Presiden Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara di Surakarta

Oleh : Herry Barus | Rabu, 09 Agustus 2017 - 14:09 WIB

Museum Keris Solo (Foto Ist)
Museum Keris Solo (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Surakarta- Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembukaan Museum Keris Nusantara di Surakarta sebagai upaya melestarikan budaya Indonesia.

"Keris adalah warisan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai filosofi yang sangat tinggi," kata Presiden dalam sambutan peresmian museum pada Rabu (9/8/2017)

Menurut Jokowi, saat ini pemuda kurang meminati kerajinan budaya seperti keris.

Presiden menjelaskan keris sudah menjadi warisan budaya dengan ditetapkan oleh UNESCO pada 2005.

Selain itu, Kepala Negara menjelaskan sejumlah pemimpin negara lain yaitu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin juga memiliki koleksi keris asal Indonesia sekaligus menyatakan ketertarikannya.

"Nilai-nilai, filosofi-filosofi yang ada di keris itulah yang menyebabkan mereka kagum," tambah Jokowi.

Kendati masyarakat mengejar pembangunan dan kemajuan bangsa, namun tidak boleh melupakan nilai tradisi adiluhung bangsa.

"Untuk itu sudah seharusnya dan sudah sepantasnya kita terus menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa termasuk keris," ujar Jokowi.

Sebanyak 409 keris dikoleksi oleh Museum Keris Nusantara tersebut.

Presiden juga menyatakan akan menitipkan koleksi keris miliknya kepada museum.

"Kita harus ingat bahwa museum dan sejarah adalah jendela kita dalam menatap masa lalu, untuk melangkah optimis menyongsong masa depan. Saya harap museum keris nusantara ini bisa menjadi wujud penghargaan kita terhadap seni budaya, sekaligus sumber inspirasi nilai-nilai budaya Jawa, nilai-nilai budaya Nusantara," kata Presiden.

Masyarakat dapat menikmati koleksi keris-keris nusantara di museum yang terletak di kawasan budaya Sriwedari Jalan Bhayangkara No 2, Surakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:38 WIB

Bank Mandiri Kucurkan Rp440 Miliar Kembangkan Layanan Pelabuhan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati pinjaman korporasi sebesar Rp440 miliar untuk belanja modal PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) guna mengembangkan fasilitas dan layanan non-tunai di…