Dukung Program Pendidikan Vokasi Industri, SEIN Resmikan Samsung Tech Institute di Kendal

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 22 Juli 2017 - 10:25 WIB

 Samsung Electronics Indonesia (SEIN) meresmikan Samsung Tech Institute di Kendal
Samsung Electronics Indonesia (SEIN) meresmikan Samsung Tech Institute di Kendal

INDUSTRY.co.id , Kendal - Samsung Electronics Indonesia (SEIN) meresmikan Samsung Tech Institute pertama yang dibangun untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah menengah kejuruan, bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (20/7/2017).

Samsung Tech Institute merupakan sebuah fasilitas serta program pelatihan dasar elektronika untuk para siswa, yang akan memperkaya kurikulum pendidikan SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal.

Adanya fasilitas dan pelatihan ini mendukung Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK serta program ‘Pendidikan Vokasi Indsutri’ dari pemerintah, dalam rangka meningkatkan kualitas para lulusan SMK sehingga memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk langsung terjun ke dunia kerja.

Peresmian juga dihadiri Menteri Pendidikan Dan kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,  Vice President Corporate Affairs,  PT Samsung Electronics Indonesia KangHyun Lee, Bupati Kendal Mirna  Annisa, Dan tuan rumah Yusuf Darmawan, kepsek Muga Weleri Kendal beserta civitas akademik.

Dalam sambutannya, Yusuf Darmawan mengatakan, SMK Muhmadiyah 3 Weleri ini adalah  sekolah kejuruan berbasis industri.

“Lulusan anak  didik kami banyak terpakai dan dicari industri di  dunia  kerja.  Adanya  Samsung Tech Institute  ini adalah kerjasama dengan Samsung dan menjadi yang pertamakalinya di Indonesia sebagai proyek  percontohan di  bidang pendidikan.” jelas Yusuf.

Sementara, VP Corporate Affairs, PT  Samsung Electronics Indonesia Kang Hyun Lee mengatakan,  Kegiatan tersebut merupakan bagian dari CSR dibidang pendidikan Indonesia.

“Saya yakin  para  lulusan  SMK  menjadi tenaga  kerja yang  lebih  siap  kerja  dan  menang  dalam  persaingan  di  dunia  kerja. Siapa  tahu ada Vice President Samsung Dari orang Indonesia di  sini.” ujar Lee.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Jawa Tengah,  Ganjar  Pranowo mengatakan  tamatan SMK mempunyai nilai lebih, banyak  diantara mereka yang  bisa  melanjutkan kuliah bersaing dengan anak -anak SMU jikapun tidak  bisa kuliah mereka siap kerja.

Ia mengatakan program kerjasama Samsung dengan SMK sangat sesuai dengan program Pemprov Jateng yang telah menetapkan Jawa Tengah sebagai provinsi vokasi.

“Kerjasama dengan SMK akan menguntungkan kedua belah pihak di satu sisi perusahaan dapat dengan mudah mendapatkan tenaga terampil dan lulusan SMK juga cepat bekerja atau terserap di dunai kerja atau dunia industri,” papar Ganjar.

Hal senada juga  disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy, bahwa  saat ini kualitas SMK tidak  bisa diremehkan lagi dan  pemerintah merevitalisasi program SMK dengan membuka  peluang industri  dan perusahaan swasta  untuk membangun dan  mengembangkan kemajuan khususnya dunia pendidikan.

“Ada 4 poin yang menjadi fokus revitalisasi SMK yang diamanatkan dalam Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2016, yaitu revitasliasi kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, kerjasama dan lulusan. Kurikulum untuk jenjang SMK seringkali dianggap kurang sesuai dengan kebutuhan yang ada di dunia usaha dan industri," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan revitalisasi yang sedang dijalankan, dari tiga kurikulum di SMK, satu kurikulum dirancang lebih flexible. Artinya kurikulum ini menyesuaikan dengan kebutuhan industri.

"Oleh karena itu kami sangat senang bisa bekerjasama dengan Samsung melalui Samsung Tech Institute,” jelas Muhadjir.

Sementara, Bupati Mirna terus berupaya menggaet para investor untuk bisa menyerap para lulusan SMK di Kabupaten Kendal sehingga nantinya investor tidak perlu lagi jauh-jauh mencari tenaga kerja atau karyawan karena kualitas lulusan SMK di Kabupaten Kendal semakin meningkat dari tahun ke tahun.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…