Tahun Ayam Api, Otomotif Sektor Paling Semangat Patok Target

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Desember 2016 - 09:15 WIB

Ilustrasi pameran otomotif di Jakarta. (Agoes Rudianto/Anadolu Agency/Getty Images)
Ilustrasi pameran otomotif di Jakarta. (Agoes Rudianto/Anadolu Agency/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Kendati perekonomian Indonesia masih di selimuti ketidakpastian, pelaku industri masih optimis menatap tahun 2017. Indikasinya jelas nampak terlihat pada rencana belanja modal dan target-target yang di lontarkan oleh perusahaan. Sektor otomotif mungkin yang paling semangat mematok target di tahun depan.

Penjualan mobil baru hingga akhir tahun 2016 di perkirakan mencapai 1,05 juta unit, atau naik di banding tahun 2015 yang tercatat sebanyak 1,01 juta unit. Tren pertumbuhan ini di prediksi akan berlanjut di tahun 2017.

Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor yang di temui beberapa waktu lalu mengungkapkan " Penjualan mobil di tahun 2017 masih agak stagnan dengan sedikit bertumbuh menjadi sekitar 1,1 juta unit, atau naik 50 ribu unit. Ada beberapa faktor yang di perkirakan dapat mempengaruhi pasar otomotif 2017, antara lain pertumbuhan ekonomi nasional di atas 5% nilai tukar rupiah, suku bunga pinjaman yang kondusif, hingga munculnya produk baru yang terjangkau baik di segmen LCGC maupun MPV".

Ada beberapa segmen yang di perkirakan laku keras di tahun 2017, antara lain Low Cost Green Car (LCGC) dengan bertambahnya pilihan mobil baru LCGC 7 seater, alias LCGC MPV. Fenomena LCGC MPV ternyata sukses menarik konsumen otomotif di Tanah Air di tengah lesunya pasar sejak tahun lalu.

"Tantangan setiap tahun pasti ada, kuncinya adalah kesiapan merek sendiri dalam menciptakan produk-produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat" tambah Amelia.

Faktor utama yang mendorong penjualan mobil di tahun depan adalah pertumbuhan ekonomi yang stabil dan inflasi yang terkendali. Tren naiknya harga komoditas pertambangan maupun perkebunan membuat pertumbuhan ekonomi sehingga daya beli meningkat.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Charles Honoris.Komisi I DPR (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 17:17 WIB

DPR Apresiasi Sinergi TNI-Polri Bebaskan Sandera di Papua

Sinergi TNI-Polri membebaskan sandera dari kelompok bersenjata di Papua patut diapresiasi, karena menunjukkan bentuk kerja sama kelas satu yang telah menyelamatkan nyawa ratusan anak bangsa,…

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar

Sabtu, 18 November 2017 - 17:08 WIB

Kapolda Papua-Pangdam Cendrawasih Nyaris Tertembak

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar dan Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit dilaporkan nyaris tertembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata…

Ngerokok Cuma Bakar Uang (Foto Investor.co.id)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:40 WIB

Waspada, Candu Nikotin di Bawah Heroin-Kokain

Psikiater Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan Jakarta dr Adhi Wibowo Nurhidayat SpKJ(K) MPH mengatakan candu nikotin sangat berbahaya dan berada pada peringkat tiga setelah heroin dan kokain.

PT Astra International Tbk (ASII)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:32 WIB

Astra International Lakukan Pengobatan Gratis di Makassar

Puncak peringatan HUT Ke-60 PT Astra International Tbk yang dirangkaikan dengan Festival Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, diwarnai kegiatan pengobatan gratis di atas kapal "Doctor share".

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:28 WIB

RSCM Luncurkan Layanan Pemeriksaan Retinopati Keliling

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) meluncurkan pelayanan pemeriksaan retinopati untuk bayi prematur guna mencegah kebutaan yang akan bergerak secara keliling menyokong fasilitas rumah…