Indonesia Servis Hub Garap Pesawat Militer Airbus

Oleh : Herry Barus | Rabu, 02 Agustus 2017 - 07:56 WIB

PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF AeroAsia), (Foto Ist)
PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF AeroAsia), (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Kerja sama Operasional (KSO) bidang pengembangan bisnis, "maintenance, repair & overhaul" (MRO) pesawat, Indonesia Service Hub akan menggarap perawatan pesawat militer Airbus.

"Indonesia Service Hub ini sekarang sudah ada perjanjian dengan GMF sebagai 'leader'-nya yaitu yang terdekat dengan Airbus Defence and Space," kata Direktur Utama PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF) Iwan Juniarto usai penandatanganan perjanjian kerja bersama antara Manajemen GMF dengan Serikat Pekerja GMF (GMF Employee Club) di Hangar 4 GMF, Tangerang, Selasa (1/8/2017)

GMF merupaka salah satu perusahaan yang tergabung dalam KSO Indonesia Service Hub tersebut.

Iwan menjelaskan nantinya kerja sama tersebut akan mengerjakan proyek-proyek perawatan pesawat militer produksi Airbus yang digunakan di dalam negeri.

Dia mengatakan kerja sama tersebut akan dimulai di Surabaya untuk kolaborasi dengan beberapa perusahaan perawatan pesawat yang tergabung.

Indonesia Service Hub dinisiasi oleh Kementerian BUMN guna memperkuat daya saing industri dirgantara nasional.

Kerja sama tersebur ditujukkan untuk menggabungkan kapabilitas dan kapasitas dari masing-masing BUMN dirgantara, sehingga selain nantinya akan memperkuat industri dirgantara nasional, meningkatkan efisiensi belanja suku cadang, kerja sama ini pun akan memudahkan pelanggan.

"Ini adalah salah satu bentuk komitmen BUMN terhadap pembangunan bangsa, melalui pemerkuatan daya saing dan kompetensi Indonesia di bidang dirgantara, khususnya maintenance & repair," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno, beberapa waktu lalu.

Melibatkan enam BUMN industri dirgantara, yaitu GMF AeroAsia, PT Dirgantara Indonesia, PT Nusantara Turbin dan Propulsi (NTP), Indopelita, dan Merpati Maintenance Facility (MMF), kerja sama strategis ini diproyeksikan menjadi "service hub" terdepan di regional, baik dalam hal komersial dan pertahanan.

"Target saya, Indonesia Service Hub tak hanya menjadi penyedia jasa maintenance & service terdepan di Indonesia, tapi juga di Asean dan bahkan Asia. Saya yakin, dengan keunggulan kapabilitas dari masing-masing BUMN yang terlibat dan letak geografis Indonesia, kita bisa menjadi service hub bagi negara-negara di sekitar kita, dan tidak mustahil, kita dapat merebut sebagian pangsa pasar maskapai di Tiongkok," tutur Rini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…