Sebanyak 14 Gudang Milik PT Garam di Sampang Kosong

Oleh : Hariyanto | Senin, 07 Agustus 2017 - 18:23 WIB

Ilustrasi Petani Garam (Ist)
Ilustrasi Petani Garam (Ist)

INDUSTRY.co.id , Sampang - Sebanyak 14 gudang garam milik PT Garam yang terletak di Kecamatan Pengarengan, Kabupaten Sampang, hingga saat ini dalam kondisi kosong. Bahkan, kekosongan gudang berukuran besar tersebut, sudah berlangsung semenjak dua tahun lalu.

Kepala PT Garam Sampang Rofiih mengakui bahwa dua tahun terakhir ini hasil produksi garam di wilayahnya rendah. Hal itu disebabkan anomali cuaca pada 2016.

"Kondisi kosong sudah dua tahunan ini, ya kita tau sendiri memang produksi garam sangat kecil karena faktor cuaca," terangnya, Minggu (6/8/2017).

Rofiih menjelaskan, setiap gudang yang ada di Kecamatan Pangarengan rata-rata mempunyai kapasitas 5.000 ton garam.

"Kita sudah berusaha untuk menutup kekurangan garam dengan menyerap dari petani sekitar 3.300 ton pada 2016. Namun kebutuhan garam konsumsi nasional masih belum terpenuhi," pungkasnya.

Pada awal 2017 lalu, PT Garam telah mendapatkan penugasan impor 75.000 ton garam bahan baku garam konsumsi. Seluruh jatah izin yang diberikan telah direalisasikan pada April 2017.

Akhir Juli kemarin, PT Garam kembali mendapatkan penugasan impor setelah adanya gagal panen di sejumlah daerah. Pasokan garam tersebut dijadwalkan mendarat di Tanah Air pada 10 Agustus 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BTN Dukung Penguatan Usaha Kecil Menengah (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 19 November 2017 - 16:00 WIB

Masuk Daftar MSCI, Saham BBTN Bakal Banyak Peminat

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menilai masuknya saham perseroan ke dalam Morgan Stanley Capital International (MSCI) Global Standard Index merupakan kepercayaan yang harus dijaga dengan meningkatkan…

PT Pertamina Lubricants (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:59 WIB

Pertamina Lubricants Meraih Platinum SNI Award 2017

Perseroan Terbatas Pertamina Lubricants berhasil meraih Platinum SNI Award 2017 untuk kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka dari Badan Standardisasi Nasional.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)

Minggu, 19 November 2017 - 15:51 WIB

Produksi Migas MEDCO Naik

Produksi minyak dan gas bumi PT Medco E&P Indonesia dan Medco E&P Natuna Ltd naik pada semester pertama 2017 dibanding periode sama tahun sebelumnya yang antara lain disebabkan adanya pengambilalihan…

Listrik Ilustrasi

Minggu, 19 November 2017 - 15:47 WIB

YLKI: Konsumsi Listrik Indonesia Masih Rendah

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan konsumsi listrik Indonesia masih rendah sehingga penghapusan tarif listrik kelas daya terendah tidak tepat…

Teguh Santosa Ketua Umum SMSI (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:33 WIB

PWI Fasilitasi UKW untuk Wartawan Perusahaan Media Siber Anggota SMSI

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberi kesempatan kepada wartawan yang bekerja di perusahaan media siber anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan…