Tahun Ayam Api, Otomotif Sektor Paling Semangat Patok Target

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Desember 2016 - 09:15 WIB

Ilustrasi pameran otomotif di Jakarta. (Agoes Rudianto/Anadolu Agency/Getty Images)
Ilustrasi pameran otomotif di Jakarta. (Agoes Rudianto/Anadolu Agency/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Kendati perekonomian Indonesia masih di selimuti ketidakpastian, pelaku industri masih optimis menatap tahun 2017. Indikasinya jelas nampak terlihat pada rencana belanja modal dan target-target yang di lontarkan oleh perusahaan. Sektor otomotif mungkin yang paling semangat mematok target di tahun depan.

Penjualan mobil baru hingga akhir tahun 2016 di perkirakan mencapai 1,05 juta unit, atau naik di banding tahun 2015 yang tercatat sebanyak 1,01 juta unit. Tren pertumbuhan ini di prediksi akan berlanjut di tahun 2017.

Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor yang di temui beberapa waktu lalu mengungkapkan " Penjualan mobil di tahun 2017 masih agak stagnan dengan sedikit bertumbuh menjadi sekitar 1,1 juta unit, atau naik 50 ribu unit. Ada beberapa faktor yang di perkirakan dapat mempengaruhi pasar otomotif 2017, antara lain pertumbuhan ekonomi nasional di atas 5% nilai tukar rupiah, suku bunga pinjaman yang kondusif, hingga munculnya produk baru yang terjangkau baik di segmen LCGC maupun MPV".

Ada beberapa segmen yang di perkirakan laku keras di tahun 2017, antara lain Low Cost Green Car (LCGC) dengan bertambahnya pilihan mobil baru LCGC 7 seater, alias LCGC MPV. Fenomena LCGC MPV ternyata sukses menarik konsumen otomotif di Tanah Air di tengah lesunya pasar sejak tahun lalu.

"Tantangan setiap tahun pasti ada, kuncinya adalah kesiapan merek sendiri dalam menciptakan produk-produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat" tambah Amelia.

Faktor utama yang mendorong penjualan mobil di tahun depan adalah pertumbuhan ekonomi yang stabil dan inflasi yang terkendali. Tren naiknya harga komoditas pertambangan maupun perkebunan membuat pertumbuhan ekonomi sehingga daya beli meningkat.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Taspen. (Foto: IST)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:01 WIB

TASPEN Gandeng TelkomGroup Layani Pensiun

PT TASPEN (PERSERO) bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) serta Mitra Bayar Pensiun melakukan launching Digitalisasi…

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea…

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:59 WIB

Jelang Jabar 1, Kang Emil Tinggalkan Rumah Dinas

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meninggalkan rumah dinasnya di Pendopo seiring dengan keikutsertaan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:37 WIB

1.126 Calon Kepala Daerah Lapor Harta Kekayaan

Beberapa jam sebelum batas akhir pendaftaran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hari Minggu (20/1/2018) baru 1.126 bakal calon kepala daerah yang melapor ke KPK.

Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:00 WIB

Sriwijaya Air Tahun Ini, Fasilitasi Wisatawan ke Indonesia Kawasan Timur

Permudah akses ke Kawasan Indonesia Timur, maskapai penerbangan Sriwijaya Air Group memfasilitasi wisatawan terbang ke destinasi wisata di Timur Indonesia pada tahun 2018 ini.