Indonesia Mampu Produksi Kapal Bertenaga Listrik

Oleh : Ridwan | Selasa, 08 Agustus 2017 - 09:07 WIB

Ilustrasi kapal (Ist)
Ilustrasi kapal (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia mampu memproduksi kapal bertenaga listrik sehingga menempatkan negara ketiga di dunia setelah Jepang dan Taiwan yang mampu memproduksi alat transportasi jenis tersebut yang akan digunakan untuk mengangkut semen curah.

"Kapal yang proses pembuatan selama satu tahun tersebut dibuat oleh 800 orang yang semuanya anak bangsa dan tidak ada seorangpun warga asing," kata Direktur Utama PT Andalas Bahtera Baruna Haneco W Laurenzi kepada pers di Jakarta, Senin (7/8/2017)

Dikatakannya, kapal yang dinamakan MV Iriana tersebut telah mengantongi sejumlah izin dan persyaratan dari Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan kriteria internasional sehingga sudah layak beroperasi untuk pelayaran di dalam perairan dalam negeri maupun internasional.

Kapal ini digerakkan bukan dengan bahan bakar minyak, namun tenaga listrik yang dihasilkan oleh electric motor, sehingga hemat energi serta ramah lingkungan, sementara kebanyakan kapal lain menggunakan piston untuk menjalankannya.

"Kapal listrik ini bisa meghemat energi 15-20 persen dibanding kapal menggunakan piston," katanya.

Ia mengemuakan kapal angkut semen curah (cement carrier) memiliki kapasitas 10.000 ton dengan panjang 117 meter, lebar 25,5 meter dengan nilai investasi 20 juta dolar AS, dan berbendera Merah Putih dan diawaki bangsa Indonesia.

Perusahaan, katanya, membangun kapal ini sebagai upaya untuk menyukseskan tol laut yang digaungkan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo karena mampu mengangkut semen curah ke berbagai daerah di Indonesia.

Menurutnya, pembangunan kapal ini sejalan dengan langkah pemerintah yang menempatkan sektor maritim sebagai salah satu program prioritas dalam pembangunan nasional, termasuk juga di dalamnya adalah pengembangan industri galangan kapal.

"Melalui visi kemaritiman, saat ini pemerintah berupaya agar sektor industri galangan kapal nasional mempunyai daya saing di tingkat global," ujarnya.

Dengan mengangkut semen curah menggunakan kapal bisa lebih murah dibanding lewat darat, apalagi untuk mendistribusikan semen di pulau luar Jawa, katanya.

Terkait dengan nama kapal MV Iriana yang sama dengan nama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Haneco mengatakan secara kebetulan memang dirinya dan para pekerja memberikan nama seperti itu.

"Tentunya kami berharap kapal ini bisa menjadi kado bagi Indonesia karena anak-anak bangsa sudah mampu membuat kapal bertenaga listrik yang di dunia hanya dibuat di Jepang dan Taiwan," tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…