Mau Mencicipi Makanan Khas Kesultanan? ke Banten Saja Yuk!

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 08 Agustus 2017 - 18:25 WIB

Makanan Khas Banten
Makanan Khas Banten

INDUSTRY.co.id, Banten - Makanan khas Indonesia memang unik dan pastinya enak, dan tiap daerahnya pasti punya makanan khas yang beraneka ragam dan sensasi rasa yang berdeda. Bahkan, Kementerian Pariwisata menjadikan kuliner Indonesia sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan Indonesia pada dunia lewat berbagai kegiatan.

Salah satunya kuliner khas Banten, dikutip dari dispar.bantenprov, Selasa (8/8/2017), Banten memiliki berbagai macam budaya, alam, destinasi pariwisata serta kuliner yang menggugah selera. Salah satu kuliner Banten yang populer yakni sate bandeng, yang terbuat dari ikan bandeng yang telah dihancurkan dan durinya dihancurkan terlebih dahulu.

Setelah itu, daging ikan dicampur dengan kelapa parut dan rempah-rempah sehingga rasanya gurih, sedap dan pedas. Isimewanya, Sate bandeng biasanya disajikan pada acara-acara kesultanan. Meskipun kini sate bandeng telah menjadi salah satu oleh-oleh khas Banten yang digemari oleh banyak orang.

Selain Sate Bandeng, kuliner khas lainnya yakni Rabeg, semur daging asli Banten ini didominasi rasa manis dan gurih bawang. Namun, semakin digemarinya semur ini, banyak restoran atau warung makan di sekitar Banten yang menyajikan Rabeg. Bahannya daging kambing, jeroan kambing, daging sapi, iga, hingga daging bebek. Rabeg ini dibumbui oleh banyak rempah, seperti lengkuas, lada, kayu manis, dan jahe.

Menurut cerita, Rabeg adalah hidangan para Sultan Banten pada masanya, khususnya pada masa pemerintahan Sultan Hasanudin Banten.

Sudah puas menicicipi Rabeg, Anda bisa mencoba Pempek khas Banten, Eits.. Meski namanya sama dengan Pempek asal Palembang, tapi Banten juga memiliki Pempek Petot, singkatan dari Pempek Bontot.

Membedakan pempek Palembang dengan Pempek Banten ini adalah teksturnya yang sedikit lebih kenyal dari pempek biasa yang terbuat dari ikan tenggiri. Pempek Bontot diracik dengan bumbu yang terdiri dari cabai gerus, kecap, udang kering, asam dan gula. Tidak dimakan dengan cuko.

Kurang sekali jika tidak ada hidangan penutup, Anda bisa menikmati kue jojorong, atau kue pasung. Kue ini mempunyai bentuk kerucut lancip yang dibalut dengan daun pisang.

Dari bahan-bahannya, kue ini terbuat dari tepung beras, gula jawa, santan, dan tepung sagu. Gimana? ingin mencoba kuliner khas Banten ini kah?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.