Istana Kepresidenan Libatkan Empat Kurator dalam Pameran Lukisan

Oleh : Herry Barus | Senin, 07 Agustus 2017 - 04:30 WIB

Lukisan Pantai Flores karya Basuki Abdullah (Foto Ist)
Lukisan Pantai Flores karya Basuki Abdullah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakatta,- Istana Kepresidenan melibatkan empat kurator ternama dalam Pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan bertajuk "Senandung Ibu Pertiwi" yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (6/8/2017)  menyebutkan empat kurator yang terlibat dalam pameran lukisan kali ini yakni Amir Sidharta, Mikke Susanto, Asikin Hasan, dan Sally Texania.

Sebagaimana disampaikan ketua kurator Asikin Hasan, di Galeri Nasioanal pada 19 Juli 2017, tema dan pesan dari pameran yaitu "Senandung Ibu Pertiwi" bila diartikan mengandung makna "Tanah Air, yang dimaknai sebagai sebuah kekuatan yang di dalamnya mengandung bermacam-macam potensi.

"Hal ini terlihat dari lukisan yang dipamerkan merupakan bentuk dari keberagaman bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama yang semakin utuh dan kuat," tutur Bey.

Pameran itu dipecah menjadi empat bagian, pertama, keragaman alam dari koleksi Istana di Bogor, Cipanas, Jakarta, Bali, dan Yogyakarta yang mengambil tema pemandangan alam di Indonesia.

Pada masa itu perupa beredar di seluruh penjuru nusantara, termasuk di Sulawesi, Sumatera Barat, Jawa, dan sebagian kecil Bali.

Lukisan Pantai Flores karya Bung Karno, misalnya, yang dilukis ulang oleh Basoeki Abdullah. Mahat di Sumatra Barat, Gunung Merapi, dan pemandangan alam karya Abdullah Soeriosubroto dan Wakidi yang melukis pemandangan alam.

Bagian kedua, adalah kegiatan atau aktivitas sehari-hari dengan fokus pada nelayan dan juga petani.

Lukisan yang dipamerkan adalah lukisan penjual ayam dan bakul buah, penjual sate dan kegiatan sehari-hari di masa lalu, dan kehidupan para nelayan dan petani.

Bagian ketiga adalah tradisi tari dan kebaya, di mana sekitar 15 lukisan mengambil tema Tari Rejang.

Bung Karno pada masa itu membangun nasionalisme melalui pakaian pria berpeci dan perempuan berkebaya dimana identitas dibangun dari pakaian. Dibanyak arsip memperlihatkan foto-foto perempuan umumnya berkebaya.

"Adapun bagian keempat adalah mitologi dan religi yang tumbuh dalam kehidupan masyarakat kita, yang kemudian belakangan berkembang agama, memperkaya keragaman di Indonesia dengan masuknya Islam, Hindu, Budha, Konghucu yang saling memperkuat, menggambarkan kebersamaan, gotong royong terkait satu sama lain," sebut Bey.

Sementara itu, Galeri Nasional juga melakukan berbagai persiapan sebelum pameran berlangsung, salah satu persiapan yang dilakukan adalah di bidang sarana dan prasarana yang dimulai dua pekan sebelum hari pertama pameran dibuka.

Persiapan fisik yang dilakukan antara lain menyiapkan sarana untuk menggantung koleksi, sarana untuk tempat pendaftaran pengunjung melalui www.bek-id.com, membuat tanda, dan juga sarana lain.

Galeri nasional mengalokasikan anggaran khusus untuk mempercantik lokasi pameran termasuk untuk mengarahkan pengunjung selama 30 menit di dalam ruang pameran, yang dapat diakses dengan menggunakan aplikasi melalui Android Q&R dimana aplikasi ini merupakan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…