Reza Rahadian Raih Penghargaan Aktor Terbaik Asia-Pacific Film Festival 2017

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 04 Agustus 2017 - 09:40 WIB

Reza Rahadian
Reza Rahadian

INDUSTRY.co.id - Hampir menguasai seluruh peran-peran berwatak  di film-film Indonesia, Reza Rahadian akhirnya berhasil mengukir prestasi internasional. Reza meraih penghargaan kategori Aktor Terbaik atau Best Actor dalam ajang Asia-Pacific Film Festival (APFF) 2017 yang digelar di Phnom Penh, Kamboja, Minggu (30/7) malam waktu setempat. Dia menang berkat aktingnya yang gemilang dalam film ‘Rudy Habibie’ (Habibie & Ainun 2) produksi MD Pictures.

“Bersyukur dan senang banget. Awalnya nggak tahu dan nggak pernah dengar saya masuk nominasinya,” kata Reza Rahadian saat ditemui di Sinematek Indonesia Lantai 4 Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail (PPHUI), Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2017) petang.

Penghargaan ini sangat berarti bagi  Reza dan juga Indonesia. Sebab lewat perannya sebagai BJ Habibie muda ini,  dia menjadi aktor pertama asal Indonesia yang menang di Asia Pacific Film Festival selama 57 tahun digelar.

Sebelumnya beberapa aktris Indonesia pernah merih penghargaan di ajang tersebut yakin, yakni Christine Hakim, Widyawati, Ayu Azhari, Rima Melati, dan Ria Irawan. “Semoga ini menginspirasi aktor muda, buat belajar meski udah terkenal harus tetap belajar. Terima kasih, bersyukur banget,” terang aktor kelahiran Bogor, 5 Maret 1987 ini.

Selain Reza Rahadian,  di ajang APFF 2017 ini  , Indonesia juga meraih penghargaan untuk kategori penata musik terbaik dari tangan musisi Tya Subiakto melalui film yang sama Rudy Habibie.

Menurut Adisurya Abdy, selaku ketua delegasi Indonesia ke ajang tersebut,  capaian dua insan film ini sangat membanggakan bagi dunia perfilman Indonesia di mata regional. “Prestasi ini tentunya merupakan  pembuktian, bahwa film Indonesia mampu berbicara di kancah regional dan internasional. Indonesia sudah menunjukkan kelasnya sebagai negara yang disegani di dunia perfilman  regional,” kata Abdy yang  juga Kepala Sinematek Indonesia.

Sementara itu ketua Persatuan Perusahaan Film Indonesia, Firman Bintang, mengatakan bahwa pihaknya merasa bersyukur Indonesia bisa meraih pencapaian yang baik di tahun 2107 ini. “Ini akan menjadi dorongan bagi kami untuk mengajak pihak pemerintah dalam hal ini kemendikbud agar negara kita menjadi tuan rumah di APFF tahun 2018 yang akan datang. Sebagai negara yang yang jadi pemrakarsa APFF, sudah saatnya kita kembali menjadi tuan rumah. Apalagi industri film tanah air sedang tumbuh dengan bagus,” kata Firman.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa organisasi PPFI menjadi satu satunya lembaga yang menjadi filter bagi pengiriman film-film untuk ikut berkompetisi yang bersifat regional dan internasional. “Kami yang melakukan seleksi dan mengirimnya. Kami memang seperti bekerja dalam diam, tapi bukan berarti tidak bekerja untuk terus memajukan perfilman Indonesia,” ujarnya.

Seperti ajang festival film lainnya. APFF 2017, juga memberikan penghargaan kepada sejumlah kategori lainnya. Diantaranya Best Short Film, Best Animated Film, Best Documentary, Best Director, Best Short Film Director, Best New Director, Best Actress, Best New Actress, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Best Screenplay, Best Cinematography, dan sejumlah kategori lainnya. Selain Indonesia, ajang ini diantara juga diikuti film dari Australia, Rusia, Hong Kong, China, Iran dan negara di kawasan Asia Pasifik. (AMZ)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 10:00 WIB

Cetak SDM Industri yang Kompeten, Kemenperin Kembali Buka Program JARVIS

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif dalam mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing sektor indusri…

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Kamis, 25 April 2024 - 09:53 WIB

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Air conditioner (AC) modern tidak hanya memberikan pendinginan yang cepat dan efisien, tetapi juga memperkaya pengalaman hidup dan kenyamanan aktivitas di dalam ruangan. Dengan teknologi terkini…