Kali Bekasi Tercemar Limbah Laundry, Air Produksi PDAM Turun

Oleh : Irvan AF | Minggu, 23 Juli 2017 - 01:11 WIB

Ilustrasi pencemaran kali. (Timur Matahari/AFP)
Ilustrasi pencemaran kali. (Timur Matahari/AFP)

INDUSTRY.co.id, Bekasi - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot Kota Bekasi, Jawa Barat, terpaksa menurunkan kapasitas produksi hingga 50 persen akibat pencemaran limbah di sumber air baku Kali Bekasi sejak sepekan terakhir.

"Kami selama ini sangat mengandalkan sumber air baku dari aliran Kali Bekasi. Bila sumber ini tercemar, secara otomatis produksi kami juga ikut terganggu," kata Direktur Umum PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi Sugianto di Bekasi, Sabtu (22/7/2017).

Menurut dia, kapasitas produksi normal mencapai 420 liter per detik, namun jika ada pencemaran di Kali Bekasi maka produksi diturunkan.

"Penurunannya bergantung pada parahnya kontaminasi limbah di sumber air baku kami. Bahkan, penurunan produksi bisa mencapai hingga 50 persen dari produksi normal," katanya.

Kondisi itu membuat produksi air menjadi tidak stabil dan berdampak pada berkurangnya distribusi air bersih kepada para pelanggannya.

"Sejauh ini belum ada komplain dari pelanggan sejak pencemaran Kali Bekasi terjadi pada Senin (17/7)," katanya.

Sebelumnya, Kali Bekasi berubah warna dari semula hijau kecoklatan menjadi biru pekat pada Senin (17/7) akibat ulah oknum pengusaha binatu jeans PT Millenium Laundry di Kecamatan Bantargebang.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi telah merespons persoalan itu dengan menutup paksa bangunan tempat usaha yang mempekerjakan sekitar 20 orang itu pada Kamis (20/7) setelah memperoleh kepastian dari hasil laboratorium yang disampaikan Dinas Lingkungan Hidup setempat.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mochtar Ngabalin Perkuat Tim Tenaga Ahli KSP, Komisaris AP1 (Foto Tribun)

Jumat, 20 Juli 2018 - 06:15 WIB

Ngabalin: Proses Menuju Komisaris AP I Sebenarnya Sudah Berlangsung Lama

Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membantah bertemu Menteri BUMN Rini Soemarno sebelum dirinya kemudian diangkat sebagai salah satu Komisaris PT Angkasa Pura…

Presiden Jokowi dan Deputi PM Singapura (Foto Setkab)

Jumat, 20 Juli 2018 - 06:08 WIB

Tingkatkan Investasi KIP, Deputi PM Singapura Temui Presiden Jokowi

Deputi Perdana Menteri dan Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean menemui Presiden Joko Widodo salah satunya membahas perihal investasi di Kendal Industrial Park…

Mochtar Ngabalin Perkuat Tim Tenaga Ahli KSP, Komisaris AP1 (Foto Tribun)

Jumat, 20 Juli 2018 - 05:54 WIB

Pengeritik Jokowi, Sekarang Komisasris Angkasa Pura 1

Kementerian BUMN merombak susunan komisaris PT Angkasa Pura I (Persero) dengan memasukkan tiga nama baru yaitu Djoko Sasono, Tri Budi Satriyo, dan Ali Mochtar Ngabalin.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:40 WIB

Aksi Teroris Ancaman Utama Asian Games 2018

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menilai terorisme menjadi ancaman paling diantisipasi oleh jajarannya dalam persiapan pengamanan Asian Games 2018 yang tinggal sebulan lagi.

Partai Golkar (Foto Ist)

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:20 WIB

ICW Anggap Golkar Berkilah Soal Caleg Mantan Koruptor

Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan menilai alasan Partai Golkar tetap mengajukan sejumlah bekas narapidana korupsi sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019…