Penutupan Festival Erau Katim Dihadri 19 Duta Besar

Oleh : Herry Barus | Minggu, 30 Juli 2017 - 17:10 WIB

Wisata Kalimantan (Foto iDok Industry.co.id)
Wisata Kalimantan (Foto iDok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penutupan Festival Adat Kutai Erau atau Erau International Folk Arts Festival (EIFAF) dihadiri 19 duta besar negara sahabat di Museum Mulawarman, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Minggu (30/7/2017)

"Festival Erau ini sudah dikenal masyarakat luas dan menjadi festival terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia 2016," ujar Bupati Kutai Kertanegara, Rita Widyasari dalam sambutannya.

Rita Widyasari menjelaskan Festival Erau berhasil mendatangkan sebanyak 15.000 wisatawan setiap harinya ke Tenggarong. Selain itu penutupan Festival Erau itu juga dihadiri sebanyak 19 duta besar negara sahabat.

"Suatu kehormatan bagi kami didatangi sebanyak 19 duta besar negara sahabat".

Rita menjelaskan target pada pelaksanaan Festival Erau 2017 tercapai. Hal itu terjadi karena kerja sama yang baik dengan pihak Kesultanan Kutai Kertanegara Ing Martadipura.

Rita menjelaskan penutupan Festival Erau merupakan momen spesial bagi masyarakat karena ada acara Belimbur, yakni tradisi penyucian diri sesudah Erau. Dia mengatakan Belimbur jika diiringi dengan niat yang tulus maka biasanya dikabulkan.

"Kami berharap ke depan festival ini lebih meriah lagi".

Festival Rakyat Internasional Erau atau Erau International Folk Arts Festival (EIFAF) yang diselenggarakan di Tenggarong, 22 Juli hingga 30 Juli diikuti delapan negara sahabat. Negara-negara tersebut yakni Korea Selatan, Jepang, Polandia, Bulgaria, India, Slowakia, Thailand, dan Taiwan.

Acara Belimbur dilakukan usai acara Mengulur Naga.Setelah acara "Ngulur Naga" atau "Mengulur Naga" selesai dilanjutkan acara "Belimbur". Belimbur dimulai setelah Air Tuli dari Kutai Lama tiba di Tenggarong, lalu digelar prosesi Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehuddin II naik ke balai yang terbuat dari bambu kuning atau Rangga Titi.

Sultan kemudian memercikkan Air Tuli ke dirinya sendiri dengan mayang pinang lalu setelah itu, dipercikkan ke orang-orang di sekelilingnya. Saat Sultan memercikkan air ke orang di sekitarnya itulah yang menjadi tanda "Belimbur" dimulai.

Dari pantauan Antara, hampir di semua sudut kota dilakukan tradisi Belimbur. Masyarakat menanti di depan rumah dan menyiram orang yang lewat dengan air. Belimbur dilakukan dari pukul 11.00 hingga 15.00 WITA.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat Pameran Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Foto: Kemenperin)

Rabu, 27 Maret 2019 - 10:10 WIB

Menperin Dorong Warga Binaan Lapas Pasarkan Produk Lewat e-Smart IKM

Ditengah bergulirnya era industri 4.0 dan ekonomi digital, pasar online kini menjadi suatu basis penting dalam memajukan industri dalam negeri sekaligus sebagai unjuk taji produk dalam negeri…

Kementerian PUPR Lakukan Penghijauan di Ruas Tol Bocimi

Rabu, 27 Maret 2019 - 10:00 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Penghijauan di Ruas Tol Bocimi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan berbagai upaya penghijauan di sekitar lokasi infrastruktur yang telah dibangun seperti pada bendungan, sungai, embung,…

President Special Needs Center kunjungi Senior Living D'Khayangan

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:45 WIB

Peringati Hari Down Sydrome Sedunia, Puluhan Anak Hebat Bersuka Ria Bersama di Senior Living D'Khayangan

Bertepatan dengan Hari Down Sydrome Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret setiap tahunnya, President Special Needs Center mengunjungi Senior Living D'Khayangan untuk bersuka ria bersama para…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.