Daihatsu Siap Produksi Massal Mobil Murah Rp 70 Jutaan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 31 Juli 2017 - 13:54 WIB

Pameran Daihatsu (ist)
Pameran Daihatsu (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Toyota belakangan telah mengakuisisi Daihatsu secara penuh. Artinya Daihatsu kini merupakan bagian dari unit bisnis yang dikontrol Toyota.

Usai dicaplok sepenuhnya oleh Toyota, kini Daihatsu ditugaskan untuk merobohkan pasar Suzuki dan Hyundai di India yang menghegemoni penjualan mobil-mobil di segmen entry level.

Meski belum mengumumkan produk-produk apa yang akan dibawa Daihatsu ke India, namun sebuah laporan dari Businessworld menyebutkan jika mereka telah mendekati vendor suku cadang Datsun. Daihatsu bahkan dikatakan sangat serius dan bersemangat melihat potensi pasar India. Demikian dilansir Indianautosblog, Selasa 4 Juli 2017.

Menurut keterangan seorang eksekutif sebuah perusahaan komponen mobil yang memasok ke Datsun India dan Indonesia, Daihatsu mendekati perusahaan tersebut untuk melakukan kolaborasi untuk lini produknya. Sumber tersebut mengatakan, bahwa produsen mobil Jepang tersebut berencana untuk mengembangkan mobil yang berada di bawah Toyota Etios dan menjualnya dengan harga murah.

"Ini akan membawa mereka (Daihatsu) sekitar dua sampai tiga tahun menjualnya di pasar domestik," tambah sumber tersebut.

Sementara itu Senior Vice President and Director Sales Marketing Toyota Kirloskar N. Raja mengatakan, pihaknya bersama Daihatsu memang sudah melakukan pembicaraan lanjutan mengenai calon mobil murah mereka yang akan menyasar negara-negara berkembang termasuk India.

Meski demikian, Raja menyatakan bahwa Toyota dan Daihatsu belum sampai pada tahap keputusan, termasuk mengenai produk tersebut.

Daihatsu direncanakan dapat membuat jalur produksi India di pabrik Bidadi, dekat Bangalore. Mobil ini diperkirakan akan debut di Auto Expo 2020 mendatang dengan rentang harga 3,4 lakh sampai 4,5 lakh atau setara Rp70 jutaan sampai Rp92 jutaan untuk bersaing dengan Suzuki Alto, Renault Kwid dan Hyundai Eon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Huawei

Senin, 18 Desember 2017 - 15:33 WIB

Huawei Diperkirakan Akan Luncurkan P11 Diawal 2018 Mendatang

Huawei lanjutkan kerjasama dengan produsen kamera asal Jerman , Leica yang akan meluncurkan Huawei P11 yang diperkirakan akan diluncurkan pada awal tahun 2018 mendatang.

Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 15:30 WIB

2018, Serangkaian Event Olahraga dan Agenda Pariwisata Bakal Hadir Meriahkan Batam

Selain meningkatkan pariwisata di Kepulauan Riau, Badan Pengusahaan (BP) Batam memiliki beberapa agenda untuk meningkatkan ekonomi terutama dari bidang pariwisata.

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Senin, 18 Desember 2017 - 15:14 WIB

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Lapora terbaru Economic Insight: South-East Asia mengungkapkan, prospek perkembangan Indonesia tertahan oleh belanja konsumen yang lesu. Namun, pertumbuhan masih diperkirakan akan naik hingga…

Gedung Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 15:00 WIB

BI Siap Beri Sangsi Perusahaan Pembayaran Tak Berijin

Bank Indonesia (BI) berkomitmen menjaga perlindungan konsumen dan sekaligus keberlangsungan usaha pada pelaku jasa sistem pembayaran.

Go-Jek (ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 14:30 WIB

Bank Indonesia Proses Ijin Akuisisi Gojek

Bank Indonesia (BI) sedang memproses perijinan akuisisi Gojek terhadap dua perusahaan calon jasa sistem pembayaran. Meskipum Gojek bukan pelaku jasa sistem pembayaran tetap harus ijin ke BI.…