Kali Bekasi Tercemar Limbah Laundry, Air Produksi PDAM Turun

Oleh : Irvan AF | Minggu, 23 Juli 2017 - 01:11 WIB

Ilustrasi pencemaran kali. (Timur Matahari/AFP)
Ilustrasi pencemaran kali. (Timur Matahari/AFP)

INDUSTRY.co.id, Bekasi - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot Kota Bekasi, Jawa Barat, terpaksa menurunkan kapasitas produksi hingga 50 persen akibat pencemaran limbah di sumber air baku Kali Bekasi sejak sepekan terakhir.

"Kami selama ini sangat mengandalkan sumber air baku dari aliran Kali Bekasi. Bila sumber ini tercemar, secara otomatis produksi kami juga ikut terganggu," kata Direktur Umum PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi Sugianto di Bekasi, Sabtu (22/7/2017).

Menurut dia, kapasitas produksi normal mencapai 420 liter per detik, namun jika ada pencemaran di Kali Bekasi maka produksi diturunkan.

"Penurunannya bergantung pada parahnya kontaminasi limbah di sumber air baku kami. Bahkan, penurunan produksi bisa mencapai hingga 50 persen dari produksi normal," katanya.

Kondisi itu membuat produksi air menjadi tidak stabil dan berdampak pada berkurangnya distribusi air bersih kepada para pelanggannya.

"Sejauh ini belum ada komplain dari pelanggan sejak pencemaran Kali Bekasi terjadi pada Senin (17/7)," katanya.

Sebelumnya, Kali Bekasi berubah warna dari semula hijau kecoklatan menjadi biru pekat pada Senin (17/7) akibat ulah oknum pengusaha binatu jeans PT Millenium Laundry di Kecamatan Bantargebang.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi telah merespons persoalan itu dengan menutup paksa bangunan tempat usaha yang mempekerjakan sekitar 20 orang itu pada Kamis (20/7) setelah memperoleh kepastian dari hasil laboratorium yang disampaikan Dinas Lingkungan Hidup setempat.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemenang Favorite Booth APM GIIAS 2017 berfoto bersama

Minggu, 20 Agustus 2017 - 14:12 WIB

17 Ribu Unit Kendaraan Terjual dalam Pameran GIIAS 2017

Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 mengungkapkan rasa syukurnya terhadap penyelenggaraan GIIAS tahun ini. Berlangsung selama dua pekan,…

Dr. Maria Jacinta Arquisola, BA, MHRM Dosen President University Wakili Indonesia di Konferensi Internasional Jerman terkait Kepemimpinan Perempuan

Minggu, 20 Agustus 2017 - 13:52 WIB

Dosen President University Wakili RI di Konferensi Internasional

Kebanggaan dirasakan oleh President University karena memiliki seorang Dr. Maria Jacinta Arquisola, BA, MHRM.

Tidung Festival 2017 (Ist)

Minggu, 20 Agustus 2017 - 12:20 WIB

Warna-Warni Perahu dan Homestay Meriahkan Tidung Festival 2017

Penyelenggaraan Tidung Festival 2017 tahun ini, menghadirkan berbagai serangkaian kegiatan yang menarik dan unik. Para masyarkatpun antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan ikut serta dalam…

Aktivis Perdamaian Korea Teguh Santosa

Minggu, 20 Agustus 2017 - 10:24 WIB

Teguh Santosa Apresiasi Penegasan Presiden Moon Tidak Ingin Tercipta Perang Semenanjung Korea

Sekjen Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea, Teguh Santosa menyambut baik penegasan Presiden Republik Korea Moon Jaein yang tidak menginginkan perang kembali melanda di Semenanjung Korea.

SK-II Masterpiece. (Foto: IST)

Minggu, 20 Agustus 2017 - 10:23 WIB

Perawatan Kulit Mewah SK-II Bertajuk Masterpiece Pitera

Memiliki kulit wajah yang cerah berseri, kenyal, dengan tekstur yang lembut merata, tentu telah menjadi impian setiap wanita. Dan untuk mewujudkannya, SK-II terus melakukan inovasi dengan berbekal…