Menperin: Alat Angkut Perkebunan Miliki Potensi Pasar Cukup Besar

Oleh : Ridwan | Jumat, 28 Juli 2017 - 15:48 WIB

Menperin Airlangga Hartarto apresiasi ekspor perdana Wintor ke Malaysia (Foto Ridwan)
Menperin Airlangga Hartarto apresiasi ekspor perdana Wintor ke Malaysia (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Cikarang- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasi kepada PT Astra Otoparts atas keberhasilannya dalam melakukan penjualan perdana alat angkut tandan buah segar, Wintor ke negeri jiran, Malaysia. Dimana produk tersebut memiliki tingkat komponen lokal mencapai 86 persen.

"Hal ini menjadi bukti nyata komitmen PT Astra Otoparts sebagai panutan penggerak ekononi nasional dengan keunggulan produk lokal yang berdaya saing ekspor ke manca negara," ungkap Airlangga Hartarto saat acara peresmian ekspor perdana Wintor di Cikarang, Bekasi, Jum'at (28/7/2017).

Meningkatnya kebutuhan akan sarana transportasi, khususnya kendaraan bermotor berperan penting dalam memacu tumbuh kembangnya industri otomotif di Indonesia.

"Pengembangan industri otomotif memiliki multiflier effect yang cukup luas. Disamping menciptakan aktivitas ekonomi pada kegiatan perakitan dan manufaktur komponen, juga menimbulkan kegiatan ekonomi pada sektor distribusi sampai pada aktivitas pelayanan purna jualnya," terangnya.

Menurutnya, potensi pasar dalam negeri yang sangat besar dan memiliki kecenderungan meningkat setiap tahun, dimana total produksi KBM tahun 2016 mencapai 1,17 juta unit dan penjualan mencapai 1,06 juta unit.

"Masih terdapat segmen-segmen tertentu yang berpeluang untuk dikembangkan di dalam negeri, seperti kebutuhan alat angkut perkebunan kelapa sawit," kata Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan, pemerintah menodorng PT Astra Otoparts agar terus melakukan inovasi produk dan investasi di bidang alat angkut perkebunan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi kegiatan pasca panen, serta dapat menjadikan Indonesia sebagai export hub alat angkut perkebunan di pasar ASEAN maupun global.

Airlangga meyakini dengan besarnya potensi kebutuhan alat angkut perkebunan di pasar domestik maupun internasional akan menjadikan Wintor sebagai kendaraan lokal yang mampu bersaing di pasar global.

"Saya yakin Wintor dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis Astra Otoparts di Indonesia ke depan maupun perekonomian nasional Indonesia secara keseluruhan," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.