Festival Dandang Sewu Banyuwangi Angkat Potensi Lokal

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 05 Agustus 2017 - 15:58 WIB

Bupati Abdullah Azwar Anas Festival Dandang Sewu Banyuwangi (Foto Ist)
Bupati Abdullah Azwar Anas Festival Dandang Sewu Banyuwangi (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan Festival Dandang Sewu (seribu dandang) yang digelar di Desa Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur untuk mempromosikan potensi desa setempat sebagai perajin peralatan masak.

"Ini pertama kalinya Festival Dandang Sewu digelar dan pemerintah kabupaten mendukung adanya desa-desa yang mandiri dan berdaya seperti ini karena hampir seluruh warganya jadi perajin peralatan dapur dan itu menarik sekali," kata Anas di sela-sela kegiatan Festival Dandang Sewu di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jumat(4/8/2017)

Agenda pariwisata Banyuwangi Festival (B-Fest) kembali menghadirkan kegiatan baru yang diangkat dari potensi masyarakat dengan nama Festival Dandang Sewu dengan menampilkan beragam peralatan memasak menjadi produk utama yang dihasilkan warga mulai dandang, panci, wajan, tudung saji, gelas, sutil, hingga oven kue.

"Kecamatan Kalibaru selama ini telah menjadi sentra kerajinan alat masak berbahan dasar aluminium dan stainless steel di Banyuwangi, sehingga kami akan dorong agar produk-produk mereka bisa mendapatkan pasar yang lebih luas dengan mengenalkan produknya melalui festival semacam ini," tuturnya.

Sejak tahun 1970-an, Kampung  Sayangan dikenal sebagai rumahnya perajin dandang, dari semula hanya ada 2 perajin, kini sudah ada 34 perajin dengan kerajinan peralatan dapur yang beragam. 

Kualitasnya yang bagus, membuat produk khas Sayangan itu banyak diminati masyarakat, bahkan telah merambah ke berbagai daerah di Indonesia di antaranya wilayah Sulawesi, Kalimantan, dan Irianjaya.

"Kami akan terus menggelar kegiatan untuk mengangkat potensi desa di Banyuwangi untuk meningkatkan daya saing dan memajukan warga setempat," ujar Bupati Banyuwangi dua periode itu.

Festival tesebut memamerkan deretan puluhan penjual dengan aneka peralatan masak dan toko-toko yang berada di pinggir jalan nasional tersebut menjadi etalase sekaligus lokasi jual beli aneka peralatan masak para perajin.

Salah satu pemilik toko yang juga perajin peralatan masak di Kecamatan Kalibaru, Mulisab mengatakan dirinya merupakan generasi ketiga yang membuat sekaligus menjual aneka peralatan masak. 

Keluarga besar bapak dari dua anak tersebut sudah menggeluti profesi itu selama lebih dari 60 tahun. Selain menjual produknya di Banyuwangi dan daerah sekitar, ia juga pernah mengirim produknya ke beberapa daerah di luar Jawa.

"Alhamdulillah semua kebutuhan terpenuhi dari membuat dan menjual peralatan masak karena saya membuat peralatan masak secara turun temurun dari kakek saya," katanya.

Ribuan masyarakat memenuhi area Festival Dandang Sewu yang berlangsung di areal persawahan Dusun Tegal Pakis atau yang biasa dikenal dengan Kampung Sayangan, bahkan mereka sangat antusias mengikuti festival yang mengangkat potensi desa, sekaligus menjadi salah satu sumber mata pencaharian warga setempat dengan kerajinan peralatan masak. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?