Kembangkan 10 Destinasi Prioritas, Kemenpar Gelar Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 03 Agustus 2017 - 10:59 WIB

Launching Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 yang dilaunching di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Launching Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 yang dilaunching di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Selain, Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 Menteri Pariwisata melaunching Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Rabu (2/8/2017) ini merupakan sebagai bentuk penghargaan sekaligus perlombaan bagi industri pariwisata Indonesia.

Penyelenggaraan sayembara ini, merupakan hasil kerjasama Kemenpar, bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan PT. Propan Raya untuk mendukung program Kemenpar dalam mengembangkan 10 destinasi pariwisata prioritas seperti yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Sayembara Desain Restoran Nusantara ini bertujuan untuk membuat desain pada tingkat gagasan yang akan dijadikan sebagai rujukan desain arsitektur nusantara bagi masyarakat dan investor dalam membangun restoran di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, dan hasil sayembara menjadi hak Kemenpar dan Bekraf”, ungkap Menpar Arief Yahya.

Lanjut Dia, Karena, sudah beberapa kena tegor Bapak Presiden, mengapa Indonesia tidak punya bangunan ikonik yang menandakan suatu daerah, makanya diadakanlah sayembara ini.

Sebelumnya, tahun lalu sudah digelar sayembara desain arsitektur untuk rumah wisata (homestay) nusantara, dan tahun ini kembali  menyelenggarakan sayembara untuk desain restoran nusantara.

Sayembara  Desain Restoran Nusantara 2017 ini bersifat terbuka bagi sarjana arsitektur, baik anggota IAI maupun bukan anggota IAI, baik perorangan maupun kelompok atau tim. Sebanyak 30 finalis akan mendapatkan hadiah total Rp 1 miliar.

Sementara, menurut Hendra Adidarma, "sebuah restoran selayaknya dapat memberikan kesan baik dari segi pelayanan maupun suasana ruangnya. Untuk itu desain harus mempunyai kesan tersendiri dari segi interiornya. Kesan-kesan tersebut dapat dibentuk pada elemen-elemen pembentuk dan pelengkap ruang yang merupakan unsur-unsur desain interior."

Pemberian penghargaan ISTA 2017 dan pengumuman pemenang Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 akan dilaksanakan pada bulan September 2017 di Jakarta, dalam rangkaian kegiatan Hari Pariwisata se-Dunia (World Tourism Day) diperingati sebagai Hari Pariwisata Nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 01:00 WIB

Di Tengah Rupiah Melemah, Mentan Genjot Ekspor

INDUSTRY.co.id

Di tengah melemanhnya nilau tukar rupiha terhadap dollar saat ini, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menggenjot volume ekspor…

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…