Toyota Gandeng Mazda Bangun Pabrik di Amerika Serikat

Oleh : Hariyanto | Minggu, 06 Agustus 2017 - 10:24 WIB

Kerjasama Toyota dan Mazda (Ist)
Kerjasama Toyota dan Mazda (Ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Sejak dua tahun lalu Toyota dan Mazda telah melakukan kemitraan strategis hingga tahun 2020 nanti. Salah satu kerjasama yang dilakukan kedua perusahaan tersebut adalah lisensi teknologi mesin (powertrain) hybrid dan hydrogen fuel-cell yang diberikan Toyota untuk Mazda.

Menurut laporan dari Reuters, saat ini kedua perusahaan Jepang ini kembali bermitra untuk membuat pabrik senilai US$ 1.6 miliar di Amerika Serikat (AS). Pabrik di AS ini diperkirakan akan digunakan mereka untuk pengembangan mobil bertenaga listrik.

Pabrik ini dikabarkan akan memiliki kapasitas produksi hingga 300 ribu kenderaan per tahun. Pembagian porsi mobil yang dibuat antar kedua merek tersebut masih belum diketahui. Diprediksi, pabrik ini akan memproduksi mobil Toyota Corolla dan Mazda jenis SUV yang belum diketahui namanya.

Sebelumnya, Nikkei mengabarkan jika Toyota telah membeli 5% saham Mazda untuk mendukung Mazda dalam teknologi mobil listrik dan fasilitas produksi mobil di AS.

Saat ini Mazda masih terus mengembangkan mobil dengan mesin konvensional (non-listrik) dengan label SkyActiv. Adopsi teknologi Toyota (hybrid) di masa mendatang bisa dianggap sebagai 'backup plan' Mazda jika lambat laun mobil bertenaga BBM mereka sudah tidak menarik atau tidak dapat dikembangkan lagi.

Pembangunan pabrik di AS tampaknya juga sejalan dengan program ekonomi dari presiden Donald Trump yang terus mendorong atau memaksa perusahaan teknologi dan otomotif multinasional untuk membangun pabrik di AS demi penyediaan lapangan kerja baru.

Trump melalui ciutannya di Twitter bahkan sempat 'mengancam' Toyota untuk menerapkan pajak tinggi jika produsen terbesar di dunia ini akan mendirikan pabriknya di Meksiko. Selain Toyota, perusahaan otomotif lainnya, seperti GM dan Ford pun mendapat 'ancaman' yang sama dari Trump jika ngotot ingin membangun pabrik di luar AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…