Bisnis Online Bergerak, Lazada Incar 11 Kota Bantu Pengusaha Kecil

Oleh : Hariyanto | Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:00 WIB

Kerjasama Advan dan Lazada
Kerjasama Advan dan Lazada

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Lazada yang merupakan destinasi belanja on line terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, akan menyasar ke 11 kota untuk membantu pengusaha kecil dan menengah yang dinamakan program "#Up Grade UKM Road Show".

"Kendala saat ini yang dialami pengusaha kecil dan menengah di Indonesia adalah masih sulit memasarkan produknya dan belum melakukan pemasaran secara 'on line'," kata Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm kepada pers di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Sebelas kota yang akan didatangi adalah Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Solo, Denpasar, Balikpapan, Pekanbaru, Surabaya, Palembang, dan Jakarta, Florian Holm mengatakan kedatangan Lazada mengunjungi UKM di 11 kota itu adalah ingin mendidik para pengusaha agar mampu melebarkan usahanya dari yang semula masih "off line" menjadi "on line", dari berskala kecil menjadi berskala menengah dan besar, serta dari memasarkan ke pasar lokal menjadi pasar global.

Dari hasil kunjungan ke sejumlah sentra UKM di berbagai di Indonesia, katanya, berbagai produk UKM seperti fesyen dan kerajinan dan mebel sebenarnya memiliki nilai jual yang tinggi dan laku di pasar global.

"Sangat disesalkan jika peluang seperti ini tidak dioptimalkan. Oleh sebab itu adanya program ini diharapkan bisa membantu usaha kecil menengah mampu memanfaatkan jaringan pemasaran melalui jaringan elektronik atau e-commerce," kata Florian.

Tidak dapat dipungkiri lagi, tambahnya, perdagangan e-commerce saat ini sudah mejadi cara terbaik untuk memasarkan dan menjual berbagai produk yang akan dijual.

"Apabila pengusaha mampu memanfaatkan e-commerce maka akan mempermudah untuk mencari pembeli yang pada akhirnya usaha akan lebih maju," katanya.

Di setiap kota yang nanti akan dikunjungi diselenggarakan seminar dan forum edukasi mengenai industri e-commerce dan ekosistem digital beserta potensi yang dapat diraih di masa depan kepada wirausaha, termasuk pengusaha usaha kecil menengah.

Program ini direncanakan tidak akan menyasar ke sebelas kota besar itu saja tapi juga akan menyasar ke kota kabupaten di berbagai pelosok Tanah Air yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

"Kami ingin mendukung pemerintah dalam menciptakan lebih banyak titik digital perekonomian di seluruh daerah melalui misi memajukan usaha kecil menengah," katanya.

Sementara itu,Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Ricky Pesik, mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan bagi pengusaha kecil dan menengah untuk lebih mengenal lebih jauh mengenai sistem e-commerce.

Di era serba digital seperti saat ini, pengusaha dituntuk lebih kreatif dalam memasarkan produknya agar mampu meningkatkan daya saing dan mengembangkan usahanya.

Lazada yang merupakan destinasi dan berjualan on line selain hadir di Indonesia juga terdapat di Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Sampai saat ini telah bermitra lebih dari 80 ribu penjual lokal dan internasional, serta 2.500 merek untuk melayani 560 juta konsumen di Asia Teggara.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…