Sido Muncul Lebarkan Sayapnya Masuki Pasar Nigeria

Oleh : Hariyanto | Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:36 WIB

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO)
PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) melebarkan sayapnya ke wilayah Afrika Barat, tepatnya Nigeria.

Direktur Keuangan perseroan, Venancia Sri Indrajati mengatakan, produk dari Sido Muncul telah masuk ke wilayah tersebut melalui distributor sehingga perseroan berniat untuk meningkatkan eksistensi di pasar Nigeria.

"Penjualan produk minuman energi di Nigeria sudah sangat bagus, jadi kita mau meningkatkannya lagi," kata Venancia di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Selain Nigeria, Filipina juga menjadi tujuan ekspor perseroan saat ini. Diakui Venancia bahwa saat ini perseroan telah membuat kantor cabang di sana. "Kita lagi urus registrasi produk menggunakan nama kita," kata dia.

Penjualan ekspor masih berkontribusi sekitar 2% saja dari total penjualan perseroan, sedangkan sisanya masih dikuasai oleh pasa dalam negeri.

Sepanjang enam bulan pertama tahun ini penjualan mengalami penurunan hingga 6,8% menjadi Rp1,21 triliun dibandingkan tahun lalu Rp1,3 triliun. Kontributor utama pada penjualan merupakan segmen produk herbal dan suplenen dengan pertumbuhan penjualan 5,9% dibandingkan tahun lalu.

Penurunan utama berasal dari segmen healthy food an beverages menurun 27% dibandingkan sebelumnya. Hal ini disebabkan menurunnya penjualan minuman energi milik perseroan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…