Kemenperin Terus Pacu Tingkatkan Daya Saing IKM Tenun Nasional

Oleh : Ridwan | Kamis, 20 Juli 2017 - 07:48 WIB

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.
Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

INDUSTRY.co.id - Medan, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian menyelenggarakan bimbingan teknis serta memberikan mesin dan peralatan produksi di Sentra IKM Tenun Ulos, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kompetensi para perajin tenun di dalam negeri sehingga mampu menghasilkan produk yang berdaya saing di pasar domestik dan internasional.

"Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan Bapak Presiden Joko Widodo pada Festival Danau Toba tahun 2016 lalu," ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Medan (19/72017).

Ia menambahkan, bimbingan teknis yang dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 17-21 Juli 2017 ini diikuti sebanyak 20 peserta dan sudah dibentuk dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Hiou Sinio.

Untuk bantuan mesin dan peralatan, Gati menyebutkan, pihaknya menyerahkan berupa 11 unit alat tenun bukan mesin (ATBM), satu unit alat hani tangan, dan lima unit alat kelos benang kepada Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Simalungun, yang akan digunakan oleh KUB Hiou Sinio.

“Kami berharap, kegiatan ini akan ditindaklanjuti oleh Pemda Simalungun melalui pendampingan dan dapat pula difasilitasi untuk ikut serta di Festival Danau Toba,” ujarnya.

Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata yang dikelilingi beberapa kabupaten termasuk Simalungun, ditargetkan Sentra IKM
Tenun Ulos ini bisa menjadi tujuan utama bagi wisatawan lokal dan mancangera.

Gati pun menyampaikan, tenun merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang perlu terus dikembangkan karena memiliki berbagai motif yang khas dan kental dengan nilai budaya nusantara yang patut dilestarikan. "Mengingat besarnya potensi industri tenun, kami ingin menjadikan tenun sebagai world heritage seperti halnya batik yang telah diakui dunia sebagai warisan budaya tak benda asli
Indonesia," tegasnya.

Kemenperin mencatat, jumlah sentra IKM tenun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mencapai 369 sentra dengan jumlah perusahaan sebanyak 16.971 unit usaha. Industri tenun nusantara hingga saat ini terus berkembang dan telah berperan penting sebagai penggerak perekonomian daerah sehingga mendorong pemerataan kesejahteraan masyarakat secara nasional.

Kain tenun mampu menjadi salah satu penyumbang devisa negara. Ini dilihat dari nilai ekspornya pada tahun 2016 yang mencapai USD2,6 juta dengan negara tujuan utamanya adalah Belanda. "Kami terus berupaya mendongkrak kinerja industri tenun nusantara melalui peningkatan daya saing produk dan pengamanan pasar dalam negeri," pungkas Gati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…