Menperin: Tahun 2017 Merupakan Periode yang Tepat Bertumbuhnya Industri Baja

Oleh : Hariyanto | Kamis, 20 Juli 2017 - 14:44 WIB

Menperin meresmikan pabrik baja krakatau osaka steel (dok-kemenperin)
Menperin meresmikan pabrik baja krakatau osaka steel (dok-kemenperin)

INDUSTRY.co.id , Cilegon - Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan, pada tahun 2017 ini merupakan periode yang tepat untuk industri baja bertumbuh. Pasalnya, tahun ini banyak proyek infrastruktur yang banyak menggunakan bahan baku baja.

"Produk baja akan diserap oleh sektor infrastruktur yang tahun ini budgetnya naik," ujar Airlangga disela-sela peresmian Paik PT Krakatau Osaka Steel (KOS), Kamis (20/7/2017).

Menurut Airlangga, tahun ini anggaran infrastruktur meningkat sebesar 80% menjadi hampir Rp 387 triliun.

"Saat ini permintaan baja nasional setiap tahunnya bisa mencapai 14 juta ton, sedang sebagian besar yakni 8 juta ton masih impor," kata Airlangga.

Di tengah industri baja lokal yang hanya bisa memenuhi 6 juta ton, paik Krakatau Osaka Steel diharapkan menjadi satu dari banyak paik baja yang akan didirikan di kemudian hari.

Mengingat PT Krakatau Steel Tbk sebagai pemilik 20% saham KOS mempunyai program jangka panjang, untuk meningkatkan produksinya hingga 10 juta ton di tahun 2020 nanti. Dengan adanya KOS ini ialah proses menuju target tersebut.

Salah satu produk yang menjadi unggulan KOS ialah baja tulangan S50, dengan ketebalan (diameter) 50 milimeter. Baja jenis ini direkomendasikan untuk jalan tol dan perkeretapian. Dan KOS mengklaim sebagai produsen S50 pertama di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…

Presiden Direktur PT SPV, Christian Oberleitner (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 16:17 WIB

Dukung Program Citarum Harum, South Pacific Viscose Terus Tingkatkan Standar dan Kualitas IPAL

untuk menjaga kelestrasian lingkungan, khususnya Citarum, PT. South Pacific Viscose telah mengikuti semua regulasi dari pemerintah dan mematuhi segala perarturan yang telah dikeluarkan.

Direksi Radana Bhaskara Finance

Kamis, 20 September 2018 - 15:59 WIB

Radana Bhaskara Finance Dapat Warning Credit Watch Negatif

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - PT Radana Bhaskara Finance peringkat dan medium term notes MTN II 2016 seri A,B,C, MTN I 2017 seri A,B,C dan MTN II 2018 menjadi idBBB dari…