Kembangkan 10 Destinasi Prioritas, Kemenpar Gelar Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 03 Agustus 2017 - 10:59 WIB

Launching Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 yang dilaunching di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Launching Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 yang dilaunching di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Selain, Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 Menteri Pariwisata melaunching Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Rabu (2/8/2017) ini merupakan sebagai bentuk penghargaan sekaligus perlombaan bagi industri pariwisata Indonesia.

Penyelenggaraan sayembara ini, merupakan hasil kerjasama Kemenpar, bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan PT. Propan Raya untuk mendukung program Kemenpar dalam mengembangkan 10 destinasi pariwisata prioritas seperti yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Sayembara Desain Restoran Nusantara ini bertujuan untuk membuat desain pada tingkat gagasan yang akan dijadikan sebagai rujukan desain arsitektur nusantara bagi masyarakat dan investor dalam membangun restoran di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, dan hasil sayembara menjadi hak Kemenpar dan Bekraf”, ungkap Menpar Arief Yahya.

Lanjut Dia, Karena, sudah beberapa kena tegor Bapak Presiden, mengapa Indonesia tidak punya bangunan ikonik yang menandakan suatu daerah, makanya diadakanlah sayembara ini.

Sebelumnya, tahun lalu sudah digelar sayembara desain arsitektur untuk rumah wisata (homestay) nusantara, dan tahun ini kembali  menyelenggarakan sayembara untuk desain restoran nusantara.

Sayembara  Desain Restoran Nusantara 2017 ini bersifat terbuka bagi sarjana arsitektur, baik anggota IAI maupun bukan anggota IAI, baik perorangan maupun kelompok atau tim. Sebanyak 30 finalis akan mendapatkan hadiah total Rp 1 miliar.

Sementara, menurut Hendra Adidarma, "sebuah restoran selayaknya dapat memberikan kesan baik dari segi pelayanan maupun suasana ruangnya. Untuk itu desain harus mempunyai kesan tersendiri dari segi interiornya. Kesan-kesan tersebut dapat dibentuk pada elemen-elemen pembentuk dan pelengkap ruang yang merupakan unsur-unsur desain interior."

Pemberian penghargaan ISTA 2017 dan pengumuman pemenang Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 akan dilaksanakan pada bulan September 2017 di Jakarta, dalam rangkaian kegiatan Hari Pariwisata se-Dunia (World Tourism Day) diperingati sebagai Hari Pariwisata Nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan (kedua dari kiri), President (ASEAN) Cisco Systems Naveen Menon (kedua dari kanan), Managing Director (ASEAN) Cisco Systems Dharmesh Malhotra (paling kanan) dan Vice President Enterprise Bu

Senin, 21 Mei 2018 - 22:42 WIB

Telkom dan Cisco Mendukung Transformasi Digital BUMN

INDUSTRY.co.id - Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Cisco International Limited (Cisco) sepakat untuk mendukung transformasi digital BUMN. Kesepakatan dua perusahaan tersebut…

Tito Sulistio, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (Foto Dok Industry.c.id)

Senin, 21 Mei 2018 - 21:46 WIB

Morgan Stanley Dikhawatirkan Bakal Turunkan Bobot Investasi Indonesia

Setelah mendepak beberapa saham Indonesia yang terdapat di MSCI Small Cap Indeks beberapa waktu lalu, Morgan Stanley kini mulai memasukkan 302 saham baru yang diambil dari indeks bursa saham…

PTAIA Financial (AIA),salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia, memperkenalkan produk baru untuk perlindungan jiwa khusus dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, yaitu Asuransi Kecelakaan Gratis.

Senin, 21 Mei 2018 - 21:28 WIB

AIA Berikan Asuransi Jiwa Cuma-Cuma untuk Para Pemudik

PT AIA Financial, salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia,memperkenalkan produk baru untuk perlindungan jiwa khusus dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, yaitu Asuransi Kecelakaan…

Kris Wijoyo Soepandji berikan orasi GETANKAS: Geopolitik, Ketahanan Nasional, dan Kemerdekaan Sejati (Foto: Jababeka)

Senin, 21 Mei 2018 - 19:39 WIB

Paham Geopolitik Dibutuhkan untuk Samakan Persepsi Bangsa

Pengajar Dasar-Dasar Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Kris Wijoyo Soepandji, mengatakan bahwa dunia saat ini memasuki perang generasi keempat. Perang generasi keempat…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 21 Mei 2018 - 19:28 WIB

Penjualan Tunas Baru Lampung Ditargetkan Tumbuh 10-15% pada 2018

Penjualan PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA) ditargetkan antara Rp9,87-10,31 triliun pada 2018, atau diharapkan tumbuh antara 10-15% dibandingkan dengan realisasi penjualan perseroan pada 2017…