Sebanyak 14 Gudang Milik PT Garam di Sampang Kosong

Oleh : Hariyanto | Senin, 07 Agustus 2017 - 18:23 WIB

Ilustrasi Petani Garam (Ist)
Ilustrasi Petani Garam (Ist)

INDUSTRY.co.id , Sampang - Sebanyak 14 gudang garam milik PT Garam yang terletak di Kecamatan Pengarengan, Kabupaten Sampang, hingga saat ini dalam kondisi kosong. Bahkan, kekosongan gudang berukuran besar tersebut, sudah berlangsung semenjak dua tahun lalu.

Kepala PT Garam Sampang Rofiih mengakui bahwa dua tahun terakhir ini hasil produksi garam di wilayahnya rendah. Hal itu disebabkan anomali cuaca pada 2016.

"Kondisi kosong sudah dua tahunan ini, ya kita tau sendiri memang produksi garam sangat kecil karena faktor cuaca," terangnya, Minggu (6/8/2017).

Rofiih menjelaskan, setiap gudang yang ada di Kecamatan Pangarengan rata-rata mempunyai kapasitas 5.000 ton garam.

"Kita sudah berusaha untuk menutup kekurangan garam dengan menyerap dari petani sekitar 3.300 ton pada 2016. Namun kebutuhan garam konsumsi nasional masih belum terpenuhi," pungkasnya.

Pada awal 2017 lalu, PT Garam telah mendapatkan penugasan impor 75.000 ton garam bahan baku garam konsumsi. Seluruh jatah izin yang diberikan telah direalisasikan pada April 2017.

Akhir Juli kemarin, PT Garam kembali mendapatkan penugasan impor setelah adanya gagal panen di sejumlah daerah. Pasokan garam tersebut dijadwalkan mendarat di Tanah Air pada 10 Agustus 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.