Menperin Apresiasi Semangat Anak Muda Dukung Pertumbuhan Industri Tanah Air

Oleh : Ridwan | Selasa, 01 Agustus 2017 - 12:54 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto berfoto bersama Kader Bangsa Fellowship di Kantor Kementerian Perindustrian
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto berfoto bersama Kader Bangsa Fellowship di Kantor Kementerian Perindustrian

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto sangat mengapresiasi semangat Kader Bangsa Fellowship program dalam memajukan perindustrian di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Airlangga Hartarto seusai menerima teman-teman dari Kader Bangsa Fellowship program Angkatan VI di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta (31/7/2017).

"Pertumbuhan industri pengolahan non migas pada triwulan (TW) I tahun 2017 sebesar 4,71% (y-o-y), angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2016 yang mencapai 4,51% (y-o-y)," ungkap Airlangga.

Ia menambahkan, industri kimia, farmasi dan obat tradisional merupakan sektor yang tumbuh tinggi pada triwulan I-2017 yaitu sebesar 8,34%.

Sementara itu, total nilai investasi di sektor industri pengolahan pada triwulan I tahun 2017 sebesar Rp70,2 triliun. Nilai investasi di triwulan I-2017 ini lebih besar dibandingkan nilai investasi industri pengolahan secara keseluruhan pada tahun 2010 yang hanya sebesar Rp48,47 triliun.

"Tiga sektor industri dengan nilai investasi terbesar dari tahun 2010 adalah industri kimia dasar, barang kimia dan farmasi, industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronika, serta industri makanan," terangnya.

Untuk tenaga kerja, lanjut Menperin, total tenaga kerja sektor industri pada tahun 2017 sebesar 16,57 juta orang. Jika dibandingkan tahun 2010 yang jumlah tenaga kerja sektor industrinya sebesar 12,96 juta orang. "Maka jumlah tenaga kerja sektor industri telah meningkat sebesar 31,6 persen," kata Airlangga.

Secara global, total nilai tambah industri manufaktur mencapai US$ 11,9 triliun pada tahun 2016. Sekitar 78,465 terdistribusi di 15 negara dan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki Global MVA tertinggi. "Hal ini terbukti dengan masuknya Indonesia sebagai 10 besar negara manufktur dunia," imbuhnya.

Untuk menjawab tantangan pengembangan industri nasional, Kemenperin telah mempersiapkan kebijakan prioritas industri nasional yaitu, penguatan SDM melalui penguatan vokasi industri, pendalaman struktur industri melalui penguatan rantai nilai industri, industri padat karya dan orientasi ekspor, pengembangan IKM dengan platform digital, pengembangan industri berbasis SDA, serta pengembangan perwilayahan industri.

Airlangga berharap, semoga semangat anak-anak muda ini terus terpupuk sehingga bisa mendukung pertumbuhan industri di tanah air.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…