PLN Jamin Ketersediaan Listrik Bagi Mobil Listrik

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 23 Juli 2017 - 06:45 WIB

Hari Pendidikan Nasional Mahasiswa pamerkan karya-karya mobil listrik terbaik di IIMS 2017
Hari Pendidikan Nasional Mahasiswa pamerkan karya-karya mobil listrik terbaik di IIMS 2017

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir menyambut positif rencana pemerintah untuk kembali mengembangkan mobil listrik. Pengembangan mobil listrik diharapkan dapat menyerap pasokan listrik, yang diperkirakan surplus seiring gencarnya pembangunan pembangkit listrik pada program pemerintah.

Masyarakat pun diminta tidak perlu khawatir dengan pasokan listrik jika program mobil listrik jadi berjalan. Sejumlah daerah saat ini tercatat memiliki surplus pasokan listrik.

"Kami bersyukur sekali kalau dikembangkan di Indonesia, karena menyerap listrik. (Pasokannya cukup?) Sangat cukup. Jawa Timur saja masih 40 persen surplusnya. Kita tidak perlu khawatir," ujar dia dalam acara Forum Bisnis PLN di Jakarta belum lama ini.

Menurut Sofyan, infrastruktur kelistrikan yang dibutuhkan untuk program ini pun terbilang mudah dan tidak membutuhkan investasi yang besar. Sebab, untuk stasiun pengisian hanya cukup dengan memasang sambungan dari jalur aliran listrik ke mobil.

‎"Untuk mobil, kalau pulang ke rumah bisa charge. Nanti di tempat umum kita pasang. Jangan panik, karena jalur listrik ada di pinggir jalan. Kan sekarang sudah dilaksanakan ada SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum). Tinggal masukkan token, colok. Murah kayak bikin stop kontak saja," dia menjelaskan.

Selain mobil listrik, lanjut Sofyan, pihaknya juga akan mendorong penggunaan kompor listrik untuk rumah tangga. Selain lebih murah, penggunaan listrik dinilai lebih aman dibandingkan gas.

"Bagaimana masyarakat pemakai gas 3 kg pindah ke kompor listrik. Nah itu top tuh. Nanti kita akan hitung bahwa lebih murah dari pakai gas," tandas dia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:55 WIB

RI-Singapura Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Sektor Industri di Bidang Pendidikan Vokasi

Indonesia dan Singapura sepakat meningkatkan kerja sama di bidang investasi dan pendidikan vokasi, khususnya untuk sektor industri.

BLACKPINK, BTS, EXO danTWICE saat memenangkan penghargaan di 7th Gaon Chart Music Awards, Seoul (14/2). (Dok Soompi)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:33 WIB

IU, BTS dan Deretan Idol Pemenang '7th Gaon Chart Music Awards', Selamat!

Acara penghargaan musik tahunan yang diadakan di Korea Selatan, Gaon Chart Music Awards 2018 sukses digelar pada Rabu (14/2) kemarin, di Jamsil Indoor Gymnasium, Seoul. Acara yang dibawakan…

Presdir PT PP Presisi Tbk Iswanto Amperawan, Direktur Keuangan Benny Pidakso dan Direktur Independen Arief Subyandono usai Public Expose PT PP Presisi Tbk (dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:30 WIB

Mengintip Target Jumbo Kinerja PT PP Presisi Tbk Tahun 2018

PT PP Presisi Tbk salah satu perusahaan yang mematok target kinerja menterang tahun ini. Dalam waktu dekat, anak usaha PT PP (Persero) Tbk itu juga akan mengakuisisi dua perusahaan senilai Rp…

Presdir PT PP Presisi Tbk Iswanto Amperawan, Direktur Keuangan Benny Pidakso dan Direktur Independen Arief Subyandono usai Public Expose PT PP Presisi Tbk (dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:02 WIB

Pengembangan Bisnis, Tahun ini PT PP Presisi Tbk Siap Akuisisi Perusahaan Asal Jepang

Dalam mendukung rencana pengembangan bisnis, tahun ini PT PP Presisi Tbk ( PPRE) menyiapkan dana belanja modal (capex) sebesar Rp 1,5 triliun Rp 1,6 triliun. Direktur Utama PT PP Presisi Tbk,…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 10:40 WIB

Selain KIK, Menperin Tawarkan Tiga Kawasan Industri Ini Dihadapan Menlu Singapura

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong Singapura agar dapat terus mengembangkan pembangunan kawasan industri di daerah lain Indonesia, yang konsepnya terintegrasi…