SMSI DKI Jakarta Harus Ikuti Perkembangan Media Siber Dunia

Oleh : Herry Barus | Rabu, 26 Juli 2017 - 19:40 WIB

etua Dewan Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi DKI Jakarta, Hj. Endang Werdiningsih (Foto Ist)
etua Dewan Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi DKI Jakarta, Hj. Endang Werdiningsih (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya– Ketua Dewan Penasehat Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI) Provinsi DKI Jakarta, Hj. Endang Werdiningsih berharap SMSI Provinsi DKI Jakarta yang diketuai Nandi Nanti harus selalu update perkembangan media siber yang ada di seluruh dunia sehingga bisa terus berkembang.

Endang yang juga Ketua PWI DKI Jakarta dalam percakapan dengan awak media di sela-sela Rakernas I SMSI, Rabu (26/7/2017) mengatakan SMSI DKI Jakarta dapat menjadi wadah dalam arti luas dari media siber yang ada di  Provinsi DKI Jakarta.

"Jadi bukan hanya sekadar wadah bergabungnya media- media siber  saja, atau hanya digunakan untuk memverifikasi sebuah media siber layak atau tidak  menjadi anggota SMSI, tapi lebih dari itu,”harap Endang.

Endang menyadari bahwa  perkembangan ICT saat ini luar biasa cepatnya. Berkaitan dengan hal tersebut dia meminta agar  Wakil Ketua Bidang IT dapat aktif menginformasikan kepada anggota SMSI  Provinsi Jakarta tentang perkembangan media siber di dunia dengan  cara menyelenggarakan seminar-seminar dan  mengundang para pakar di bidangnya masing-masing.

Selain itu Endang berharap agar SMSI juga dapat memikirkan kelangsungan hidup  media siber yang menjadi anggotanya dengan cara sharing atau mengundang para pakar dalam forum diskusi tentang bagaimana menaikan pageview, menaikan rangking seperti halnya Alexa Rangking juga memikirkan bagaimana mendapatkan pemasukan  dan hal-hal yang  berkaitan dengan itu.

Terpenting menurut Endang adalah SMSI DKI Jakarta harus bisa  mengarahkan anggotanya dalam hal ini para pengusaha media siber agar mereka menanamkan kepada wartawannya  dalam menjalankan tugasnya dan menulis berita berpedoman pada UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

“Para pemilik media siber yang menjadi anggota SMSIDKI Jakarta agar memberikan arahan pada wartawannya untuk menulis berita  nyata dari sumber yang dapat dipercaya, berita berita yang membangun dan membawa kedamaian dan ketentraman di negeri ini .Jadi hindari  menulis berita hoax maupun berita yang menghasut,”pinta Endang.

Generasi Mileneal

Ditegaskan Endang bahwa pelaku bisnis media online  harus berani membuka mata dan  telinga. Selain itu, juga harus mengakui bahwa media online saat ini lebih banyak dilihat, dibaca dan diminati oleh generasi sekarang yang merupakan generasi millennial di era digital maupun generasi Neo Millennial.

Dengan adanya teknologi yang ada saat ini, serta kemudahan-kemudahan yang disediakan maka menurut Endang kita sangat bisa mengakses segala bentuk informasi tanpa terkendala ruang dan waktu.

Secara simple Endang mencontohkan, dulu jika kita berencana ingin memasak suatu masakan yang  kita inginkan, kita terlebih dahulu harus mencarinya di majalah atau buku masak di toko-toko buku terdekat. Berbeda dengan sekarang, dengan adanya kemudahan teknologi, kita hanya tinggal "klik" dan menulis resep masakan yang kita butuhkan, lalu  secara otomatis semuanya sudah dapat kita peroleh informasi yang kita butuhkan.

Jadi, kata Endang dengan berkembangnya teknologi internet maka media siber merupakan media yg dibutuhkan pada saat ini dan di masa mendatang.Artinya prospek media  siber luar biasa.

Disinggung soal program kerja SMSI DKI Jakarta, Nandi Nanti menjelaskan bahwa dalam Rakernas pertama SMSI  di Surabaya, SMSI DKI Jakarta akan mematangkan program-program organisasi ke depan di antaranya fokus kepada peningkatan keanggotaan SMSI DKI Jakarta, verifikasi keanggotaan dan calon anggota serta kelengkapan admistratif organisasi.  

Untuk diketahui, media siber merupakan wujud berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang kini telah mengubah lanskap ruang publik di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Individu tidak lagi menjadi audiens yang pasif. Dengan akses luas ke dunia maya, setiap individu juga bisa menjadi produsen informasi.

 

 

Dalam kesempatan lain Ketua Umum SMSI, Teguh Santosa mengatakan Kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI) Provinsi DKI Jakarta yang baru terbentuk Senin (10/7/2017) bertempat di kantor PWI DKI Jaya diharapkan dapat bekerja menciptakan iklim usaha yang sehat.

Kerjasama dengan organisasi wartawan, terutama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), sangat diperlukan, karena bagaimana pun juga ada simbiosis mutualisme antara perusahaan media dengan pekerja pers.                       

Menurut Teguh yang juga Pemimpin Umum Rakyat Merdeka Online (RMOL), tantangan yang dihadapi media massa berbasis internet atau media siber di tengah perkembangan ICT yang semakin hebat belakangan semakin besar.

Di satu sisi, perkembangan ICT memperluas ruang publik. Di sisi lain, mempertajam persaingan antar media siber.

Belum lagi tambah Teguh, ruang publik yang semakin luas itu juga sangat rentan digunakan untuk tindakan-tindakan yang tidak konstruktif, seperti penyebaran rasa kebencian, kabar bohong dan fitnah.

“Saya berharap, Serikat Media Siber Indonesia menjadi forum yang dapat membantu pemilik dan pengelola media siber dalam menghadapi tantangan-tantangan itu. Terlebih di Jakarta yang menjadi barometer kondisi mesia siber di level nasional,”ungkap Teguh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…