Lagi, Hadir MPV Baru Penantang Avanza

Oleh : Dhiyan W Wibowo | Rabu, 26 Juli 2017 - 09:20 WIB

Ilustrasi Toyota
Ilustrasi Toyota

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Terus kokohnya keberadaaan Toyota Avanza di pasar kendaraan roda empat segmen multi purpose vehicles (MPV) tak lantas membuat para manufaktur otomotif lain gentar untuk mencoba peruntungan di pasar yang sama. Dan baru-baru ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Mitsubishi Expander sebagai penantang baru.

Sejatinya kemapanan posisi Toyota Avanza di pasar MPV nasional memang telah banyak diuji oleh para penantangnya. Bersama saudara kembarnya Daihatsu Xenia, kedua brand ini telah menjadi duet maut di pasar MPV yang mampu bertahan dari serangan para pendatang baru. Sebut saja hadirnya Suzuki Ertiga yang sempat diproyeksikan bakal banyak mengorek ceruk pasar Avanza, ternyata tak terbukti.

Bahkan manufaktur asal Amerika Serikat General Motors yang sempat menjadikan Chevrolet Spin sebagai penantang, namun harus mengaku kalah dan kini varian tersebut tak lagi dijual di Tanah Air.

Kehadiran Honda Mobilio memang harus menggusur Xenia dari posisi puncak kedua sebagai penguasa pasar, namun Avanza masih bergeming di tahta tertinggi. Kompetisi di pasar ini juga diwarnai oleh kehadiran pemain asal negeri Tirai Bambu, Wuling Motors, yang lewat kolaborasinya bersama SAIC Corp dan General Motors menghadirkan Confero S. Sekedar catatan saja, di negeri asalnya, Confero S punya nama Hongguang, dan masuk dalam jajaran MPV sejuta umat bagi warga Tiongkok.

Dan kini, Toyota Avanza harus kedatangan penantang baru lagi. Adalah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang baru-baru ini meluncurkan Mitsubishi Expander, yang memang bakal diposisikan sebagai kendaraan multi fungsi dengan pasar yang sama dengan incumbent. Diluncurkan di Jakarta pada 24 Juli 2017, sejatinya Mitsubishi Expander sudah sempat digadang-gadang sejak lama untuk hadir di pasar MPV nasional. Hanya saja saat itu publik baru diperkenalkan sosoknya dengan inisial XM Concept.

Lewat Expander, Mitsubishi tampaknya tak sekedar menggertak para pemain eksisting di arena ini. Dengar saja apa kata Irwan Kuncoro, Direktur Pemasaran MMKSI yang menyebut bahwa pihaknya akan membanjiri 60.000 unit Expander dalam satu tahan di Tanah Air. Langkah ini akan ditopang oleh upaya memaksimalkan memaksimalkan kapasitas produksi pabrik di Cikarang, Bekasi. Angka itu belum termasuk 20.000 unit yang akan disiapkan untuk pasar ekspor.

Dengan kapasitas 60.000 unit setahun, akan dioptimalkan dan ditingkatkan (penjualan Expander, red), kata Irwan Kuncoro saat pengenalan Expander pada media di Hotel Fairmont, Jakarta (24/7). Untuk program selanjutnya, ia menjanjikan manajemen MMKSI akan memaparkannya pada event tahunan GIIAS 2017.

Soal distribusi Expander, menurut Irwan produk ini akan dipasarkan merata ke seluruh Indonesia. Untuk itu pihaknya akan mengiringi langkah pemasaran tersebut dengan ekspansi jaringan dealer ke sejumlah daerah. Kami harus kejar jumlah outlet, karena mau menjual banyak. Tapi tentu saja tidak mudah, karena membangun outlet juga investasinya besar, ujarnya. Saat ini MMKSI telah diperkuat oleh 92 dealership dan akan diperbanyak menjadi 143 dealer dalam empat tahun ke depan.

Bicara soal teknologi Expander, diklaim mengadopsi salah satu teknologi dari Lancer Evolution X khususnya pada pengadopsian sistem suspensi. Takaaki Kishii, Chief Product Specialist Product Strategy Division Mitsubishi Motor Corp, menggungkapkan bahwa teknologi tersebut diadopsi untuk membuat penumpang belakang merasa lebih nyaman ketika berkendara di jalan raya. "Suspensinya memiliki stabilitas yang bagus, penting buat small MPV kami," kata Kishii di Jakarta.

Selanjutnya teknologi tersebut dikombinasikan dengan sistem penggerak roda depan, yang juga merupakan unsur penting dalam mengembangkan small MPV di Indonesia. Pemilihan penggerak roda depan diproyeksikan akan meminimalisir terjadinya body roll ketika berbelok dalam kecepatan tinggi.

Expander memiliki dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm, serta ground clearance 205 mm.
Mengenai fitur yang ada pada penantang Avanza yang satu ini, MMKSI sempat menyebutkan dalam beberapa kali kesempatan, bahwa mobil ini akan menggabungkan kelegaan kabin MPV, namun dengan menjaga citra kedimanisan sport utility vehicle pada Expander.

