Tingkatkan Sektor Pariwisata, Citilink Layani Rute Jakarta-Ambon

Oleh : Ridwan | Jumat, 21 Juli 2017 - 12:16 WIB

Pesawat Citilink / https://www.citilink.co.id
Pesawat Citilink / https://www.citilink.co.id

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Setelah Kendari dan Gorontalo, kota Ambon menjadi pilihan maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia untuk memperluas dan memperkuat jaringan penerbangannya di Kawasan Timur Indonesia (KTI), sekaligus membantu percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di wilayah tersebut.

"Ambon dan Maluku Utara umumnya sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu pusat perdagangan internasioal dengan ditemukannya rempah-rempah dan kekayaan laut yang mengelilinginya. Jadi pantas kalau Citilink Indonesia membuka penerbangan ke kota yang terkenal ini," kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo.

Apalagi pertumbuhan ekonomi di wilayah ini menurut data BPS mencapai 5,77 persen atau di atas rata-rata angka nasional sebesar 5,02 persen, ujar Juliandra melalui surel yang diterima Redaksi di Surabaya, Jumat (21/7/2017).

Pemmbukaan rute ke Ambon merupakan bagian dari strategi bisnis Citilink untuk memperkuat konektivitas Nusantara sehingga kekuatan Citilink tidak saja menyebar di wilayah barat, tetapi juga di di kota-kota Timur Indonesia sehingga bisa memantapkan posisi sebagai maskapai berbiaya murah terkemuka di Indonesia.

"Dengan berbagai potensi yang dimiliki oleh Maluku Utara, khususnya Ambon, kami optimistis bisa mencapai target 'market share' sebesar 20 persen dari kondisi pasar saat ini. Tidak tertutup kemungkinan market share ini akan terus meningkat di waktu mendatang," tambah Juliandra.

Penerbangan Citilink Indonesia dengan rute Jakarta - Ambon via Makassar, diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan industri pariwisata Maluku dan meningkatkan jumlah wisatawan, sekaligus mendukung target pemerintah pusat dalam menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019.

VP Corporate Communication Citilink Benny S Butarbutar menambahkan, penerbangan QG 212 rute baru Jakarta - Ambon (via Makassar) tersebut merupakan penerbangan harian regular yang akan dibuka mulai tanggal 16 Agustus 2017.

Tiket penerbangan mulai dibuka pada Rabu, 19 Juli 2017 (sebulan sebelumnya) di seluruh saluran pembelian Citilink Indonesia, termasuk pembelian melalui "mobile apps" dan di situs web www.citilink.co.id.

Adapun harga tiket yang dijual berkisar Rp1.000.000 per "seat" untuk rute Jakarta - Ambon (via Makassar), sedangkan untuk penerbangan Makassar - Ambon saja harga tiket dijual Rp550.000 per seat.

Penerbangan dari Jakarta ke Ambon akan berangkat dari Jakarta pada pukul 08.35 WIB dan tiba di Ambon pada pukul 16.35 WIT, setelah sebelumnya transit selama 75 menit di Makassar.

Sementara itu, penerbangan dari Ambon menuju Jakarta via Makassar akan berangkat pukul 18.10 WIT dan akan tiba di Jakarta pukul 21.20 WIB.

Sepanjang tahun 2017 Citilink secara konsisten terus membuka rute-rute baru domestik maupun regional. Empat rute baru di kawasan timur Indonesia yaitu, Jayapura, Kendari, Gorontalo dan kini Ambon, serta satu rute regional, Dili, demikian Benny

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…