FiberCreme, Multipurpose Creamer Tinggi Serat Jaga Kesehatan Tubuh

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 10 Agustus 2017 - 11:47 WIB

Para narasumber dalam peluncuran FiberCreme, MC Nadia Mulya, Direktur PT Lautan Natural Krimerindo Hendrik Gunawan, Ersamayori, dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD-KGEH, FINASIM, dan Chef Yuda Bustara (Foto ist)
Para narasumber dalam peluncuran FiberCreme, MC Nadia Mulya, Direktur PT Lautan Natural Krimerindo Hendrik Gunawan, Ersamayori, dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD-KGEH, FINASIM, dan Chef Yuda Bustara (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ellenka memperkenalkan produk terbarunya FiberCreme multipurpose creamer tinggi serat dengan rasa creamy yang enak.

FiberCreme termasuk dalam kategori tinggi serat pangan dan dapat membantu memastikan kecukupan asupan serat pangan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat pangan oligosakarida yang rendah kalori pada FiberCreme juga membantu memelihara kesehatan tubuh.

Serat pangan, dikenal juga sebagai dietary fiber, merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar. Sifatnya ini membuat serat pangan tidak dapat dicerna oleh enzim-enzim pencernaan.

Mengapa konsumsi pangan tinggi serat sangat disarankan bagi kesehatan tubuh? "Serat pangan yang dikonsumsi dapat membantu memperlancar jalannya makanan mulai dari mulut hingga ke saluran pembuangan pada tubuh manusia. Cukup mengkonsumsi serat pangan baik bagi kesehatan kita, di antaranya membantu mengontrol berat badan karena serat pangan memberi efek rasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengatur frekuensi makan agar lebih disiplin, dan menjaga kadar gula darah sehingga bisa mencegah penyakit diabetes,” Spesialis Penyakit Dalam Dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD-KGEH, FINASIM

Ditambahkan oleh Dr. Hardianto Setiawan Ong di dalam usus besar, serat pangan juga membantu menyerap sisa pencernaan yang bersifat karsinogen (salah satu penyebab kanker) sehingga dapat mengurangi resiko kanker kolon dan gangguan gastrointestinal lainnya, serta menjaga kadar kolesterol dalam darah sehingga bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler. "Kebutuhan serat pangan yang dianjurkan adalah 30 gram per hari dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan."

Serat pangan dapat ditemukan dalam sayur-sayuran dan buah-buahan, dan mengandung polisakarida, oligosakarida, lignin, serta substansi lainnya. Pada oligosakarida terdapat manfaat yang sangat banyak, di antaranya mampu meningkatkan keseimbangan cairan dalam saluran pencernaan dan memperbaiki konsistensi kotoran sehingga buang air besar menjadi lebih lancar, juga berfungsi sebagai prebiotik yang merupakan makanan bagi bakteri-bakteri baik di dalam tubuh manusia yang juga dikenal dengan istilah probiotik. "Sumber serat pangan yang mengandung oligosakarida juga termasuk memiliki indeks glikemik rendah sehingga baik untuk menjaga kadar gula dalam darah,” tambah Dr. Hardianto.

Pentingnya asupan serat pangan bagi kesehatan tubuh diperkuat oleh Kementerian Kesehatan sebagaimana dilansir di dalam Pedoman Gizi Seimbang tahun 2014 yang menganjurkan konsumsi serat pangan oleh laki-laki sebesar 27-38 gram dan perempuan sebesar 22-32 gram per hari sebagai bagian dari pola makan gizi seimbang.

Namun dalam praktek sehari-hari, hanya sebagian kecil dari masyarakat Indonesia yang memenuhi kecukupan asupan serat pangan yang dianjurkan yakni 30 gram per hari. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan bahwa hanya 6,5% masyarakat Indonesia yang cukup asupan serat pangannya dan sebanyak 93,5% dari masyarakat Indonesia tergolong kurang makan sayur dan buah.

Rendahnya asupan serat pangan ini banyak dialami oleh masyarakat yang sangat sibuk yang mengalami perubahan pola konsumsi (dari tinggi karbohidrat, tinggi serat dan rendah lemak ke pola konsumsi rendah karbohidrat dan rendah serat, tinggi lemak dan tinggi protein).

Kurangnya asupan serat pangan yang dialami sebagian besar masyarakat Indonesia menggugah Ellenka, produsen bahan makanan spesialis krimer nabati, untuk membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan dan meningkatkan konsumsi serat pangan.

"Sesuai anjuran, kebutuhan tubuh manusia akan serat pangan sepanjang hari setidaknya 25-30 gram. Berdasarkan pengamatan kami, konsumsi buah dan sayur sehari-hari baru mencukupi sekitar 11,8 gram,“ jelas Direktur PT Lautan Natural Krimerindo Hendrik Gunawan.

