Daihatsu Siap Produksi Massal Mobil Murah Rp 70 Jutaan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 31 Juli 2017 - 13:54 WIB

Pameran Daihatsu (ist)
Pameran Daihatsu (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Toyota belakangan telah mengakuisisi Daihatsu secara penuh. Artinya Daihatsu kini merupakan bagian dari unit bisnis yang dikontrol Toyota.

Usai dicaplok sepenuhnya oleh Toyota, kini Daihatsu ditugaskan untuk merobohkan pasar Suzuki dan Hyundai di India yang menghegemoni penjualan mobil-mobil di segmen entry level.

Meski belum mengumumkan produk-produk apa yang akan dibawa Daihatsu ke India, namun sebuah laporan dari Businessworld menyebutkan jika mereka telah mendekati vendor suku cadang Datsun. Daihatsu bahkan dikatakan sangat serius dan bersemangat melihat potensi pasar India. Demikian dilansir Indianautosblog, Selasa 4 Juli 2017.

Menurut keterangan seorang eksekutif sebuah perusahaan komponen mobil yang memasok ke Datsun India dan Indonesia, Daihatsu mendekati perusahaan tersebut untuk melakukan kolaborasi untuk lini produknya. Sumber tersebut mengatakan, bahwa produsen mobil Jepang tersebut berencana untuk mengembangkan mobil yang berada di bawah Toyota Etios dan menjualnya dengan harga murah.

"Ini akan membawa mereka (Daihatsu) sekitar dua sampai tiga tahun menjualnya di pasar domestik," tambah sumber tersebut.

Sementara itu Senior Vice President and Director Sales Marketing Toyota Kirloskar N. Raja mengatakan, pihaknya bersama Daihatsu memang sudah melakukan pembicaraan lanjutan mengenai calon mobil murah mereka yang akan menyasar negara-negara berkembang termasuk India.

Meski demikian, Raja menyatakan bahwa Toyota dan Daihatsu belum sampai pada tahap keputusan, termasuk mengenai produk tersebut.

Daihatsu direncanakan dapat membuat jalur produksi India di paik Bidadi, dekat Bangalore. Mobil ini diperkirakan akan debut di Auto Expo 2020 mendatang dengan rentang harga 3,4 lakh sampai 4,5 lakh atau setara Rp70 jutaan sampai Rp92 jutaan untuk bersaing dengan Suzuki Alto, Renault Kwid dan Hyundai Eon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agung Sedayu Group kembali menjadi yang teratas dalam ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Jumat, 21 September 2018 - 14:35 WIB

Sejumlah Developer Kenamaan Tanah Air Raih Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Para pengembang Indonesia menunjukkan inovasi real estat masing-masing dalam acara gala dinner PropertyGuru Indonesia Property Awards tahun ke-4, yang dipersembahkan oleh Kohler di Ballromm…

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

MICE Perlu Penanganan Lebih Serius

Kementerian Pariwisata meminta komitmen para kepala daerah untuk secara serius memajukan wisata bisnis atau yang dikenal juga sebagai wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition).

Bank Bukopin Luncurkan Kartu Debit Mastercard

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

Gandeng Mastercard, Bank Bukopin Luncurkan Kartu Debit Mastercard

Pemegang Kartu Debit Bukopin Mastercard selanjutnya juga dapat menikmati berbagai promo menarik di berbagai toko ataumerchantyang bekerjasama, sepertiberbagai programdiskondancashbackmenarik.

Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Istimewa)

Jumat, 21 September 2018 - 14:15 WIB

Sejumlah Strategi Diperkuat Terkait Kunjungan Wisman

Kementerian Pariwisata memperkuat strategi pemasaran ke luar negeri untuk mencapai target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara pada 2018.

MasterCard (ist)

Jumat, 21 September 2018 - 14:15 WIB

Mastercard Bekerja Sama dengan League of Legends sebagai Mitra Global Pertama dari Esport

Perjanjian global pertama ini menandakan dukungan Mastercard terhadap komunitasesportssekaligus memperluas portofolio perusahaan dalam bidang olahraga dan hiburan kelas dunia.