Tahun Ayam Api, Otomotif Sektor Paling Semangat Patok Target

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Desember 2016 - 09:15 WIB

Ilustrasi pameran otomotif di Jakarta. (Agoes Rudianto/Anadolu Agency/Getty Images)
Ilustrasi pameran otomotif di Jakarta. (Agoes Rudianto/Anadolu Agency/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Kendati perekonomian Indonesia masih di selimuti ketidakpastian, pelaku industri masih optimis menatap tahun 2017. Indikasinya jelas nampak terlihat pada rencana belanja modal dan target-target yang di lontarkan oleh perusahaan. Sektor otomotif mungkin yang paling semangat mematok target di tahun depan.

Penjualan mobil baru hingga akhir tahun 2016 di perkirakan mencapai 1,05 juta unit, atau naik di banding tahun 2015 yang tercatat sebanyak 1,01 juta unit. Tren pertumbuhan ini di prediksi akan berlanjut di tahun 2017.

Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor yang di temui beberapa waktu lalu mengungkapkan " Penjualan mobil di tahun 2017 masih agak stagnan dengan sedikit bertumbuh menjadi sekitar 1,1 juta unit, atau naik 50 ribu unit. Ada beberapa faktor yang di perkirakan dapat mempengaruhi pasar otomotif 2017, antara lain pertumbuhan ekonomi nasional di atas 5% nilai tukar rupiah, suku bunga pinjaman yang kondusif, hingga munculnya produk baru yang terjangkau baik di segmen LCGC maupun MPV".

Ada beberapa segmen yang di perkirakan laku keras di tahun 2017, antara lain Low Cost Green Car (LCGC) dengan bertambahnya pilihan mobil baru LCGC 7 seater, alias LCGC MPV. Fenomena LCGC MPV ternyata sukses menarik konsumen otomotif di Tanah Air di tengah lesunya pasar sejak tahun lalu.

"Tantangan setiap tahun pasti ada, kuncinya adalah kesiapan merek sendiri dalam menciptakan produk-produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat" tambah Amelia.

Faktor utama yang mendorong penjualan mobil di tahun depan adalah pertumbuhan ekonomi yang stabil dan inflasi yang terkendali. Tren naiknya harga komoditas pertambangan maupun perkebunan membuat pertumbuhan ekonomi sehingga daya beli meningkat.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…