UKM Belum Banyak Manfaat Digital untuk Penjualan

Oleh : Wiyanto | Senin, 07 Agustus 2017 - 06:19 WIB

Peresmian UangTeman di Makassar (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Peresmian UangTeman di Makassar (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kehadiran digital atau online menguntungkan bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM), asal mereka pandai memanfaatkan era digital akan mengeruk keuntungan dari bisnis digital. Situs seperi facebook, Instagram, twitter, Bukalapak, OLX dan lainnya dapat dimanfaatkan UKM menjalankan roda bisnisnya.

Umar Idris, pengamat ekonomi digital mengatakan, market di online sangat besar. Dominasi kisaran usia 18 hingga 40 tahun. Daya beli tersebar di kisaran umur 35 tahun ke atas karen mereka tergolong kepala rumah tangga baru yang dianggap mapan.

"Siapa market kita? itu anak mudah. Mereka yang ngisi market kita. Daya beli usia di bawah 25 terbatas karena usia pelajar dan terbesar daya beli pada usia 35 -39 tahun, mereka punya daya beli besar di e commerce," kata dia di Jakarta, Sabtu (5/8/2017).

Menurut dia, menggeliatnya bisnis online belum ada signifikan kontribusi ke pertumbuhan ekonomi. Meskipun ia tahu, regulasi keuangan moneter menyebutkan bahwa bisnis digital belum masuk hitungan survei Badan Pusat Statistik (BPS).

Data dari Social Research & Monitoring soclab.comenunjukkan, pada 2015 pengguna internet di Indonesia mencapai 93,4 juta dengan 77 persen di antaranya mencari informasi produk dan belanja online. Pada 2016, jumlah online shopper mencapai 8,7 juta orang dengan nilai transaksi sekitar 4,89 miliar dolar AS.

"Porsi ke digital kecil, kita  selalu monitor baik fintech mulai bertumbuh  dan  ecommerce agak terbesar.Situs e commerce melahirkan pelaku bisnis baru," jelas dia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…