Kucurkan Triliunan Rupiah, Pemerintah Jadikan Flores Pulau Panas Bumi

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 03 Agustus 2017 - 12:21 WIB

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah menentapkan pulau Flores sebagai pulau panas bumi. Penetapan tersebut dituangkan dalam Keputusan Menteri ESDM nomor 2268 K/30/MEM/2017 tentang Penetapan Pulau Flores sebagai Pulau Panas Bumi pada tanggal 19 Juni 2017.

"Kita ingin bercita-cita menjadikan Flores sebagai pulau percontohan yang keseluruhan energinya suatu saat nanti itu datang dari energi yang terbarukan, dalam hal ini adalah geothermal," kata  Dirjen Energi Baru, Terbarukan dan Konversi Energi (EBTKE) Rida Mulyana dalam sebuah acara Konvensi Panas Bumi Internasional (IIGCE 2017) ke-5, di JCC, Senayan baru-baru ini.

Meski tak disebutkan secara rinci kapan pembangunannya akan dilaksanakan, Rida mengatakan, sejauh ini pencanangannya sudah dilakukan. Salah satu proyek panas bumi juga disebutkan bernama Waisano.

Ia mengatakan bahwa pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi akan mengambil dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 3 triliun. Serta, bantuan dari World Bank (Bank Dunia) sebesar US$ 55,25 juta.

"Proyek ini (akan) menggunakan dana yang namanya geothermal fund yang tadi diumumkan adanya MoU antara Kementerian ESDM dengan Kementerian Keuangan. Dananya sejumlah Rp 3 triliun dari APBN dan US$ 55,25 juta dari Wolrd Bank," ungkapnya.

Dana tersebut, kata Rida, akan digunakan untuk memitigasi eksplorasi sehingga menarik investasi masuk.Setelah investasi masuk, pengembang akan membayar biaya eksplorasi tersebut. Selanjutnya, dana yang dibayarkan itu akan dipergunakan untuk melakukan eksplorasi di wilayah lainnya.

Sebagaimana diketahui, dalam Konferensi dan Ekshibisi Geotermal ke-5, diserahkan Surat Keputusan (SK) Menteri ESDM kepada Gubernur NTT perihal penetapan Pulau Flores sebagai Pulau Panas Bumi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…