AirAsia Optimistis Rute Jakarta-Makau Diminati

Oleh : Irvan AF | Senin, 07 Agustus 2017 - 16:18 WIB

Penerbangan AirAsia. (Foto: AiportSpotting.com)
Penerbangan AirAsia. (Foto: AiportSpotting.com)

INDUSTRY.co.id, Makau - Maskapai AirAsia membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Makau yang mulai beroperasi pada Senin dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.Tangerang, Banten.

Dalam penerbangan perdana dari Terminal 2E Bandara Soetta, Tangerang, Banten, pada pukul 01.55 WIB itu, AirAsia membawa 171 orang penumpang.

"Penerbangan perdana ini 'load factor' (tingkat keterisiannya) sudah lumayan bagus, 80 persen," kata CEO AirAsia Makau dan Hong Kong, Celia Lao, seperti dikutip Antara,Senin (7/8/2017).

Pesawat jenis Airbus A-320 tersebut mendarat di bandara yang berlokasi di Pulau Taipa, Makau, itu tepat pukul 07.50 waktu setempat (06.50 WIB).

Sementara kembalinya ke Jakarta pada hari yang sama, maskapai asal Malaysia tersebut membawa 157 penumpang.

Untuk sementara, AirAsia beroperasi di rute tersebut sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni setiap Senin, Jumat, dan Minggu.

Mulai bulan depan, AirAsia akan menerbangi rute Jakarta-Makau sebanyak empat kali, yakni setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Untuk penerbangan perdana tersebut, tiket dari Jakarta ke kota yang dikenal sebagai surga bagi para penjudi itu dijual seharga Rp888 ribu.

"Kalau melihat 'load factor'-nya kami optimistis prospek rute penerbangan ini sangat bagus," ujar Lao menambahkan.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI Hong Kong dan Makau, Tri Tharyat, mengatakan bahwa dengan adanya rute penerbangan baru tersebut, maka hubungan Indonesia dengan China semakin erat.

"Tentu saja hal ini berdampak positif bagi perekonomian, khususnya sektor perdagangan dan sektor pariwisata," ujar Tri Tharyat dalam acara pembukaan rute baru tersebut di Bandara Internasional Makau.

Menurut dia, rute baru tersebut membuka kesempatan bagi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing dari Makau selain juga membantu mempermudah kepulangan dan keberangkatan para tenaga kerja Indonesia di Makau.

"Ini juga membuka kesempatan bagi kita untuk menggaet turis dari Provinsi Guangdong (China), khususnya Zhuhai, yang biasanya mengunjungi Indonesia melalui Hong Kong," katanya.

Jalur Jakarta-Makau sebelumnya pernah diterbangi Sempati Air pada era 1990-an dan AirMacau.

Wisatawan Indonesia biasanya ke Makau menumpang feri dari Hong Kong dengan waktu tempuh 60-75 menit.

Pada tahun lalu, sekitar 185 ribu wisatawan Indonesia yang mengunjungi Makau melalui Hong Kong dengan rentang waktu kunjungan rata-rata sehari hingga dua hari.

Sementara jumlah WNI di Hong Kong tercatat sekitar 5.200 orang, sebanyak 2.500 di antaranya tenaga kerja wanita sebagai pembantu rumah tangga.

Pada tahun 2019 jembatan laut sepanjang 54 kilometer yang menghubungkan Hong Kong-Makau-Zhuhai diperkirakan sudah mulai beroperasi sehingga akan mempermudah jalur distribusi barang dan jasa.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.