Awal Panen, Harga Tembakau di Kabupaten Sumenep Tembus Hingga Rp50 Ribu Per Kilogram

Oleh : Hariyanto | Senin, 07 Agustus 2017 - 17:39 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY.co.id , Sumenep - Harga tembakau di Kabupaten Sumenep pada awal panen ini cukup membahagiakan bagi petani. Pasalnya, tembakau dari para petani di beli dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp40.000 hingga Rp50.000 per kilogram.

Memasuki musim panen tembakau, biasanya para pedagang kecil (pengepul: red), akan turun ke lahan-lahan petani tembakau, untuk membeli langsung tembakau petani yang sudah dipanen.

"Biasanya kami memang tidak menjual sendiri ke pabrikan. Sudah ada yang datang ke lahan untuk membeli tembakau yang sudah dipanen,"  kata salah satu petani tembakau asal Desa Babaln, Kecamatan Batuan, Moh. Argi (43), Senin (07/08/2017).

Menurutnya, saat ini belum masuk pada masa panen raya tembakau dan baru sebagian kecil petani yang sudah memanen tanaman tembakaunya. Tembakau yang sudah bisa dipanen saat ini merupakan tanaman tembakau pertama yang bertahan meski diguyur hujan.

Sementara beberapa tanaman tembakau lain, banyak yang mati dan harus melakukan penanaman ulang bahkan hingga 3 kali.

"Yang bisa bertahan dari hujan ini karena berada di lahan yang agak miring. Kalau tembakau berada di lahan datar dan sulit pembuangan air kemudian kena hujan, ya tanaman tembakau akan mati," ungkapnya.

Berdasarkan data di Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (PTHP) Sumenep, realisasi tanam tembakau pada musim kemarau tahun ini hanya sekitar 14.000 hektar. Padahal, sesuai ploting areal tanam tembakau yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur seluas 21.893 hektar.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HARRIS Hotels Merayakan Hari Kesehatan Nasional 2018 Menyediakan Healthy Corner

Senin, 12 November 2018 - 20:15 WIB

HARRIS Hotels Merayakan Hari Kesehatan Nasional 2018 Menyediakan Healthy Corner

HARRIS Hotels mengadakan program Healthy Corner di semua hotel di dalam jaringannya yang kini berjumlah 23 hotel di seluruh pelosok Indonesia dengan tujuan untuk memberikan inspirasi kepada…

GE

Senin, 12 November 2018 - 19:54 WIB

GE Healthcare Resmikan Pemasangan 1000 CT Scan di Kawasan Asia Tenggara

GE Healthcare, penyedia teknologi dan solusi kesehatan, terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUN))

Senin, 12 November 2018 - 19:51 WIB

Tol Ngawi-Kertosono Bisa Dilalui Januari 2019

PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola tol Ngawi-Kertosono menyatakan tol seksi 3 Wilangan-Kertosono akan beroperasi pada awal 2019.…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 12 November 2018 - 19:45 WIB

Urban Jakarta IPO di Kisaran Rp1.000-Rp1.250

PT Urban Jakarta Propertindo Tbk akan melepas sebagian sahamnya ke publik melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) di kisaran harga Rp1.000-Rp1.250 per saham.

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 12 November 2018 - 19:40 WIB

BEI: Penghitungan Free Float Praktik Umum Bursa Dunia

Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai bahwa metode penghitungan terhadap kelompok saham atau indeks dengan memasukan rasio "free float" merupakan praktik umum di bursa dunia.