Penutupan Festival Erau Katim Dihadri 19 Duta Besar

Oleh : Herry Barus | Minggu, 30 Juli 2017 - 17:10 WIB

Wisata Kalimantan (Foto iDok Industry.co.id)
Wisata Kalimantan (Foto iDok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penutupan Festival Adat Kutai Erau atau Erau International Folk Arts Festival (EIFAF) dihadiri 19 duta besar negara sahabat di Museum Mulawarman, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Minggu (30/7/2017)

"Festival Erau ini sudah dikenal masyarakat luas dan menjadi festival terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia 2016," ujar Bupati Kutai Kertanegara, Rita Widyasari dalam sambutannya.

Rita Widyasari menjelaskan Festival Erau berhasil mendatangkan sebanyak 15.000 wisatawan setiap harinya ke Tenggarong. Selain itu penutupan Festival Erau itu juga dihadiri sebanyak 19 duta besar negara sahabat.

"Suatu kehormatan bagi kami didatangi sebanyak 19 duta besar negara sahabat".

Rita menjelaskan target pada pelaksanaan Festival Erau 2017 tercapai. Hal itu terjadi karena kerja sama yang baik dengan pihak Kesultanan Kutai Kertanegara Ing Martadipura.

Rita menjelaskan penutupan Festival Erau merupakan momen spesial bagi masyarakat karena ada acara Belimbur, yakni tradisi penyucian diri sesudah Erau. Dia mengatakan Belimbur jika diiringi dengan niat yang tulus maka biasanya dikabulkan.

"Kami berharap ke depan festival ini lebih meriah lagi".

Festival Rakyat Internasional Erau atau Erau International Folk Arts Festival (EIFAF) yang diselenggarakan di Tenggarong, 22 Juli hingga 30 Juli diikuti delapan negara sahabat. Negara-negara tersebut yakni Korea Selatan, Jepang, Polandia, Bulgaria, India, Slowakia, Thailand, dan Taiwan.

Acara Belimbur dilakukan usai acara Mengulur Naga.Setelah acara "Ngulur Naga" atau "Mengulur Naga" selesai dilanjutkan acara "Belimbur". Belimbur dimulai setelah Air Tuli dari Kutai Lama tiba di Tenggarong, lalu digelar prosesi Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehuddin II naik ke balai yang terbuat dari bambu kuning atau Rangga Titi.

Sultan kemudian memercikkan Air Tuli ke dirinya sendiri dengan mayang pinang lalu setelah itu, dipercikkan ke orang-orang di sekelilingnya. Saat Sultan memercikkan air ke orang di sekitarnya itulah yang menjadi tanda "Belimbur" dimulai.

Dari pantauan Antara, hampir di semua sudut kota dilakukan tradisi Belimbur. Masyarakat menanti di depan rumah dan menyiram orang yang lewat dengan air. Belimbur dilakukan dari pukul 11.00 hingga 15.00 WITA.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat berfoto bersama penerima penghargaan Kemenperin (Foto: Dok. Industry.co id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:30 WIB

Menperin Berikan Tujuh Kategori Penghargaan Kepada Unit Satuan Kerja di Lingkungan Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar acara "Penganugerahan Penghargaan Kementerian Perindustrian" yang digelar di Ruang Garuda Kemenperin, Jakarta.

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB (Foto Humas)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:23 WIB

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyalurkan sejumlah bantuan untuk para penggungsi akibat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…