Menperin: Pemerintah Terus Dorong Infrastruktur Kawasan Industri

Oleh : Ridwan | Senin, 31 Juli 2017 - 17:31 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menghadiri acara Rakernas ke XVIII HKI yang digelar di Hotel JW Marriot, Surabaya
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menghadiri acara Rakernas ke XVIII HKI yang digelar di Hotel JW Marriot, Surabaya

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia terus melakukan percepatan pengembangan kawasan industri. Pada Rakernas ke XVIII HKI yang digelar di Hotel JW Marriot, Surabaya, Senin (31/7/2017), Ketua Umum HKI, Sanny Iskandar menyampaikan bahwa dalam pembangunan kawasan industri, hal utama yang diperlukan adalah soal pembangunan infrastuktur.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah akan mendukung pembangunan infrastruktur yang diajukan oleh HKI guna mendukung kawasan industri. Selain itu, hal tersebut juga masuk dalam proyek Strategis Nasional.

"Terkait dengan infrastruktur. Tentu pemerintah menilai kawasan industri itu masuk project strategi nasional. Infrastruktur akan dibangun oleh pemerintah, apakah jalan, pelabuhan," ungkap Airlangga.

Airlangga menambahkan, sebagian yang dilakukan pemerintah yakni, membangun akademi atau politeknik. Terkait infrastruktur jaringan listrik dan gas, lanjut Airlangga, pemerintah akan selektif membangun jaringannya.

"Pemerintah akan selektif dan melihat. Misalnya di kawasan industri di Makassar, itu akan dicari opsi-opsinya, itu karena kan dekat dengan sumber," tuturnya.

Seperti diketahui, kawasan industri memegang peranan yang cukup strategis dalam mendorong pembangunan dan perekonomian di Indonesia. Hal ini terlihat dari peningkatkan efisiensi dan kemudahan penyediaan infrastruktur serta upaya dalam menarik investasi dan menyediakan lapangan kerja yang luas.

"Prospek pengembangan kawasan industri di Indonesia masih menjanjikan seiring permintaan lahan kawasan industri yang semakin meningkat. Untuk itu, kawasan industri harus saling terkoneksi dan terintegrasi," katanya.

Menurut Menperin, pembangunan kawasan industri khususnya di luar Jawa berperan signifikan untuk mengakselerasi cita-cita pemerintah mewujudkan Indonesia sentris. “Kami fokus mendorong percepatan pembangunan kawasan industri luar Jawa, sebagai salah satu upaya pemerataan ekonomi nasional, termasuk dalam pengembangan industri kecil dan menengah,” ujarnya.

Pada momentum yang baik tersebut, Airlangga menyampaikan terima kasih kepada HKI yang telah memberikan kontribusi dan bersinergi dalam meningkatkan pertumbuhan industri nasional. "Semoga dengan kawasan industri ini, industri nasional kita semakin tumbuh dan maju," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…