Persiapan Dieng Culture Festival Sudah 95 Persen

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 03 Agustus 2017 - 10:23 WIB

Kawah Sileri di Dieng Banjarnegara (Foto Ist)
Kawah Sileri di Dieng Banjarnegara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Wonosobo - Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Alif Fauzi, mengatakan persiapan Dieng Culture Festival (DCF) 2017 sudah 95 persen.

"Sudah 95 persen menjelang hari pelaksanaan DCF akhir pekan ini," kata Alif di Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (2/8/2017)

Dia mengatakan panitia saat ini sedang mempersiapkan berbagai keperluan acara budaya. Beberapa agenda untuk wisatawan DCF telah dipersiapkan seperti Pertunjukan Jazz di Atas Awan dan wisata matahari terbit di Dieng.

Selain itu, kata dia, terdapat juga agenda berkeliling situs Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna. Tidak kalah meriah ada kegiatan lainnya seperti Festival Lampion, pertunjukan musik, Ritual Pencukuran Rambut Anak Gembel dan lainnya.

Dia mengatakan terkait Festival Lampion pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura sehingga kegiatan menerbangkan lampu khas tersebut tidak mengganggu lalu lintas penerbangan. Diketahui, terdapat kegiatan masyarakat setempat dalam menerbangkan balon udara yang dianggap otoritas penerbangan mengganggu keselamatan pesawat terbang.

Menurut dia, lampion yang nanti diterbangkan memiliki daya jelajah 100-200 meter di atas permukaan tanah sehingga tidak mencapai jalur penerbangan pesawat. Dengan kata lain, Festival Lampion tidak membahayakan keselamatan penerbangan sehingga kegaitan tersebut akan tetap diadakan sesuai jadwal.

DCF 2017 itu sendiri rencananya akan diselenggarakan pada 4-6 Agustus di Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tiket untuk kegiatan tersebut sebanyak 3.500 paket saat ini sudah ludes terjual. Pada penyelenggaraan tahun lalu sekitar 100 ribu wisatawan dari dalam dan luar negeri hadir di festival budaya tersebut. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:38 WIB

Bank Mandiri Kucurkan Rp440 Miliar Kembangkan Layanan Pelabuhan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati pinjaman korporasi sebesar Rp440 miliar untuk belanja modal PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) guna mengembangkan fasilitas dan layanan non-tunai di…