API: Munculnya Isu Tutupnya Pabrik Benang Akibat Libur Lebaran Yang Diperpanjang

Oleh : Hariyanto | Kamis, 20 Juli 2017 - 17:37 WIB

Ilustrasi Benang (Ist)
Ilustrasi Benang (Ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) meyakini bahwa kabar soal penghentian produksi pemintalan benang oleh beberapa pabrik hanya sebatas rumor saja.

Meski ada penurunan produksi benang, Ketua API Ade Sudrajat mengatakan, tidak ada pabrik pemintalan benang yang tutup pasca Lebaran. Ade Menilai, munculnya isu tutupnya pabrik benang akibat diperpanjangnya libur Lebaran pabrik-pabrik tersebut.

"Mereka biasanya libur maksimum lima hari tahun ini ditambah jadi 20 hari sehingga wajar muncul rumor soal penutupan pabrik benang," kata Ade di Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Namun, ia tidak menampik saat ini banyak perusahaan tekstil yang memangkas produksi benang. PT Argo Pantes Tbk misalnya, memangkas produksi benang tahun 2016 lalu menjadi 8.788 ton. Padahal, di tahun sebelumnya emiten dengan kode saham ARGO ini bisa memproduksi 9.042 ton.

Ade melihat, penurunan produksi benang ini disebabkan oleh daya beli masyarakat yang menurun. "Pasar di Indonesia sekarang ini sedang lesu. Ini tidak hanya kena di industri tekstil saja tapi sampai ke ritel juga," ujar Ade.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kayu di Hutan

Rabu, 22 November 2017 - 19:28 WIB

Pemerintah Wacanakan Buka Keran Ekspor Kayu Bulat

Setelah dilarang selama 16 tahun. pemerintah mempertimbangkan untuk membuka kran ekspor kayu bulat atau log. Alasannya, untuk mengangkat harga komoditas itu yang jatuh di pasar lokal.

Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia) (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 18:27 WIB

Aptrindo: Sudah Saatnya Angkutan Barang Masuk Sistem Digital

Era industrialisasi digital mengharuskan semua sektor industri mengimplementasikan sistem digitalisasi guna meningkatkan daya saing industri, tak terkecuali industri angkutan barang.

PT Totalindo Eka Persada Tbk

Rabu, 22 November 2017 - 17:50 WIB

Totalindo Eka Persada Akan Garap Proyek TOD Senilai Rp3 Triliun

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) menandatangani perjanjian pembangunan proyek kawasan terpadu (TOD) dengan BUMD DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya senilai Rp3 triliun.

Budayawan; Emha Ainun Nadjib (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:37 WIB

Ango An Poteh Tolang, Setnov

Andaikan Markesot dikenal oleh Setya Novanto dan ditanya tentang keadaannya hari-hari ini, mestinya Markesot menjawab begini: "Etembang poth mata, ango`an poth tolang, ta`iye!". Daripada mata…

Golden Tulip Holland Resort Batu, Jawa Timur

Rabu, 22 November 2017 - 17:30 WIB

Rayakan Tahun Baru dan Natal, Golden Tulip Holland Resort Batu Tawarkan Paket Spesial

Pergantian tahun dan perayaan hari Natal merupakan satu momen dimana tiap keluarga saling berkumpul atau mengisinya dengan berlibur ke suatu tempat ataupun ke destinasi wisata untuk merayakannya.