Daihatsu Siap Produksi Massal Mobil Murah Rp 70 Jutaan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 31 Juli 2017 - 13:54 WIB

Pameran Daihatsu (ist)
Pameran Daihatsu (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Toyota belakangan telah mengakuisisi Daihatsu secara penuh. Artinya Daihatsu kini merupakan bagian dari unit bisnis yang dikontrol Toyota.

Usai dicaplok sepenuhnya oleh Toyota, kini Daihatsu ditugaskan untuk merobohkan pasar Suzuki dan Hyundai di India yang menghegemoni penjualan mobil-mobil di segmen entry level.

Meski belum mengumumkan produk-produk apa yang akan dibawa Daihatsu ke India, namun sebuah laporan dari Businessworld menyebutkan jika mereka telah mendekati vendor suku cadang Datsun. Daihatsu bahkan dikatakan sangat serius dan bersemangat melihat potensi pasar India. Demikian dilansir Indianautosblog, Selasa 4 Juli 2017.

Menurut keterangan seorang eksekutif sebuah perusahaan komponen mobil yang memasok ke Datsun India dan Indonesia, Daihatsu mendekati perusahaan tersebut untuk melakukan kolaborasi untuk lini produknya. Sumber tersebut mengatakan, bahwa produsen mobil Jepang tersebut berencana untuk mengembangkan mobil yang berada di bawah Toyota Etios dan menjualnya dengan harga murah.

"Ini akan membawa mereka (Daihatsu) sekitar dua sampai tiga tahun menjualnya di pasar domestik," tambah sumber tersebut.

Sementara itu Senior Vice President and Director Sales Marketing Toyota Kirloskar N. Raja mengatakan, pihaknya bersama Daihatsu memang sudah melakukan pembicaraan lanjutan mengenai calon mobil murah mereka yang akan menyasar negara-negara berkembang termasuk India.

Meski demikian, Raja menyatakan bahwa Toyota dan Daihatsu belum sampai pada tahap keputusan, termasuk mengenai produk tersebut.

Daihatsu direncanakan dapat membuat jalur produksi India di pabrik Bidadi, dekat Bangalore. Mobil ini diperkirakan akan debut di Auto Expo 2020 mendatang dengan rentang harga 3,4 lakh sampai 4,5 lakh atau setara Rp70 jutaan sampai Rp92 jutaan untuk bersaing dengan Suzuki Alto, Renault Kwid dan Hyundai Eon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Apindo. (Foto: IST)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Dunia Usaha Mengeluh, Apindo Minta Pasal-Pasal RUU SDA Dianulir

RUU Sumber Daya Air yang saat ini sedang di godok di DPR menimbulkan banyak persoalan. Banyak pihak melihat pasal-pasal dalam RUU SDA harus di anulir. Hal itu disampaikan Tim Kajian Publik Asosiasi…

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Menhub Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Keselamatan Pelabuhan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan keselamatan pelabuhan di Indonesia.

Basarnas (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00…

Kecelakaan mobil di jalan raya (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

Libur Lebaran 2018, Angka Kecelakaan dan Pelanggaran di Jatim Menurun

Angka kecelakaan lalu lintas (laka) dan pelanggaran pada "Operasi Ketupat Semeru 2018" untuk mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik Lebaran di wilayah Jawa Timur hingga hari ke-14 menurun…

Danau Toba (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

DPR Desak Kemenhub Segera Benahi Semua Transportasi Air

Tim SAR Gabungan dan Posko Harian Mudik Nasional Kementerian Perhubungan diharapkan dapat bekerja maksimal mencari dan menemukan korban hilang pada tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan…