Semen Indonesia-Semen Gresik Lakukan Kerja Sama Operasi Untuk Perkuat Pasar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 20 Desember 2016 - 15:25 WIB

Semen Gresik Indonesia
Semen Gresik Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Semen Gresik melakukan kerja sama operasi (KSO) dalam rangka operasi bersama pabrik semen serta fasilitas pendukung persemenan.

Direktur Utama Rizkan Chandra menuturkan, transaksi KSO dilakukan sebab perseroan kian meningkatkan urgensi transformasi korporasi, seperti fokus pada industri persemenan di Asia Tengara, perkembangan pasar semen domestik yang lebih kompetitif, munculnya pemain pasar semen yang mendorong kompetisi harga dan margin yang ketat, serta kebutuhan pengembangan perusahaan.

"KSO juga dilakukan menyusul perjalanan korporasi mulai dari operating company, operating holding, functional holding, hingga menjadi strategic holding," kata Rizkan melalui keterbukaan informasi BEI, Selasa (20/12).

Langkah korporasi ini juga diwujudkan sesuai dengan peraturan Menteri BUMN No. PER-13-MBU-2014 tentang Pedoman Pendayagunaan Aset Tetap BUMN yang mengatur KSO sebagai salah satu bentuk pendayagunaan aset tetap BUMN.

"Objek transaksi KSO ini mencakup kontribusi dari Semen Indonesia dan Semen Gresik. Kontribusi tersebut bukan merupakan pengalihan kepemilikan atas aset, melainkan pengalihan manajemen pengoperasian pabrik Semen Tuban dan Gresik serta fasilitas pendukung," tegasnya.

Lebih lanjut, kontribusi perseroan terhadap KSO antara lain mesin pabrik semen beserta fasilitas pendukung (dermaga, pabrik pengemasan, dan gudang penyanggah), persediaan barang jadi dan WIP yang akan dijual oleh KSO setelah 31 Desember 2016, persedian bahan penolong dan seluruh komponen yang digunakan dalam proses produksi di pabrik semen, merek dagang Semen Gresik untuk aktivitas penjualan yang akan dilakukan oleh KSO, hingga penggunaan bersama sistem teknologi.

Sementara kontribusi Semen Gresik adalah pendanaan awal sekitar Rp1,454 triliun serta pengadaan dan pembelian barang impor dan barang yang memiliki bukti kepemilikan aset (BKA) untuk kelangsungan operasional KSO.

"Terhadap kontribusi perseroan dan Semen Gresik dalam transaksi KSO, akan dilakukan bagi hasil atas laba sebelum pajak. Bagi hasil yang diterima Semen Gresik nantinya juga akan masuk dalam laporan keuangan Semen Gresik dan dikonsolidasikan dengan Semen Indonesia," ungkapnya.

Dengan adanya transaksi KSO ini, maka Semen Indonesia akan fokus pada fungsi strategis dan operating company fokus pada operational business excellence, memaksimalkan sunergi seluruh entitas produsen semen, serta meningkatkan nilai dan daya saing perusahaan dan anak usaha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto Ist)

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:45 WIB

Ini Janji BI Dampingi UMKM ke Pasar Global

Bank Indonesia menerapkan tiga langkah pendekatan untuk mendorong akses UMKM ke pasar global.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:33 WIB

DPR: Kelompok Cyber Narcoterrorism Gunakan Sosmed Pasarkan Narkoba

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan waswas terhadap kemunculan kelompok "cyber narcoterrorism" yang memanfaatkan dunia maya sebagai media untuk memasarkan narkoba.

Reza Priyambada, analis PT Binaartha Parama Sekuritas (Foto Abe)

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:28 WIB

Kebijakan Trump Bisa Untungkan Obligasi Dalam Negeri

Kembalinya sentimen negatif dapat memberikan imbas negatif juga pada pergerakan pasar obligasi dalam negeri dimana pelaku pasar diperkirakan akan kembali melakukan aksi jualnya.

Bank Indonesia

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:25 WIB

Rupiah Berpeluang Melemah Meski Suku Bunga BI Bertahap

Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.475-14.462. Adanya rilis Bank Indonesia yang mempertahankan level suku bunganya meski positif untuk kondisi makroekonomi.

IFRA 2018 Resmi Dibuka yang berlangsung 20 hingga 22 Juli 2018 di JCC Senayan

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:21 WIB

Pameran Waralaba 2018 Ditargetkan Raih Transaksi Rp 200 Miliar

Ajang pameran waralaba atau Interntational Franchise, License &Business; Concept Expo & Conference 2018 resmi dibuka hari ini Jumat (20/7).