Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah Regional Investment Forum

Oleh : Irvan AF | Kamis, 20 Juli 2017 - 14:05 WIB

Tempat Wisata di Sumatera Barat (Keren Su/Getty Images)
Tempat Wisata di Sumatera Barat (Keren Su/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah kegiatan Regional Investment Forum pada 15-17 Oktober 2017, sebagai agenda rutin Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam menggenjot investasi.

"Kami berterima kasih sekali atas kepercayaan BKPM dengan menunjuk Kota Padang selaku tuan rumah. Investasi merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas dalam pengembangan ekonomi di Sumatera Barat," kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Dalam Rapat koordinasi persiapan yang dilakukan di Padang, Rabu (19/7), Irwan mengatakan Sumatera Barat memiliki berbagai potensi pariwisata yang dapat menarik bagi investor asing yang tertarik menanamkan modalnya.

"Salah satunya adalah Pantai Mandeh yang menjadi salah satu ikon pariwisata Sumatera Barat," lanjutnya.

Pariwisata menjadi sektor prioritas yang ditampilkan dalam kegiatan Regional Investment Forum yang merupakan inisiatif BKPM. Kegiatan serupa sebelumnya dilaksanakan di Bali pada Februari 2017.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Himawan Hariyoga menambahkan dalam proses persiapan ini, pemerintah akan memfasilitasi konsultan internasional serta menjajaki beberapa investor yang menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modalnya di Sumatera Barat.

"Regional Investment Forum di Padang ini akan dimanfaatkan untuk memaparkan peluang investasi dari destinasi wisata dari kampanye 10 Bali baru oleh pemerintah," katanya.

Ke sepuluh destinasi wisata tersebut diantaranya Kepulauan Seribu, Danau Toba, Borobudur, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang dan Bromo.

"Selain itu, beberapa destinasi Sumatera Barat lainnya juga ditawarkan seperti Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang dan Taman Laut Mandeh. Investasi yang diharapkan masuk adalah investasi di infrastruktur penunjang pariwisata seperti hotel dan bidang usaha lainnya," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan koordinasi tersebut Sekretaris Utama BKPM, walikota/bupati dan perwakilan kabupaten/kota di Sumatera Barat, serta perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Kementerian Luar Negeri.

Kegiatan Regional Investment Forum di Padang, Sumatera Barat akan didukung oleh berbagai instansi di antaranya Kementerian Pariwisata, Kementerian Luar Negeri dan Bank Indonesia.

Kegiatan tersebut akan dimasukkan dalam agenda "Voyage to Indonesia" yang merupakan serangkaian kegiatan tambahan menjelang pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF di Indonesia tahun depan.

Dengan memilih lokasi penyelenggaraan di Padang, Sumatera Barat, pemerintah berupaya untuk meningkatkan realisasi investasi di luar Pulau Jawa.

Berdasarkan data BKPM per triwulan pertama 2017, porsi investasi di luar Pulau Jawa mencapai 45,4 persen sebesar Rp75,3 triliun, naik dari tahun sebelumnya yakni 44,9 persen atau sebesar Rp65,8 triliun.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…