Persiapan Dieng Culture Festival Sudah 95 Persen

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 03 Agustus 2017 - 10:23 WIB

Kawah Sileri di Dieng Banjarnegara (Foto Ist)
Kawah Sileri di Dieng Banjarnegara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Wonosobo - Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Alif Fauzi, mengatakan persiapan Dieng Culture Festival (DCF) 2017 sudah 95 persen.

"Sudah 95 persen menjelang hari pelaksanaan DCF akhir pekan ini," kata Alif di Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (2/8/2017)

Dia mengatakan panitia saat ini sedang mempersiapkan berbagai keperluan acara budaya. Beberapa agenda untuk wisatawan DCF telah dipersiapkan seperti Pertunjukan Jazz di Atas Awan dan wisata matahari terbit di Dieng.

Selain itu, kata dia, terdapat juga agenda berkeliling situs Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna. Tidak kalah meriah ada kegiatan lainnya seperti Festival Lampion, pertunjukan musik, Ritual Pencukuran Rambut Anak Gembel dan lainnya.

Dia mengatakan terkait Festival Lampion pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura sehingga kegiatan menerbangkan lampu khas tersebut tidak mengganggu lalu lintas penerbangan. Diketahui, terdapat kegiatan masyarakat setempat dalam menerbangkan balon udara yang dianggap otoritas penerbangan mengganggu keselamatan pesawat terbang.

Menurut dia, lampion yang nanti diterbangkan memiliki daya jelajah 100-200 meter di atas permukaan tanah sehingga tidak mencapai jalur penerbangan pesawat. Dengan kata lain, Festival Lampion tidak membahayakan keselamatan penerbangan sehingga kegaitan tersebut akan tetap diadakan sesuai jadwal.

DCF 2017 itu sendiri rencananya akan diselenggarakan pada 4-6 Agustus di Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tiket untuk kegiatan tersebut sebanyak 3.500 paket saat ini sudah ludes terjual. Pada penyelenggaraan tahun lalu sekitar 100 ribu wisatawan dari dalam dan luar negeri hadir di festival budaya tersebut. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:00 WIB

BUMN Gelar Pangan Murah hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Sejumlah BUMN kembali bersinergi menggelar berbagai rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke- 21 di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (26/03/2019).