MMKSI juga menegaskan mobil ini dikembangkan di Indonesia berdasarkan data-data apa saja yang diinginkan konsumen. Studi, menurut Kishii dilakukan pertama kali pada 2014 oleh tim Mitsubishi dari Jepang dan Indonesia. Dari hasil studi dan survey tersebut didapatkan keinginan konsumen terkait kabin yang nyaman, konfigurasi tempat duduk yang bervariasi, dan bagasi yang luas.

Berikutnya didesain dengan memadukan aspek gaya dan luas, sebagai ciri sebuah MPV dengan tampilan SUV, Expander mempersembahkan desain Dynamic Shield layaknya mobil-mobil Mitsubishi lainnya. Sementara tingkat pencahayaan diklasifikasikan dengan sangat baik, lewat posisi lampu LED DRL yang terletak di kap mesin, ditambah lampu lampu utama pada bagiam bumper dan posisi fog lamp yang lebih rendah.

Untuk tata letak interiornya, disediakan banyak konfigurasi tempat duduk, dengan jarak kepala dan kaki yang lapang termasuk pada bangku baris belakang atau ketiga. Pengaturan posisi yang lebih leluasa untuk jok, termasuk pada jok baris ketiga yang bisa dilipat landai demi kabin yang luas. Jok baris kedua pun dapat dijadikan landai untuk menambah kapasitas bagasi.

Ada tambahan fitur Keyless Operation System (KOS) yang memungkinkan pengemudi membuka pintu dan menyalakan mesin ketika kunci berada di dalam saku. Kunci juga bisa menyalakan lampu untuk membantu mencari mobil di tempat yang luas. Lampu depan akan tetap menyala selama 30 detik saat penumpang keluar malam hari.

Dapur pacunya yang bervolume 1.500 cc disebut khusus dikembangkan untuk MPV ini. Dengan 16 katup berteknologi MIVEC. Kendati belum ada data resmi tenaga dan torsi, transmisi masih menggunakan tipe manual 5 percepatan dan otomatis dengan 4 percepatan.

Soal harga yang akan ditawarkan kepada konsumen, akan berada dalam kisaran mulai Rp 189 juta untuk tipe terendah hingga Rp 246 jutaan untuk tipe tertinggi. Harga tersebut dibagi untuk enam varian model.

Sejauh ini respons publik dinilai sudah sangat positif dalam menyambut kedatangan Expander. Disebutkan Director for Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro, kendati baru akan diperkenalkan secara resmi pada publik pada Agustus mendatang, hingga saat ini sudah ada beberapa konsumen yang melakukan pemesanan, kendati ia tak bersedia menyebutkan angka pemesanan yang masuk.

"Kita belum hitung secara angka pastinya karena memang untuk sistem indent baru akan kita buat September nanti. Artinya kita memang belum buka inden secara resmi, tapi beberapa dealer kami memang sudah ada yang melakukan collect data, jumlahnya sudah ribuan," ucap Irwan di Palembang, Sumatera Selatan, seperti dilansir sebuah media beberapa waktu lalu.

Kutipan :
Pemilihan penggerak roda depan diproyeksikan akan meminimalisir terjadinya body roll ketika berbelok dalam kecepatan tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Charles Honoris.Komisi I DPR (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 17:17 WIB

DPR Apresiasi Sinergi TNI-Polri Bebaskan Sandera di Papua

Sinergi TNI-Polri membebaskan sandera dari kelompok bersenjata di Papua patut diapresiasi, karena menunjukkan bentuk kerja sama kelas satu yang telah menyelamatkan nyawa ratusan anak bangsa,…

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar

Sabtu, 18 November 2017 - 17:08 WIB

Kapolda Papua-Pangdam Cendrawasih Nyaris Tertembak

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar dan Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit dilaporkan nyaris tertembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata…

Ngerokok Cuma Bakar Uang (Foto Investor.co.id)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:40 WIB

Waspada, Candu Nikotin di Bawah Heroin-Kokain

Psikiater Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan Jakarta dr Adhi Wibowo Nurhidayat SpKJ(K) MPH mengatakan candu nikotin sangat berbahaya dan berada pada peringkat tiga setelah heroin dan kokain.

PT Astra International Tbk (ASII)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:32 WIB

Astra International Lakukan Pengobatan Gratis di Makassar

Puncak peringatan HUT Ke-60 PT Astra International Tbk yang dirangkaikan dengan Festival Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, diwarnai kegiatan pengobatan gratis di atas kapal "Doctor share".

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:28 WIB

RSCM Luncurkan Layanan Pemeriksaan Retinopati Keliling

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) meluncurkan pelayanan pemeriksaan retinopati untuk bayi prematur guna mencegah kebutaan yang akan bergerak secara keliling menyokong fasilitas rumah…