Kembangkan 10 Destinasi Prioritas, Kemenpar Gelar Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 03 Agustus 2017 - 10:59 WIB

Launching Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 yang dilaunching di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Launching Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 yang dilaunching di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Selain, Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 Menteri Pariwisata melaunching Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Rabu (2/8/2017) ini merupakan sebagai bentuk penghargaan sekaligus perlombaan bagi industri pariwisata Indonesia.

Penyelenggaraan sayembara ini, merupakan hasil kerjasama Kemenpar, bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan PT. Propan Raya untuk mendukung program Kemenpar dalam mengembangkan 10 destinasi pariwisata prioritas seperti yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Sayembara Desain Restoran Nusantara ini bertujuan untuk membuat desain pada tingkat gagasan yang akan dijadikan sebagai rujukan desain arsitektur nusantara bagi masyarakat dan investor dalam membangun restoran di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, dan hasil sayembara menjadi hak Kemenpar dan Bekraf”, ungkap Menpar Arief Yahya.

Lanjut Dia, Karena, sudah beberapa kena tegor Bapak Presiden, mengapa Indonesia tidak punya bangunan ikonik yang menandakan suatu daerah, makanya diadakanlah sayembara ini.

Sebelumnya, tahun lalu sudah digelar sayembara desain arsitektur untuk rumah wisata (homestay) nusantara, dan tahun ini kembali  menyelenggarakan sayembara untuk desain restoran nusantara.

Sayembara  Desain Restoran Nusantara 2017 ini bersifat terbuka bagi sarjana arsitektur, baik anggota IAI maupun bukan anggota IAI, baik perorangan maupun kelompok atau tim. Sebanyak 30 finalis akan mendapatkan hadiah total Rp 1 miliar.

Sementara, menurut Hendra Adidarma, "sebuah restoran selayaknya dapat memberikan kesan baik dari segi pelayanan maupun suasana ruangnya. Untuk itu desain harus mempunyai kesan tersendiri dari segi interiornya. Kesan-kesan tersebut dapat dibentuk pada elemen-elemen pembentuk dan pelengkap ruang yang merupakan unsur-unsur desain interior."

Pemberian penghargaan ISTA 2017 dan pengumuman pemenang Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 akan dilaksanakan pada bulan September 2017 di Jakarta, dalam rangkaian kegiatan Hari Pariwisata se-Dunia (World Tourism Day) diperingati sebagai Hari Pariwisata Nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…