Temui Menteri Airlangga, Bos Mitsubishi Bahas Kebijakan Industri Otomotif Nasional

Oleh : Ridwan | Rabu, 09 Agustus 2017 - 14:52 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menemui CEO Mitsubishi Motor, Osamu Masuko di Kantor Kemenperin, Jakarta
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menemui CEO Mitsubishi Motor, Osamu Masuko di Kantor Kemenperin, Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menerima kunjungan dari CEO Mitsubishi Motor, Osamu Masuko beserta President Director Krama Yudha, Robert E. Wanne di Kantor kementerian Perindustrian, Jakarta (9/8/2017).

"Pada pertemuan ini kami membahas produk New Small MPV yang akan diperkenalkan pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Selain itu, kami juga berdiskusi terkait kebijakan-kebijakan dalam industri otomotif nasional dan prospek pengembangannya," ungkap Airlangga seusai menerima kunjungan CEO Mitsubishi Motor.

Seperti diketahui, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MPV) Kamis (10/8/2017) akan meluncurkan MPV anyarnya yang khusus dibuat untuk pasar Indonesia.

Terkait peluncuran MPV terbarunya, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, mereka mengundang Pak Menteri ke boothnya mereka mau meluncurkan produk baru yang MPV. "Dia bilang Pak Menteri nama dan harga rahasia Pak Menteri pun nggak saya kasih tahu besok datang ke booth," terang Putu.

Lebih lanjut Putu menambahkan, saat ini kapasitas mereka 150 ribu dan itu bisa diekspansi menjadi 240 ribu dan untuk realisasinya sambil berjalan. "Yang pasti dengan 150 ribu ini mereka ada rencana ekspor mobil MPV mereka ke ASEAN di Februari 2018," ucap Putu.

Selain itu, tambah Putu, tentang kendaraan rendah emisi (LCEV), yang mereka tawarkan teknologi hybird dan full electric. "Sekarang kita lagi bahas insentifnya, dan tadi yang mereka minta insentif juga dan struktur pajaknya diubah, tapi yang jelas tidak bisa pakai struktur pajak yang disini, mereka maunya disederhanakan," katanya.

Menurut Putu, Mitsubishi pada prinsipnya siap untuk berinvestasi disini untuk kendaraan yang rendah emisi, karena dia sudah memproduksi baik itu kendaraan listrik maupun hybird. "Sebagai pimpinan tertinggi Mitsubishi dia menyampaikan secara eksplisit ke Pak Menteri kalau ada insentif itu akan bisa lebih cepat," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Apindo. (Foto: IST)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Dunia Usaha Mengeluh, Apindo Minta Pasal-Pasal RUU SDA Dianulir

RUU Sumber Daya Air yang saat ini sedang di godok di DPR menimbulkan banyak persoalan. Banyak pihak melihat pasal-pasal dalam RUU SDA harus di anulir. Hal itu disampaikan Tim Kajian Publik Asosiasi…

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Menhub Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Keselamatan Pelabuhan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan keselamatan pelabuhan di Indonesia.

Basarnas (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00…

Kecelakaan mobil di jalan raya (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

Libur Lebaran 2018, Angka Kecelakaan dan Pelanggaran di Jatim Menurun

Angka kecelakaan lalu lintas (laka) dan pelanggaran pada "Operasi Ketupat Semeru 2018" untuk mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik Lebaran di wilayah Jawa Timur hingga hari ke-14 menurun…

Danau Toba (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

DPR Desak Kemenhub Segera Benahi Semua Transportasi Air

Tim SAR Gabungan dan Posko Harian Mudik Nasional Kementerian Perhubungan diharapkan dapat bekerja maksimal mencari dan menemukan korban hilang pada tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan…