Peran Sektor Jasa Keuangan Terhadap Ekonomi Meningkat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 19 Juli 2017 - 08:16 WIB

Mantan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad
Mantan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan bahwa peran sektor jasa keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional mengalami peningkatan cukup baik.

"Peran sektor jasa keuangan dalam beberapa tahun ini menunjukkan peningkatan kontribusi, dari 0,25 persen pada 2011 menjadi 0,36 persen di tahun 2016," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Dharmansyah Hadad dalam acara "Malam Apresiasi Pelaku Industri Jasa Keuangan kepada Dewan Komisioner OJK Periode 2012-2017" di Jakarta, Selasa malam (18/7/2017)

Muliaman Hadad mengatakan bahwa beberapa program strategis telah dilaksanakan dan diperkenalkan OJK dalam rangka mendorong intermediasi pemberdayaan kredit, menggerakkan asuransi, dan industri pasar modal.

"Inisiatif-inisiatif yang dilakukan OJK diantaranya mendorong kredit usaha rakyat, mempercepat pendirian perusahaan penjaminan kredit daerah, pembiayaan sektor prioritas, dan mendorong refitaslisasi modal ventura," paparnya.

Selain itu, lanjut dia, OJK juga berupaya untuk melakukan penyederhanaan proses penawaran umum, baik saham maupun obligasi serta penyediaan produk-produk baru di industri pasar modal.

Terkait inklusi keuangan, lanjut dia, pihaknya meluncurkan Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) yang melibatkan seluruh pihak termasuk diantaranya gubernur.

"Program Laku Pandai banyak diapresiasi dunia global. Program itu mempercepat inklusi keuangan di daerah dalam mengakses keuangan,' katanya.

Perkembangan besar Sementara itu, DIrektur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan bahwa OJK sebagai regulator sudah membuktikan banyak perkembangan yang scukup besar bagi industri keuangan dan pasar modal domestik.

"Di sini sudah berkumpul semuanya dari pelaku industri pasar modal, perbankan, asuransi, multifinance, semuanya ingin ucapkan terima kasih," kata Tito Sulistio dalam sambutannya.

Ia mengemukakan bahwa sektor Industri Keuangan Non-Bank berhasil mencatatkan kenaikkan aset hampir 70 persen. Lalu, sektor perbankan mendorong kredit tumbuh lebih dari 55 persen. Dan di sektor pasar modal, kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) mencatatkan pertumbuhan cukup tinggi dari level 4.300 menjadi ke 5.800 poin.

"Saya disuruh kerja terus sama Bu Nurhaida (Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK). Dan telah berhasil menaikkan IHSG serta nilai kapitalisasi pasar Rp6.368,87 triliun," paparnya.

Di bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tito Sulistio mengatakan OJK juga telah berhasil menaikkan literasi dan inklusi keuangan nasional. Kemudian di Dewan Audit, OJK mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) empat kali berturut-turut.

"Dan OJK juga mendapatkan Global Inclusin Award, serta sertifikat ISO 9001:2015, yang merupakan merupakan standar internasional untuk sistem manajemen mutu," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…