Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara di Surakarta

Oleh : Herry Barus | Rabu, 09 Agustus 2017 - 14:09 WIB

Museum Keris Solo (Foto Ist)
Museum Keris Solo (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Surakarta- Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembukaan Museum Keris Nusantara di Surakarta sebagai upaya melestarikan budaya Indonesia.

"Keris adalah warisan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai filosofi yang sangat tinggi," kata Presiden dalam sambutan peresmian museum pada Rabu (9/8/2017)

Menurut Jokowi, saat ini pemuda kurang meminati kerajinan budaya seperti keris.

Presiden menjelaskan keris sudah menjadi warisan budaya dengan ditetapkan oleh UNESCO pada 2005.

Selain itu, Kepala Negara menjelaskan sejumlah pemimpin negara lain yaitu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin juga memiliki koleksi keris asal Indonesia sekaligus menyatakan ketertarikannya.

"Nilai-nilai, filosofi-filosofi yang ada di keris itulah yang menyebabkan mereka kagum," tambah Jokowi.

Kendati masyarakat mengejar pembangunan dan kemajuan bangsa, namun tidak boleh melupakan nilai tradisi adiluhung bangsa.

"Untuk itu sudah seharusnya dan sudah sepantasnya kita terus menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa termasuk keris," ujar Jokowi.

Sebanyak 409 keris dikoleksi oleh Museum Keris Nusantara tersebut.

Presiden juga menyatakan akan menitipkan koleksi keris miliknya kepada museum.

"Kita harus ingat bahwa museum dan sejarah adalah jendela kita dalam menatap masa lalu, untuk melangkah optimis menyongsong masa depan. Saya harap museum keris nusantara ini bisa menjadi wujud penghargaan kita terhadap seni budaya, sekaligus sumber inspirasi nilai-nilai budaya Jawa, nilai-nilai budaya Nusantara," kata Presiden.

Masyarakat dapat menikmati koleksi keris-keris nusantara di museum yang terletak di kawasan budaya Sriwedari Jalan Bhayangkara No 2, Surakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…