Tika Bravani Bermain Total Perankan Sosok Nyai Ahmad Dahlan

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 04 Agustus 2017 - 09:55 WIB

Tika Bravani memerankan tokoh "Nyai Ahmad Dahlan"
Tika Bravani memerankan tokoh "Nyai Ahmad Dahlan"

INDUSTRY.co.id - Tidak mudah untuk memerankan seorang tokoh besar dalam sebuah film. Apalagi memerankan seorang tokoh berkharisma serta memiliki catatan sejarah panjang. Hal itulah yang dihadapi oleh aktris Tika Bravani saat memainkan peran sebagai tokoh bernama Siti Walidah atau lebih dikenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan dalam  film biopic Nyai Ahmad Dahlan. Nyai Ahmad Dahlan adalah istri dari tokoh pendiri organisasi Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan.

Karena tidak mudah, Tika Bravani, mengaku betul-betul total menjalankan perannya. Apalagi peran yang ia mainkan mulai sejak sang tokoh berusia muda hingga akhir hayatnya. “Wajah saya dipermak habis-habisan untuk dapat tampil sebagai nyai saat memasuki usia tua. Harus pakai lateks utuk mebuat kerutan kerutan dan kendur. Tapi saya menikmatinya,” kata Tika saat peluncuran teaser film ini kemarin di Jakarta.

“Awalnya saya hanya memainkan untuk usia sampai 40 tahun. Tapi akhirnya berubah, karena sosok Nyai hanya diperlukan satu orang saja. Sejauh ini benar-benar enjoy. Setiap saya ragu pasti mendapat dorongan semangat bahwa saya bisa memerankan hingga usia 60 tahun,” pungkasnya bersemangat.

Hal lain yang dilakukan Tika dalam menangkap suasana kebatinan Nyai Ahmad Dahlan adalah dengan tinggal selama beberapa hari di kediaman Nyai Ahmad Dahan di Yogyakarta. “Saya sempat sholat di musholla yang didirikan oleh nyai. Di sana sesuah sholat, airmata saya tidak dapat dibendung. Saya terus menangis. Saya coba hentikan tapi tidak bisa. Akhirnya saya minta ijin padanya untuk memerankan dirinya,” kisah Tika.

“Sosok beliau itu sangat inspiratif. Saya mempelajari karakter beliau lewat buku-buku yang ada karena tidak ada lagi referensi lain selain dari buku – buku yang ada tentang sosok beliau,” kata Tika Bravani

Lebih lanjut, perempuan kelahiran Denpasar, 17 Februari 1990 itu menerangkan, ia mencoba mendapatkan gambaran sosok Nyai Ahmad Dahlan melalui keluarga. “Saya banyak dibantu cicitnya beliau, namanya itu Bu Hadiroh, dan beliau itu benar-benar luar biasa. Di umur yang sudah sangat sepuh, beliau masih hebat dan masih lincah. Makanya saya pikir Nyainya juga pasti hebat sekali,” puji peraih Piala Citra FFI 2014 sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik berkat  perannya sebagai ibu Fatmawati dalam film ‘Soekarno: Indonesia Merdeka’.

Selain Tika, film produksi Iras Films dengan arahan sutradara Olla Ata Adonara yang skenarionya garapan Dyah Kalsit ini dibintangi David chalik yang berperan sebagai Kyai Ahmad Dahlan. Kemudian sederet bintang, di antaranya Cok Simbara, Della Puspira, Rara Nawangsih, Egi Fedly, Malvino Fajaro, Inne Azri, dan lain-lain. Rencananya, film ini akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 24 Agustus 2017. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.