Tahun Ayam Api, Otomotif Sektor Paling Semangat Patok Target

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Desember 2016 - 09:15 WIB

Ilustrasi pameran otomotif di Jakarta. (Agoes Rudianto/Anadolu Agency/Getty Images)
Ilustrasi pameran otomotif di Jakarta. (Agoes Rudianto/Anadolu Agency/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Kendati perekonomian Indonesia masih di selimuti ketidakpastian, pelaku industri masih optimis menatap tahun 2017. Indikasinya jelas nampak terlihat pada rencana belanja modal dan target-target yang di lontarkan oleh perusahaan. Sektor otomotif mungkin yang paling semangat mematok target di tahun depan.

Penjualan mobil baru hingga akhir tahun 2016 di perkirakan mencapai 1,05 juta unit, atau naik di banding tahun 2015 yang tercatat sebanyak 1,01 juta unit. Tren pertumbuhan ini di prediksi akan berlanjut di tahun 2017.

Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor yang di temui beberapa waktu lalu mengungkapkan " Penjualan mobil di tahun 2017 masih agak stagnan dengan sedikit bertumbuh menjadi sekitar 1,1 juta unit, atau naik 50 ribu unit. Ada beberapa faktor yang di perkirakan dapat mempengaruhi pasar otomotif 2017, antara lain pertumbuhan ekonomi nasional di atas 5% nilai tukar rupiah, suku bunga pinjaman yang kondusif, hingga munculnya produk baru yang terjangkau baik di segmen LCGC maupun MPV".

Ada beberapa segmen yang di perkirakan laku keras di tahun 2017, antara lain Low Cost Green Car (LCGC) dengan bertambahnya pilihan mobil baru LCGC 7 seater, alias LCGC MPV. Fenomena LCGC MPV ternyata sukses menarik konsumen otomotif di Tanah Air di tengah lesunya pasar sejak tahun lalu.

"Tantangan setiap tahun pasti ada, kuncinya adalah kesiapan merek sendiri dalam menciptakan produk-produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat" tambah Amelia.

Faktor utama yang mendorong penjualan mobil di tahun depan adalah pertumbuhan ekonomi yang stabil dan inflasi yang terkendali. Tren naiknya harga komoditas pertambangan maupun perkebunan membuat pertumbuhan ekonomi sehingga daya beli meningkat.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Kamis, 21 September 2017 - 18:00 WIB

Indonesia Tawarkan Pelatihan Pasukan Penjaga Perdamaian

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia menawarkan pelatihan bagi calon personel pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa agar ada standarisasi untuk menjaga perdamaian…