"Sebagai perusahaan yang memiliki misi memproduksi produk makanan sehat dan berkualitas, sejak tahun 2015 Ellenka melakukan serangkaian penelitian dan uji coba pada produk berbasis krimer nabati yang kami buat. Setelah dua tahun uji coba berlangsung, kami sangat antusias memperkenalkan produk terbaru dari Ellenka yaitu FiberCreme, multipurpose creamer mengandung serat tinggi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan serat sehari-hari. Dengan kompisisi utama serat pangan oligosakarida yang bersifat prebiotik dan memiliki sifat rendah kalori, mengkonsumsi FiberCreme sesuai anjuran penggunaan dapat membantu memperlancar pencernaan."

Dengan keunggulan teknologi yang dimiliki dalam bidang pangan, Ellenka berhasil memformulasikan rasa creamy yang enak, hasil dari paduan bahan-bahan pilihan seperti minyak kelapa dan protein susu.

"FiberCreme adalah wujud dari perpaduan antara kemajuan teknologi pangan yang kami miliki dan kekayaan alam Indonesia; multipurpose creamer yang tinggi serat dengan rasa creamy yang enak, membantu masyarakat tetap dapat menikmati makanan dan minuman favoritnya,” tegas Hendrik.

"FiberCreme dengan serat pangannya yang tinggi, tidak hanya baik untuk tubuh dan sehat, juga enak diminum sebagai campuran teh dan kopi atau sebagai bahan pengganti santan dan susu dalam makanan. Dengan FiberCreme kami percaya bisa mewujudkan semboyan #Enakbisasehat," pungkas Hendrik.

Tidak hanya memastikan kualitas dan manfaatnya bagi kesehatan, Ellenka juga melakukan serangkaian uji coba aplikasi FiberCreme pada makanan dan minuman sebagai pengganti santan dan susu. Pada kesempatan ini Ellenka bekerja sama dengan Chef Yuda Bustara untuk mengembangkan penggunaan FiberCreme dalam makanan dan minuman.

“Rasa FiberCreme yang creamy dapat digunakan sebagai pengganti santan dan susu pada makanan, minuman, dan makanan pencuci mulut. Kami telah mencoba menggunakan FiberCreme sebagai bahan untuk memasak opor, gulai, saus untuk pasta, thai tea, smoothies, hingga membuat kue kering dan puding. Hasilnya, tidak kalah enak dengan santan atau susu,” jelas Chef Yuda.

Pada acara peluncuran media hari ini, Chef Yuda memperkenalkan resep makanan dan minuman yang menggunakan FiberCreme, yakni Gulai Daun Singkong, White Noodle Curry, dan Homemade Chocolate Powder yang yummy!

"FiberCreme terus melakukan uji coba, jadi nantikan resep-resep makanan dan minuman seru yang bisa Anda praktekkan di rumah. Selain rasanya yang enak, makanan dan minuman ini sehat karena mengandung serat pangan yang dibutuhkan tubuh. Kini Anda dapat 'berteman kembali' dengan makanan dan minuman kesukaan yang sempat Anda hindari," tutup Chef Yuda.

Untuk mengetahui resep-resep makanan dan minuman seru dan cara memasaknya, serta kegiatan-kegiatan on ground dari FiberCreme, mari bergabung di Facebook dan Youtube: fibercreme, dan ikuti Instagram: @fibercreme.

FiberCreme dapat diperoleh di seluruh modern trade yang ada di seluruh Indonesia antara lain Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Giant, Hero, Lion Super Indo, dan Hypermart, dan tersedia dalam kemasan sachet (100 gram), botol (168 gram) dan karton (450 gram).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BTN Dukung Penguatan Usaha Kecil Menengah (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 19 November 2017 - 16:00 WIB

Masuk Daftar MSCI, Saham BBTN Bakal Banyak Peminat

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menilai masuknya saham perseroan ke dalam Morgan Stanley Capital International (MSCI) Global Standard Index merupakan kepercayaan yang harus dijaga dengan meningkatkan…

PT Pertamina Lubricants (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:59 WIB

Pertamina Lubricants Meraih Platinum SNI Award 2017

Perseroan Terbatas Pertamina Lubricants berhasil meraih Platinum SNI Award 2017 untuk kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka dari Badan Standardisasi Nasional.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)

Minggu, 19 November 2017 - 15:51 WIB

Produksi Migas MEDCO Naik

Produksi minyak dan gas bumi PT Medco E&P Indonesia dan Medco E&P Natuna Ltd naik pada semester pertama 2017 dibanding periode sama tahun sebelumnya yang antara lain disebabkan adanya pengambilalihan…

Listrik Ilustrasi

Minggu, 19 November 2017 - 15:47 WIB

YLKI: Konsumsi Listrik Indonesia Masih Rendah

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan konsumsi listrik Indonesia masih rendah sehingga penghapusan tarif listrik kelas daya terendah tidak tepat…

Teguh Santosa Ketua Umum SMSI (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:33 WIB

PWI Fasilitasi UKW untuk Wartawan Perusahaan Media Siber Anggota SMSI

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberi kesempatan kepada wartawan yang bekerja di perusahaan media siber anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan…