Mau Mencicipi Makanan Khas Kesultanan? ke Banten Saja Yuk!

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 08 Agustus 2017 - 18:25 WIB

Makanan Khas Banten
Makanan Khas Banten

INDUSTRY.co.id, Banten - Makanan khas Indonesia memang unik dan pastinya enak, dan tiap daerahnya pasti punya makanan khas yang beraneka ragam dan sensasi rasa yang berdeda. Bahkan, Kementerian Pariwisata menjadikan kuliner Indonesia sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan Indonesia pada dunia lewat berbagai kegiatan.

Salah satunya kuliner khas Banten, dikutip dari dispar.bantenprov, Selasa (8/8/2017), Banten memiliki berbagai macam budaya, alam, destinasi pariwisata serta kuliner yang menggugah selera. Salah satu kuliner Banten yang populer yakni sate bandeng, yang terbuat dari ikan bandeng yang telah dihancurkan dan durinya dihancurkan terlebih dahulu.

Setelah itu, daging ikan dicampur dengan kelapa parut dan rempah-rempah sehingga rasanya gurih, sedap dan pedas. Isimewanya, Sate bandeng biasanya disajikan pada acara-acara kesultanan. Meskipun kini sate bandeng telah menjadi salah satu oleh-oleh khas Banten yang digemari oleh banyak orang.

Selain Sate Bandeng, kuliner khas lainnya yakni Rabeg, semur daging asli Banten ini didominasi rasa manis dan gurih bawang. Namun, semakin digemarinya semur ini, banyak restoran atau warung makan di sekitar Banten yang menyajikan Rabeg. Bahannya daging kambing, jeroan kambing, daging sapi, iga, hingga daging bebek. Rabeg ini dibumbui oleh banyak rempah, seperti lengkuas, lada, kayu manis, dan jahe.

Menurut cerita, Rabeg adalah hidangan para Sultan Banten pada masanya, khususnya pada masa pemerintahan Sultan Hasanudin Banten.

Sudah puas menicicipi Rabeg, Anda bisa mencoba Pempek khas Banten, Eits.. Meski namanya sama dengan Pempek asal Palembang, tapi Banten juga memiliki Pempek Petot, singkatan dari Pempek Bontot.

Membedakan pempek Palembang dengan Pempek Banten ini adalah teksturnya yang sedikit lebih kenyal dari pempek biasa yang terbuat dari ikan tenggiri. Pempek Bontot diracik dengan bumbu yang terdiri dari cabai gerus, kecap, udang kering, asam dan gula. Tidak dimakan dengan cuko.

Kurang sekali jika tidak ada hidangan penutup, Anda bisa menikmati kue jojorong, atau kue pasung. Kue ini mempunyai bentuk kerucut lancip yang dibalut dengan daun pisang.

Dari bahan-bahannya, kue ini terbuat dari tepung beras, gula jawa, santan, dan tepung sagu. Gimana? ingin mencoba kuliner khas Banten ini kah?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementan dan teknologi iradiator

Sabtu, 22 September 2018 - 17:46 WIB

Kementan Manfaatkan Teknologi Iradiator Gamma Untuk Dorong Ekspor Buah Segar

INDUSTRY.co.id -

Tangerang Selatan - Indonesia sebagai negara tropis mempunyai varian buah cukup tinggi. Setiap daerah di tanah air memiliki produk unggulan dan sudah…

Indonesia Properti Expo 2018

Sabtu, 22 September 2018 - 17:15 WIB

Resmi Dibuka, BTN Tawarkan KPR Zero di Ajang IPEX 2018

PT Bank Tabungan Negara Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018. Dalam event tersebut, BTN memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan tingkat bunga flat 6,5% selama…

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…