Awal Panen, Harga Tembakau di Kabupaten Sumenep Tembus Hingga Rp50 Ribu Per Kilogram

Oleh : Hariyanto | Senin, 07 Agustus 2017 - 17:39 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY.co.id , Sumenep - Harga tembakau di Kabupaten Sumenep pada awal panen ini cukup membahagiakan bagi petani. Pasalnya, tembakau dari para petani di beli dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp40.000 hingga Rp50.000 per kilogram.

Memasuki musim panen tembakau, biasanya para pedagang kecil (pengepul: red), akan turun ke lahan-lahan petani tembakau, untuk membeli langsung tembakau petani yang sudah dipanen.

"Biasanya kami memang tidak menjual sendiri ke pabrikan. Sudah ada yang datang ke lahan untuk membeli tembakau yang sudah dipanen,"  kata salah satu petani tembakau asal Desa Babaln, Kecamatan Batuan, Moh. Argi (43), Senin (07/08/2017).

Menurutnya, saat ini belum masuk pada masa panen raya tembakau dan baru sebagian kecil petani yang sudah memanen tanaman tembakaunya. Tembakau yang sudah bisa dipanen saat ini merupakan tanaman tembakau pertama yang bertahan meski diguyur hujan.

Sementara beberapa tanaman tembakau lain, banyak yang mati dan harus melakukan penanaman ulang bahkan hingga 3 kali.

"Yang bisa bertahan dari hujan ini karena berada di lahan yang agak miring. Kalau tembakau berada di lahan datar dan sulit pembuangan air kemudian kena hujan, ya tanaman tembakau akan mati," ungkapnya.

Berdasarkan data di Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (PTHP) Sumenep, realisasi tanam tembakau pada musim kemarau tahun ini hanya sekitar 14.000 hektar. Padahal, sesuai ploting areal tanam tembakau yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur seluas 21.893 hektar.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar Sulsel

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…

 Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:24 WIB

Platform Sourcing Terbesar Industri TPT di Indonesia Hadapi Era Industri 4.0

Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:12 WIB

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Rl berkomitmen untuk menciptakan smart city untuk mempercepat perubahan positif mewujudkan Indonesia smart nation.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Gempa Mataram NTB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Martawang mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi korban gempa bumi…