HK Realtindo Alokasikan Rp 23 Triliun Ekspansi Bisnis di Kaki Jembatan Suramadu

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 07 Agustus 2017 - 13:00 WIB

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Hutama Karya (HK) Realtindo. Anak usaha PT Hutama Karya (Persero) akan  berinvestasi untuk pengembangan Kawasan Kaki Jembatan Suramadu Sisi Madura.

Sebelumnya, HK Realtindo telah meneken nota kesepahaman kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) pengembangan kawasan tersebut dengan Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura pada 31 Juli lalu.

Dari total investasi pengembangan Kawasan Kaki Jembatan Suramadu Sisi Madura yang mencapai Rp 23 triliun, HK Realtindo tidak mengincar pengembangan seluruh kawasan tersebut. "Kami hanya mengincar sebagian lahan saja. Nanti kami akan ambil sekitar 10%-20% dari total investasi tersebut, " kata Koentjoro, Direktur Utama HK Realtindo, akhir pekan lalu.

Dalam masa satu tahun ke depan, HK Realtindo masih akan melakukan kajian terkait konsep proyek yang akan dikembangkan di lahan tersebut. Koentjoro mengatakan, sejauh ini pihaknya tertarik untuk mengembangkan proyek perumahan dan kawasan industri disana.

Dalam melakukan pengembangan tersebut, HK Realtindo akan menggandeng mitra, terutama dari lokal. "Sambil melakukan kajian, kami juga akan cari mitra untuk diajak kerjasama. " kata Koentjoro.

HK Realtindo tertarik mengembangkan kawasan industri sekitar 100 hektare (ha), karena letaknya lahan tersebut dekat dengan akses tol menuju pelabuhan. Sementara perumahan yang akan dikembangkan akan menyasar segmen menengah.

Selain mempersiapkan pengembangan di Suramadu, HK Realtindo akan terus melakukan pengembangan proyek baru. Setelah pekan lalu meluncurkan perumahan di Serang Banten, perusahaan ini akan meluncurkan tiga proyek baru lagi di semester II ini.

HK Realtindo akan mengembangkan proyek perumahaan dan hotel di Indralaya, Palembang akhir November mendatang di atas lahan 6 ha. Groudbreaking hotel dan rumah contoh akan dilakukan bersamaan peluncuran tersebut.

Perusahaan ini tertarik melakoni proyek itu, karena di Indralaya belum memiliki hotel. Sedangkan hunian yang akan dikembangkan akan dilego dengan harga mulai dari Rp 250 juta.

Kemudian HK Realtindo akan meluncurkan apartemen murah di Sidoarjo akhir September nanti. Perusahaan ini akan membangun 5.000 unit apartemen di atas lahan seluas 6,2 ha yang akan dilego dengan harga di bawah Rp 300 juta.

Sedangkan proyek ketiga akan diluncurkan HK Realtindo adalah apartemen mahasiswa dekat Institut Pertanian Bogor Jawa Barat sebanyak dua tower. Proyek ini berkapasitas 400 unit, di atas lahan seluas 1,2 ha pada akhir Oktober. Apartemen ini akan dipasarkan mulai harga Rp 200 an juta.

Koentjoro memperkirakan, investasi proyek apartemen mahasiswa di Bogor memakan dana sekitar Rp 300 miliar, Apartemen Sidoarjo Rp 600 miliar dan Proyek Indralaya sekitar Ro 450 miliar.

Untuk ekspansi, HK Realtindo masih akan mengandalkan kas internal dan pinjaman perbankan. Tahun ini, HK Realtindo menyiapkan belanja modal Rp 1,1 triliun. Sebanyak 20% dana berasal dari internal dan selebihnya dari pinjaman bank.

HK Realtindo belum memastikan kelanjutan rencana untuk melantai di Bursa Saham (IPO). "Kelanjutannya masih menunggu keputusan dari induk usaha (Hutama Karya), " kata Koentjoro.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…