikan.

 2.  Dapatkan feedback dari teman atau orang profesional terkait ide aplikasi pekerjaan ini. Hal tersebut membantu memberikan perspektif berbeda sebelum anda melakukan ide tersebut.

3.   Tunjukkan konsep aplikasi anda kepada beberapa manajer perekrutan sehingga anda dapat menyempurnakan dan memperbaikinya sebanyak mungkin sebelum menyelesaikannya.

 4.  Dapatkan sebanyak mungkin bantuan. Anda tidak perlu melakukannya sendian. Hal ini harus dilakukan dengan profesional dan dengan selera yang tinggi.

(*Js)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…