Dosen President University Jadi Satu-satunya dari Indonesia, Peraih Travel Grant Konferensi IAMCR

Oleh : Hariyanto | Rabu, 19 Juli 2017 - 20:49 WIB

Raudy menjadi satu-satunya penerima travel grant
Raudy menjadi satu-satunya penerima travel grant

INDUSTRY.co.id , Cartagena – Dosen President University menjadi salah satu dari 20 peserta Konferensi tahunan Asosiasi Internasional Penelitian Media dan Komunikasi (IAMCR) di Cartagena.

Konferensi yang berpusat di Cartagena de Indias Convention Center, Cartagena, Kolombia, ini dihadiri sekitar 2.000 peserta. Sebanyak 1.300 makalah dipresentasikan dalam konferensi yang berlangsung Minggu-Kamis, 16-20 Juli 2017.

Raudy diundang ke dalam pertemuan khusus para penerima travel grant bersama Presiden IAMCR, Janet Wasko dan sejumlah pengurus inti lainnya. Travel grant ini diberikan kepada para scholar muda dan memasuki tahun kedua masa keanggotaan IAMCR.

Raudy menjadi satu-satunya penerima travel grant sebesar 1.500 dollar AS dari Indonesia. Penerima lainnya berasal dari India, Meksiko, Brazil (3), Afrika Selatan, Uganda, (masing-masing 2), Kenya, Nigeria, Pakistan, Bangladesh, Vietnam, Ekuador (masing-masing 1).

Di hari yang sama, Senin (17/7/2017) waktu Cartagena, Raudy memaparkan penelitiannya berjudul "News construction of Islamic group in Indonesian mainstream media: a case study of the Super Peaceful Protest 2 December 2016".

Penelitian ini adalah bagian dari disertasi S3 yang sedang disusunnya. Raudy meneliti bagaimana sejumlah media mainstream Indonesia memberitakan Front Pembela Islam (FPI). Dalam paparan kali ini ia membedah kebijakan pemberitaan Majalah Tempo, majalah berita yang secara umum dijadikan rujukan banyak kalangan. Dalam Konferensi IAMCR tahun 2016 di Leicester, Inggris, Raudy memaparkan temuannya terkait pemberitaan Koran Media Indonesia.

Sementara itu, sehari setelahnya, Selasa (18/7) waktu Cartagena atau Rabu (19/7) WIB, dosen lain President University, memaparkan hasil penelitiannya tentang pola pemberitaan Kompas.com tentang Razia Satpol PP terhadap warung makan yang buka di siang hari Ramadhan tahun 2016 lalu atau lebih dikenal dengan istilah “kasus Saeni”.
 
Selama ini penertiban warung makan, gelandangan, pengemis, anak jalanan, pelaku prostitusi, bahkan pedagang asongan dan pengemudi becak banyak dilakukan Satpol PP di banyak sekali kota di Indonesia. Berita-berita terkait Satpol PP ini jarang menjadi berita besar, apalagi nasional.

Namun, kasus Saeni memantik perdebatan nasional, termasuk memancing reaksi dari Menteri dalam negeri dan presiden. Perdebatan yang muncul bukan hanya focus pada Razia Satpol PP atau nasib Saeni, namun melebar hingga memperdebatkan eksistensi puasa dan memunculkan label perda-perda intoleran.

Melihat melebarnya perdebatan dari peristiwa yang sebenarnya banyak ditemukan di banyak kota lain, Supardi tertarik meneliti apa yang telah dilakukan media massa tentang peristiwa tersebut. Supardi memilih Kompas.com karena ia bagian dari Kompas Gramedia (salah satu konglomerat media di Indonesia), memiliki pembaca yang besar (terbesar keempat versi Alexa untuk kategori lembaga berita dalam jaringan), dan dinilai memiliki reputasi yang baik.

Penelitian Supardi menunjukkan bahwa Kompas.com menganggap peristiwa Saeni sangat penting, terlihat dari besarnya jumlah berita yang dialokasikan untuk peristiwa ini (45 buah), panjangnya durasi pemberitaan (total 6 hari dalam durasi 11 hari), dan luasnya wilayah pemberitaan (berita diletakkan di 6 desk berbeda, yakni Nasional, Megapolitan, Regional, Properti, Internet dan Gosip). Dari semua itu, 65% berita diletakkan di desk Nasional. Artinya, Kompas.com tidak menganggap peristiwa ini sebagai peristiwa level kota, namun level nasional.

Selain itu, Kompas.com lebih banyak memberitakan Saeni (15% di lead dan 14% di paragraf kedua) dan pihak-pihak yang mendukungnya (atau pihak yang mendukung Saeni sekaligus mengkritisi Pemkot Serang), yakni 65% di lead dan 72% di paragraf kedua dibanding pihak yang mendukung Razia tersebut.

Lebih jauh, 91% pihak yang dikutip secara langsung di paragraf kedua adalah pendukung Saeni. Dilihat dari siapa yang diwawancarai dan foto siapa yang dimuat, terlihat pula penentangan Kompas.com terhadap Razia tersebut, bahkan secara implisit terlihat penentangan Kompas.com terhadap keberadaan Perda yang dinilainya (melalui pernyataan nara sumber yang ia pilih) intoleran.

Kompas.com bahkan mewawancarai Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta saat itu) yang tidak memiliki keterkaitan administratif dengan Kota Serang. Sebaliknya, dari 45 artikel yang diteliti, tidak satu pun pernyataan langsung dari Walikota Serang maupun Gubernur Banten yang dimuat di paragraf kedua padahal mereka memiliki keterkaitan administrative untuk berbicara tentang peristiwa ini.

“Saya berterimakasih kepada President University, PT Jababeka, Tbk. Dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang membantu saya secara finansial hingga memungkinkan saya menghadiri konferensi ini,” kata Supardi.

IAMCR adalah asosiasi internasional penelitian komunikasi dan media. Konferensi IAMCR adalah konferensi tertinggi untuk bidang komunikasi dan media di mana penulis buku teks dan pimpinan kampus di bidang ini (mulai dari komunikasi massa, public relations, international communication, teori komunikasi, jurnalisme hingga  kajian spesifik seperti komunikasi kesehatan dna komunikasi peristiwa olahraga) berkumpul setiap tahunnya. (President University)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…