Festival Dandang Sewu Banyuwangi Angkat Potensi Lokal

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 05 Agustus 2017 - 15:58 WIB

Bupati Abdullah Azwar Anas Festival Dandang Sewu Banyuwangi (Foto Ist)
Bupati Abdullah Azwar Anas Festival Dandang Sewu Banyuwangi (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan Festival Dandang Sewu (seribu dandang) yang digelar di Desa Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur untuk mempromosikan potensi desa setempat sebagai perajin peralatan masak.

"Ini pertama kalinya Festival Dandang Sewu digelar dan pemerintah kabupaten mendukung adanya desa-desa yang mandiri dan berdaya seperti ini karena hampir seluruh warganya jadi perajin peralatan dapur dan itu menarik sekali," kata Anas di sela-sela kegiatan Festival Dandang Sewu di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jumat(4/8/2017)

Agenda pariwisata Banyuwangi Festival (B-Fest) kembali menghadirkan kegiatan baru yang diangkat dari potensi masyarakat dengan nama Festival Dandang Sewu dengan menampilkan beragam peralatan memasak menjadi produk utama yang dihasilkan warga mulai dandang, panci, wajan, tudung saji, gelas, sutil, hingga oven kue.

"Kecamatan Kalibaru selama ini telah menjadi sentra kerajinan alat masak berbahan dasar aluminium dan stainless steel di Banyuwangi, sehingga kami akan dorong agar produk-produk mereka bisa mendapatkan pasar yang lebih luas dengan mengenalkan produknya melalui festival semacam ini," tuturnya.

Sejak tahun 1970-an, Kampung  Sayangan dikenal sebagai rumahnya perajin dandang, dari semula hanya ada 2 perajin, kini sudah ada 34 perajin dengan kerajinan peralatan dapur yang beragam. 

Kualitasnya yang bagus, membuat produk khas Sayangan itu banyak diminati masyarakat, bahkan telah merambah ke berbagai daerah di Indonesia di antaranya wilayah Sulawesi, Kalimantan, dan Irianjaya.

"Kami akan terus menggelar kegiatan untuk mengangkat potensi desa di Banyuwangi untuk meningkatkan daya saing dan memajukan warga setempat," ujar Bupati Banyuwangi dua periode itu.

Festival tesebut memamerkan deretan puluhan penjual dengan aneka peralatan masak dan toko-toko yang berada di pinggir jalan nasional tersebut menjadi etalase sekaligus lokasi jual beli aneka peralatan masak para perajin.

Salah satu pemilik toko yang juga perajin peralatan masak di Kecamatan Kalibaru, Mulisab mengatakan dirinya merupakan generasi ketiga yang membuat sekaligus menjual aneka peralatan masak. 

Keluarga besar bapak dari dua anak tersebut sudah menggeluti profesi itu selama lebih dari 60 tahun. Selain menjual produknya di Banyuwangi dan daerah sekitar, ia juga pernah mengirim produknya ke beberapa daerah di luar Jawa.

"Alhamdulillah semua kebutuhan terpenuhi dari membuat dan menjual peralatan masak karena saya membuat peralatan masak secara turun temurun dari kakek saya," katanya.

Ribuan masyarakat memenuhi area Festival Dandang Sewu yang berlangsung di areal persawahan Dusun Tegal Pakis atau yang biasa dikenal dengan Kampung Sayangan, bahkan mereka sangat antusias mengikuti festival yang mengangkat potensi desa, sekaligus menjadi salah satu sumber mata pencaharian warga setempat dengan kerajinan peralatan masak. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.

Pilkada 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:42 WIB

Tokoh-Tokoh Bali Inginkan Gubernur yang Berani

Sejumlah tokoh di Pulau Dewata menginginkan agar gubernur yang terpilih dalam Pilkada 2018 berani dan tidak hanya diam dalam zona nyaman di tengah berbagai tantangan pembangunan.