Toyota Gandeng Mazda Bangun Pabrik di Amerika Serikat

Oleh : Hariyanto | Minggu, 06 Agustus 2017 - 10:24 WIB

Kerjasama Toyota dan Mazda (Ist)
Kerjasama Toyota dan Mazda (Ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Sejak dua tahun lalu Toyota dan Mazda telah melakukan kemitraan strategis hingga tahun 2020 nanti. Salah satu kerjasama yang dilakukan kedua perusahaan tersebut adalah lisensi teknologi mesin (powertrain) hybrid dan hydrogen fuel-cell yang diberikan Toyota untuk Mazda.

Menurut laporan dari Reuters, saat ini kedua perusahaan Jepang ini kembali bermitra untuk membuat pabrik senilai US$ 1.6 miliar di Amerika Serikat (AS). Pabrik di AS ini diperkirakan akan digunakan mereka untuk pengembangan mobil bertenaga listrik.

Pabrik ini dikabarkan akan memiliki kapasitas produksi hingga 300 ribu kenderaan per tahun. Pembagian porsi mobil yang dibuat antar kedua merek tersebut masih belum diketahui. Diprediksi, pabrik ini akan memproduksi mobil Toyota Corolla dan Mazda jenis SUV yang belum diketahui namanya.

Sebelumnya, Nikkei mengabarkan jika Toyota telah membeli 5% saham Mazda untuk mendukung Mazda dalam teknologi mobil listrik dan fasilitas produksi mobil di AS.

Saat ini Mazda masih terus mengembangkan mobil dengan mesin konvensional (non-listrik) dengan label SkyActiv. Adopsi teknologi Toyota (hybrid) di masa mendatang bisa dianggap sebagai 'backup plan' Mazda jika lambat laun mobil bertenaga BBM mereka sudah tidak menarik atau tidak dapat dikembangkan lagi.

Pembangunan pabrik di AS tampaknya juga sejalan dengan program ekonomi dari presiden Donald Trump yang terus mendorong atau memaksa perusahaan teknologi dan otomotif multinasional untuk membangun pabrik di AS demi penyediaan lapangan kerja baru.

Trump melalui ciutannya di Twitter bahkan sempat 'mengancam' Toyota untuk menerapkan pajak tinggi jika produsen terbesar di dunia ini akan mendirikan pabriknya di Meksiko. Selain Toyota, perusahaan otomotif lainnya, seperti GM dan Ford pun mendapat 'ancaman' yang sama dari Trump jika ngotot ingin membangun pabrik di luar AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

Kamis, 21 September 2017 - 21:00 WIB

Groundbreaking Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober…

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.