Musik Bergeser Dinikmati Secara Digital

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 05 Agustus 2017 - 08:57 WIB

Asuka Digital CAR TV
Asuka Digital CAR TV

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Dewasa ini, format digital dan mobile-first telah mendominasi rilis dan konsumsi pendengaran musik.Dulu, seperti semua album musik saat itu, album tersebut juga dirilis dalam format non digital - vinyl, kaset dan CD. 

Yvonne Chang, Executive Managing Director, Asia Pasifik, Criteo mengatakan, konsumen kini umumnya menikmati musik melalui smartphone. Musisi kenamaan kemudian  menanggapi hal tersebut dengan meluncurkan musik terbaru mereka melalui layanan streaming dan aplikasi mobile, bahkan sebelum album CD mereka tersedia di gerai musik. 

"Penggunaan aplikasi mobile sudah menjadi kebiasaan saat ini. Rata-rata orang di Indonesia setidaknya memiliki 33 aplikasi mobile dan menggunakan setidaknya tujuh aplikasi dan menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk menggunakan aplikasi tersebut setiap harinya12," kata dia di Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Menurutnya, penggunaan digital sudah banyak orang menggunakan aplikasi untuk mengukur kalori yang terbuang saat melakukan lari pagi; memeriksa jadwal pribadi sehari-hari; memesan taksi online untuk bekerja; mencari Starbucks terdekat; dan mengomentari gaya Outfit of the Day (OOTD) teman  disosial media sembari mendengarkan musik di Spotify.

Selanjutnya, ia menceritakan perusahaan analisis Forrester menyebut hal ini sebagai pergeseran pemikiran mobile. Dengan format digital saat ini, norma dan merek diharapkan untuk terlibat dan memberikan akses mobile, dan yang menimbulkan pertanyaan. Bagaimana peritel online dapat dengan tepat menyasar konsumen yang mengharapkan semua informasi secara on-demand, sesuai konteks, pada saat yang paling dibutuhkan oleh mereka?.

"App-y" Sukses di Asia Tenggara? Tidak Semudah Itu.Situs web yangdioptimalkan untuk penggunaan secara mobile dan aplikasi bermerek telah  Menjadi elemen dasar kesuksesan bagi para peritel. Konsumen sekarang menghabiskan lebih banyak uang dan membeli lebih banyak ticket items pada platform-platform seperti ini.

Di paruh kedua 2016, nilai rata-rata Pesanan (AOV) dari aplikasi mobile telah meningkat menjadi US$ 127, melebihi AOV desktop sebesar US$ 1003," katanya.

Data di Asia, ia bilang para konsumen di Asia menjadi kontributor terbesar di dunia dengan lebih dari 40 persen pada pembelian melalui aplikasi4. Mobile browser tidak jauh tertinggal dengan AOV sebesar US$95. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa mobile telah menjadi saluran digital utama untuk interaksi konsumen dan akuisisi penjualan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Rabu, 26 September 2018 - 20:24 WIB

Rumah Tahan Gempa Risha Dibanderol Mulai 27 Juta Untuk Tahap Pembuatan Awal

Risha merupakan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun secara instan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya dan telah teruji tahan gempa hingga 8 Skala Richter…

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dan Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara serta Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Andyani seusai penandatanganan MoU Grab d

Rabu, 26 September 2018 - 19:15 WIB

Dukung Program Wonderful Indonesia, Grab Teken MoU Dengan Kemenpar

Sejalan dengan visinya sebagai everyday superapp,Grab, platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk menghadirkan…

Bekasi Industrial Tourism Saring Bibit Pelari Muda Masa Depan

Rabu, 26 September 2018 - 18:41 WIB

Gelar Fun Run, Bekasi Industrial Tourism Saring Bibit Pelari Muda Masa Depan

Dalam rangka memeriahkan hari olahraga nasional, disbudpora, Kabupaten Bekasi didukung oleh PT. Graha Buana Cikarang, PT Jababeka, Tbk, dan¬†Bekasi Industrial Tourism¬†(BIT), Kodim Kab. Bekasi,…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 18:00 WIB

PLN Babel Targetkan Pelanggan Industri Tumbuh 12 Persen

PLN Area Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan pertumbuhan pelanggan industri pada 2018 sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya.

PT Prudential Life Assurance (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 17:45 WIB

Asuransi Prudential Sasar Pangsa Pasar Milenial

Perusahaan asuransi Prudential Indonesia mulai menyasar pangsa pasar millenial, melihat potensi peminat asuransi bagi anak muda mulai terbuka.