Kemendikbud dan Kemenko Kemaritiman Kerjasama Adakan Festival Film Pendek Maritim

Oleh : Amazon Dalimunthe | Rabu, 26 Juli 2017 - 09:49 WIB

Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid
Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid

INDUSTRY.co.id - Sebagai negara Bahari, Indonesia memiliki banyak hal untuk dikembangkan melalui industri kemaritiman. Namun sayang pengetahuan tentang kemaritiman masih terbatas pada soal laut saja. Padahal banyak hal yang bisa ditampilkan atau diekplorasi dari dunia maritim.  Untuk itulah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Koordinator Kemaritiman melakukan kerjasama untuk mengadakan festival film Pendek Maritim .

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengungkapkan ada banyak tujuan dan sasaran yang bisa dicapai dengan festival film pendek ini. Selain untuk menyalurkan energi generasi muda untuk berekspresi dan berkarya, ini juga diharapkan dapat mendorong promosi budaya kemaritiman yang juga penting untuk pariwisata. “Tidak bisa kita lupakan, bahwa untuk membangun budaya maritim adalah melalui kebudayaan. Kebutuhan yang paling mendesak saat ini adalah membangun narasinya,” kata Hilmar Farid saat peluncuran program ini di kantor Kemenko Kemaritiman

Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Maman Wijaya menyampaikan, kompetisi film pendek ini terbuka bagi kalangan pelajar berusia 12 sampai dengan 16 tahun (pelajar SMA/SMK/sederajat). Peserta ditantang untuk mengirimkan proposal ide untuk film dokumenter kemaritiman kepada panitia Pusbangfilm Kemendikbud.

Kemudian, bagi peserta yang idenya terpilih akan diundang untuk mengikuti pelatihan bersama praktisi dan akademisi film di Jakarta. “Para peserta workshop akan diminta untuk memproduksi film. Dan hasilnya akan dinilai oleh tim juri yang merupakan para sineas senior Indonesia,” ujar Maman.

Sedangkan bagi kalangan umum (usia 17 sampai dengan 30 tahun) dapat mengikuti kompetisi yang dilaksanakan Kemenko Kemaritiman. Bagi peserta umum, panitia menantang untuk mengirimkan film pendek berdurasi tujuh menit yang siap tayang.

Pengiriman proposal ide film dokumenter sudah dapat dilakukan sampai 12 Agustus 2017. Untuk kategori umum, karya peserta ditunggu sampai dengan 29 Oktober 2017. Detil informasi mengenai kompetisi film pendek dokumenter kemaritiman bagi kategori pelajar dapat ditemukan di laman pusbangfilm.kemdikbud.go.id. Sedangkan informasi terkait kompetisi film pendek untuk kategori umum dapat ditemukan di laman maritim.go.id. (AMZ)

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan pabrik farmasi PT Ethica

Kamis, 23 November 2017 - 18:12 WIB

Kemenperin Perdalam Struktur Industri Farmasi Nasional

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pendalaman struktur industri farmasi nasional terutama di sektor hulu atau produsen penyedia bahan baku farmasi. Upaya strategis ini untuk mengurangi…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip, Apling, MA., PhD. bersama Lansia

Kamis, 23 November 2017 - 18:00 WIB

Selain Jawa Tengah, NTT Rawan Perdagangan Manusia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana S Yembise mengatakan Nusa Tenggara Timur masuk dalam zona merah "human trafficking" atau perdagangan manusia.

Menperin Airlangga resmikan Pabrik Farmasi di Cikarang Bekasi

Kamis, 23 November 2017 - 17:01 WIB

Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Farmasi Senilai Rp1 Triliun

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini, Kamis (23/11/2017) meresmikan pabrik farmasi milik PT Ethica di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Kamis, 23 November 2017 - 16:54 WIB

Kemenperin Bentuk Balai Litbang di Pekanbaru Guna Tingkatkan Nilai Tambah CPO

Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik, dengan didorong oleh aktivitas industri pengolahan kelapa sawit.

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

Kamis, 23 November 2017 - 16:30 WIB

Menhub Budi Karya Tnjau Pengoperasian Kereta Bandara Soetta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari Stasiun Sudirman Baru Jakarta, menggunakan kereta inspeksi, Kamis (23/11/2017)