Semen Indonesia-Semen Gresik Lakukan Kerja Sama Operasi Untuk Perkuat Pasar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 20 Desember 2016 - 15:25 WIB

Semen Gresik Indonesia
Semen Gresik Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Semen Gresik melakukan kerja sama operasi (KSO) dalam rangka operasi bersama pabrik semen serta fasilitas pendukung persemenan.

Direktur Utama Rizkan Chandra menuturkan, transaksi KSO dilakukan sebab perseroan kian meningkatkan urgensi transformasi korporasi, seperti fokus pada industri persemenan di Asia Tengara, perkembangan pasar semen domestik yang lebih kompetitif, munculnya pemain pasar semen yang mendorong kompetisi harga dan margin yang ketat, serta kebutuhan pengembangan perusahaan.

"KSO juga dilakukan menyusul perjalanan korporasi mulai dari operating company, operating holding, functional holding, hingga menjadi strategic holding," kata Rizkan melalui keterbukaan informasi BEI, Selasa (20/12).

Langkah korporasi ini juga diwujudkan sesuai dengan peraturan Menteri BUMN No. PER-13-MBU-2014 tentang Pedoman Pendayagunaan Aset Tetap BUMN yang mengatur KSO sebagai salah satu bentuk pendayagunaan aset tetap BUMN.

"Objek transaksi KSO ini mencakup kontribusi dari Semen Indonesia dan Semen Gresik. Kontribusi tersebut bukan merupakan pengalihan kepemilikan atas aset, melainkan pengalihan manajemen pengoperasian pabrik Semen Tuban dan Gresik serta fasilitas pendukung," tegasnya.

Lebih lanjut, kontribusi perseroan terhadap KSO antara lain mesin pabrik semen beserta fasilitas pendukung (dermaga, pabrik pengemasan, dan gudang penyanggah), persediaan barang jadi dan WIP yang akan dijual oleh KSO setelah 31 Desember 2016, persedian bahan penolong dan seluruh komponen yang digunakan dalam proses produksi di pabrik semen, merek dagang Semen Gresik untuk aktivitas penjualan yang akan dilakukan oleh KSO, hingga penggunaan bersama sistem teknologi.

Sementara kontribusi Semen Gresik adalah pendanaan awal sekitar Rp1,454 triliun serta pengadaan dan pembelian barang impor dan barang yang memiliki bukti kepemilikan aset (BKA) untuk kelangsungan operasional KSO.

"Terhadap kontribusi perseroan dan Semen Gresik dalam transaksi KSO, akan dilakukan bagi hasil atas laba sebelum pajak. Bagi hasil yang diterima Semen Gresik nantinya juga akan masuk dalam laporan keuangan Semen Gresik dan dikonsolidasikan dengan Semen Indonesia," ungkapnya.

Dengan adanya transaksi KSO ini, maka Semen Indonesia akan fokus pada fungsi strategis dan operating company fokus pada operational business excellence, memaksimalkan sunergi seluruh entitas produsen semen, serta meningkatkan nilai dan daya saing perusahaan dan anak usaha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kang Emil Gubernur Jawa Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 14 Desember 2018 - 05:16 WIB

Ini 12 Modus KKN di Wilayah Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan ada 12 modus yang dilakukan oknum kepala daerah melalukan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) untuk memperkaya diri sendiri.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Jumat, 14 Desember 2018 - 05:10 WIB

Aliran Dana Aksi Terorisme Terus Ditelusuri Polisi

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan bahwa saat ini yang menjadi fokus penegak hukum dalam memberantas kasus terorisme adalah penelusuran aspek pendanaannya.

Grup Band Slank

Jumat, 14 Desember 2018 - 04:47 WIB

Slank akan Jadi Duta Kelor untuk NTT

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur akan menobatkan para personel grup musik Slank menjadi duta tanaman kelor melalaui perayaan memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-60 Provinsi NTT yang…

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Jumat, 14 Desember 2018 - 04:43 WIB

Menteri ESDM Pastikan Listrik Natal-Tahun Baru Aman

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan pasokan listrik saat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, terutama di Jawa dan Bali aman.

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Jumat, 14 Desember 2018 - 04:39 WIB

2019 Kalimantan Selatan Cetak Sawah 200 Hektar

Kepala Dinas Pertanian Kalimantan Selatan Fathurrahman mengatakan pada tahun 2019 kembali mendapatkan program cetak sawah di lahan rawa dari Kementerian Pertanian seluas 200 hektare.