Dewan Pers Sambut Baik Kehadiran Serikat Media Siber Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 27 Juli 2017 - 04:53 WIB

Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo (Foto: ist)
Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo (Foto: ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Ketua Dewan Pers, Yoseph Adi Prasetyo, hadir dan menjadi pembicara dalam acara Rakernas I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Surabaya,

Kehadirannya ini sebagai bukti bahwa dia menyambut baik kehadiran SMSI yang bisa memayungi media online.

"Saya hadir di Rakernas sebagai komitmen dan saya menyambut baik kehadiran SMSI karena ada kevakuman. Radio, televisi, surat kabar sudah memiliki konstituen sementara online belum," jelasnya Rabu (26/7/2017)

Menurutnya, SMSI sudah memenuhi syarat yang ditetapkan Dewan Pers yakni telah mencapai syarat asosiasi media sebagai konstituen Dewan Pers.

Syarat tersebut adalah SMSI telah memiliki kepengurusan berikut Akta, AD, ART, kepengurusan telah mempresentasikan kepemilikan perusahaan media, beranggotakan minimal 200 perusahaan media serta memiliki cabang dan kepengurusanny di minimal 15 propinsi di Indonesia.

"Jumat, 1 September 2017 silakan daftar ke Dewan Pers sebagai konstituen dan bersama Dewan Pers merumuskan kebijakan. Nanti SMSI jadi konstituen yang ke-8, ungkap Stanley, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu, Stanley menyampaikan tren media siber terus meningkat. Tapi apakah hal itu dibarengi dengan meningkatnya iklan, dia memastikan tidak. Karena yang mendapat iklan adalah penyedia jasa internet. Ini menjadi salah satu kendala kenapa iklan belum masuk. Karena masih adanya feednews dan hoax di sosial media.

Karena itu, dia mengingatkan, tugas SMSI adalah membereskan media online dari berita hoax dengan demikian media online akan meraih kepercayaan publik.

Catatan Dewan Pers data jumlah pembaca media, untuk pembaca media cetak menurun 30 persen, pendengar radio menurun 10 persen, pemirsa televisi meningkat 200 persen. Sementara pembaca media siber saat ini meningkat 500 persen.

Tumbuhnya jurnalisme di media online dan juga kualitas konten belum seiring sejalan dengan iklan padahal pertumbuhan media online ini menjanjikan.

Sementara itu, Ketua Umum SMSI, Teguh Santosa, menyampaikan terima kasih atas kesempatan emas yang diberikan Ketua Dewan Pers tersebut. Dia meyakinkan bahwa SMSI sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta Dewan Pers. Akta pendirian, AD dan ART, juga kepengerusan di minimal 15 provinsi dan anggota minimal 200 perusahaan media.

"Saat ini SMSI sudah memiliki kepengurusan di 27 provinsi. Dan anggota di setiap provinsi antara 20 hingga 50 perusahaan media. Bahkan di Jawa Timur saja anggota SMSI sebanyak 100 perusahaan media," ungkapnya.

Lebih lanjut Teguh mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan proses pendaftaran. "Kami akan bawa semua dokumen persyaratan ke Dewan Pers pada tanggal 1 September 2017. Kami akan membawa bukan hanya pengurus pusat, tapi juga pengurus daerah dan dewan penasihat," pungkas Teguh.

Sementara itu saat ditemui awak media, Ketua Dewan Penasehat Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI) Provinsi DKI Jakarta, Hj. Endang Werdiningsih berharap SMSI Provinsi DKI Jakarta yang diketuai Nandi Nanti harus selalu update perkembangan media siber yang ada di seluruh dunia sehingga bisa terus berkembang.

Endang yang juga Ketua PWI DKI Jakarta dalam percakapan dengan awak media di sela-sela Rakernas I SMSI, Rabu (26/7/2017) mengatakan SMSI DKI Jakarta dapat menjadi wadah dalam arti luas dari media siber yang ada di Provinsi DKI Jakarta.

"Jadi bukan hanya sekadar wadah bergabungnya media- media siber saja, atau hanya digunakan untuk memverifikasi sebuah media siber layak atau tidak menjadi anggota SMSI, tapi lebih dari itu,harap Endang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…