PLN Jamin Ketersediaan Listrik Bagi Mobil Listrik

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 23 Juli 2017 - 06:45 WIB

Hari Pendidikan Nasional Mahasiswa pamerkan karya-karya mobil listrik terbaik di IIMS 2017
Hari Pendidikan Nasional Mahasiswa pamerkan karya-karya mobil listrik terbaik di IIMS 2017

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir menyambut positif rencana pemerintah untuk kembali mengembangkan mobil listrik. Pengembangan mobil listrik diharapkan dapat menyerap pasokan listrik, yang diperkirakan surplus seiring gencarnya pembangunan pembangkit listrik pada program pemerintah.

Masyarakat pun diminta tidak perlu khawatir dengan pasokan listrik jika program mobil listrik jadi berjalan. Sejumlah daerah saat ini tercatat memiliki surplus pasokan listrik.

"Kami bersyukur sekali kalau dikembangkan di Indonesia, karena menyerap listrik. (Pasokannya cukup?) Sangat cukup. Jawa Timur saja masih 40 persen surplusnya. Kita tidak perlu khawatir," ujar dia dalam acara Forum Bisnis PLN di Jakarta belum lama ini.

Menurut Sofyan, infrastruktur kelistrikan yang dibutuhkan untuk program ini pun terbilang mudah dan tidak membutuhkan investasi yang besar. Sebab, untuk stasiun pengisian hanya cukup dengan memasang sambungan dari jalur aliran listrik ke mobil.

‎"Untuk mobil, kalau pulang ke rumah bisa charge. Nanti di tempat umum kita pasang. Jangan panik, karena jalur listrik ada di pinggir jalan. Kan sekarang sudah dilaksanakan ada SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum). Tinggal masukkan token, colok. Murah kayak bikin stop kontak saja," dia menjelaskan.

Selain mobil listrik, lanjut Sofyan, pihaknya juga akan mendorong penggunaan kompor listrik untuk rumah tangga. Selain lebih murah, penggunaan listrik dinilai lebih aman dibandingkan gas.

"Bagaimana masyarakat pemakai gas 3 kg pindah ke kompor listrik. Nah itu top tuh. Nanti kita akan hitung bahwa lebih murah dari pakai gas," tandas dia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ruas tol yang akan beroperasi

Rabu, 20 Juni 2018 - 22:19 WIB

Waskita Karya Akan Mengkaji Ulang 200 Km Ruas Jalan Tol

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan hanya mampu mengoperasikan sekitar 1.100 kilometer ruas jalan tol pada tahun ini dari target 1.315 km

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:45 WIB

Dwi Guna Laksana Ditargetkan Pasok Lima Juta Ton Batu Bara ke PLN

PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara, ditargetkan dapat memasok 5 juta ton batu bara ke PT Perusahaan…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:00 WIB

Buana Lintas Lautan Incar Dana Segar Sekitar Rp351 Miliar Lewat Rights Issue

PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang angkutan minyak, gas dan kimia untuk pasar domestik dan internasional, akan melakukan penerbitan…

Ilustrasi Irigasi (ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:50 WIB

Pola Tanam Secara Tepat dan Akurat dengan MAPDAS

INDUSTRY.co.id - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian kini telah menghasilkan lagi aplikasi teknologi Model Aliran Permukaan Daerah Aliran Sungai (MAPDAS).

Indosat

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:32 WIB

Libur Lebaran, Layanan Internet Indosat Alami Kenaikan 73 Persen

PT Indosat Tbk (ISAT) pada masa libur panjang mengalami kenaikan trafik yang signifikan. Indosat Ooredoo mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik…