1500 UKM Siap Go Online Bersama Kemenkominfo dan BLANJA.com

Oleh : Ridwan | Kamis, 10 Agustus 2017 - 04:53 WIB

Blanja.com
Blanja.com

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagai bentuk dukungan program pemerintah Road to 8 juta UKM pada tahun 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan BLANJA.com, Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA) dan Pemerintah Daerah mengadakan program bersinergi mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 sebagai 'The Digital Energy of Asia' dengan melakukan edukasi terhadap pelaku UKM Indonesia.

Direktur Pemberdayaan Informatika, Septriana Tangkary menyatakan, Indonesia memiliki 57,9 juta pelaku UKM. "Untuk itu, UKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja hampir 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada produk Domestik Bruto Nasional," ungkap Septriana di Jakarta (9/8/2017).

Sebagai langkah awal dalam program tersebut, Kemenkominfo, idEA, dan BLANJA.com bersinergi untuk Satu Juta UKM Go Online melalui roadshow ke beberapa kota di Indonesia. Semarang, Tanjung Pandan Belitung, Cimahi, Bandung Barat, dan Jambi adalah kota-kota yang telah selesai melaksanaan ini.

"Dari ke-5 kota tersebut, sudah ada kurang lebih 1500 UKM lokal yang siap Go Online. Ke depannya, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia. Edukasi dan pelatihan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintahan setempat," terangnya.

Disisi lain, Vice President BLANJA.com, Fikri mengungkapkan, melalui sinergi Edukasi UKM Go Online ini, kami berharap UKM bukan hanya akan menjadi pedagang online akan tetapi juga pebisnis online, sehingga komitmen pemerintah dengan program 1 juta UKM dapat memberikan dampak yang optimal terhadap perekonomian daerah.

Sebagai marketplace hasil kolaborasi strategis Telkom Indonesia dan eBay, BLANJA.com dinilai menjadi platform online terbaik bagi ribuan UKM yang saat ini masih memiliki keterbatasan infrastruktur dalam memasarkan produk-produk mereka baik dalam skala nasional maupun Internasional.

Mengusung tagline #BLANJAjemputUKM untuk roadshow ini, BLANJA.com berharap UKM bisa #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk Asli Indonesia yang berpotensi besar untuk meningkatan ekonomi nasional.

"Kami memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Tak hanya itu, kami juga mempraktikan langsung cara foto produk yang baik agar produk mereka dapat bersaing." Kata Fikri.

Tak hanya itu, saat ini BLANJA.com sedang dalam tahap menyeleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk Go Internasional.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…