Kembangkan 10 Destinasi Prioritas, Kemenpar Gelar Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 03 Agustus 2017 - 10:59 WIB

Launching Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 yang dilaunching di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Launching Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 yang dilaunching di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Selain, Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 Menteri Pariwisata melaunching Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Rabu (2/8/2017) ini merupakan sebagai bentuk penghargaan sekaligus perlombaan bagi industri pariwisata Indonesia.

Penyelenggaraan sayembara ini, merupakan hasil kerjasama Kemenpar, bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan PT. Propan Raya untuk mendukung program Kemenpar dalam mengembangkan 10 destinasi pariwisata prioritas seperti yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Sayembara Desain Restoran Nusantara ini bertujuan untuk membuat desain pada tingkat gagasan yang akan dijadikan sebagai rujukan desain arsitektur nusantara bagi masyarakat dan investor dalam membangun restoran di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, dan hasil sayembara menjadi hak Kemenpar dan Bekraf”, ungkap Menpar Arief Yahya.

Lanjut Dia, Karena, sudah beberapa kena tegor Bapak Presiden, mengapa Indonesia tidak punya bangunan ikonik yang menandakan suatu daerah, makanya diadakanlah sayembara ini.

Sebelumnya, tahun lalu sudah digelar sayembara desain arsitektur untuk rumah wisata (homestay) nusantara, dan tahun ini kembali  menyelenggarakan sayembara untuk desain restoran nusantara.

Sayembara  Desain Restoran Nusantara 2017 ini bersifat terbuka bagi sarjana arsitektur, baik anggota IAI maupun bukan anggota IAI, baik perorangan maupun kelompok atau tim. Sebanyak 30 finalis akan mendapatkan hadiah total Rp 1 miliar.

Sementara, menurut Hendra Adidarma, "sebuah restoran selayaknya dapat memberikan kesan baik dari segi pelayanan maupun suasana ruangnya. Untuk itu desain harus mempunyai kesan tersendiri dari segi interiornya. Kesan-kesan tersebut dapat dibentuk pada elemen-elemen pembentuk dan pelengkap ruang yang merupakan unsur-unsur desain interior."

Pemberian penghargaan ISTA 2017 dan pengumuman pemenang Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 akan dilaksanakan pada bulan September 2017 di Jakarta, dalam rangkaian kegiatan Hari Pariwisata se-Dunia (World Tourism Day) diperingati sebagai Hari Pariwisata Nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MyRepublic gelar kompetisi antar sekolah dengan tema Dunia Dalam Genggamanku. Kompetisi digelar di 6 kota besar yaitu Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Malang, Palembang, dan Medan mulai tanggal 5 Maret 2018 26 Maret 2018

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:34 WIB

Begini Startegi MyRepublic Kejar 500 Ribu Jaringan Baru

INDUSTRY.co.id, Jakarta -MyRepublic, perusahaan penyedia layanan internet cepat dan hiburan tanpa batas tahun ini menargetkan 500.000 jaringan baru, salah satunya ialah melalui kerjasama dengan…

Peluncuran Generali Protection (G-PRO) (Foto: Ridwan/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:20 WIB

Generali Gandeng Bank BTN Berikan Perlindungan Penyakit Kritis Bagi Nasabah KPR

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia)bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero)kembali meluncurkan Generali Protection (G-PRO).

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:50 WIB

Industri Sarung Tangan Karet, Dari 40 Pabrik Tersisa 5 Pabrik, Mengerikan!

Isu penutupan pabrik hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan para pelaku industri. Harga gas yang tak kunjung turun menjadi pemicu tutupnya beberapa pabrik di Indonesia.

Achmad Widjaja, Wakil Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Industri Hulu dan Petrokimia

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:03 WIB

Kisruh Harga Gas Buat Investor Wait and See, Industri Petrokimia Makin Tak Matang

Investasi sektor petrokimia hingga saat ini masih belum ada perencanaan yang matang. Pasalnya, investor masih menunggu ketegasan pemerintah terkait penurunan harga gas untuk industri.

CEO blanja.com Aulia E Marinto

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:00 WIB

Industri UMKM Harus Punya Kreativitas E-Commerce

Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (Idea) Aulia E Marinto mengatakan industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus memiliki kreativitas dalam memberdayakan "e-commerce" (perdagangan…