Cukur Rambut Gembel Puncak Acara Dieng Dieng Culture Festival 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 05 Agustus 2017 - 15:32 WIB

Cukur Rambut Gembel Puncak Acara Dieng Dieng Culture Festival (Foto Ist)
Cukur Rambut Gembel Puncak Acara Dieng Dieng Culture Festival (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Banjarnegara-Cukur rambut gembel akan diselenggarakan pada Minggu (6/8/2017) menjadi kegiatan pemuncak DCF 2017 yaitu Pencukuran Rambut Anak Gembel. Anak berambut gembel adalah mereka yang memiliki rambut kusut bawaan lahir secara alami dan menjadi unsur khas masyarakat Dieng.

Dalam prosesi pencukuran itu para pesertanya harus mengalami berbagai tahapan sesuai tradisi seperti Kirab Anak Gembel dilanjutkan Jamasan dan diakhiri dengan pemotongan rambut mereka. Kegiatan ini menarik minat masyarakat termasuk awak media dari berbagai tempat.

Rangkaian acara inti Festival Budaya Dieng atau Dieng Culture Festival (DCF) 2017 akan berlangsung pada 4-6 Agustus 2017 dengan sebagian besar daftar kegiatan penting akan dilangsungkan di kompleks Candi Arjuna, Banjarnegara.

"Banyak sekali acaranya sampai ibarat ada festival dalam festival," kata Ketua Panitia DCF 2017 Alif Fauzi di Dieng Kulon, Banjarnegara, Kamis (3/8/2017)

Dia mengatakan sejumlah kegiatan besar itu juga diiringi kegiatan lainnya yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat seperti keliling kawasan wisata Dieng (terdapat Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna), Akustik Atas Awan, Kirab Budaya, Parade Kesenian, Minum Purwaceng Bersama-sama, Ekspo UKM, Wayang Ruwat dan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Special Needs Center kunjungi Senior Living D'Khayangan

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:45 WIB

Peringati Hari Down Sydrome Sedunia, Puluhan Anak Hebat Bersuka Ria Bersama di Senior Living D'Khayangan

Bertepatan dengan Hari Down Sydrome Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret setiap tahunnya, President Special Needs Center mengunjungi Senior Living D'Khayangan untuk bersuka ria bersama para…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…