Kampanyekan Batik melalui Tjanting Run 5K dan 10K

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 18 Juli 2017 - 16:17 WIB

Kampanye Batik melalui Tjanting Run 5K dan 10K
Kampanye Batik melalui Tjanting Run 5K dan 10K

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerhati dan pecinta batik yang tergabung dalam Yayasan Tjanting Batik Nusantara kembali menggelar lomba lari Tjanting Run sebagai bagian dari kegiatan Tjanting Funday. Tema Tjanting Funday tahun ini adalah Batik Cirebon. Tema ini dipilih dengan pertimbangan awal dari Jalur batik.

“Tahun lalu acara ini mendapat sambutan meriah dari para pelari dan kalangan masyarakat lainnya, membuat kami optimistis untuk kembali menggelarnya di tahun ini,” ujar Erna Laksmana, Ketua Panitia Tjanting Funday dalam siaran persnya, Selasa (18/7/2017).

Tjanting Funday tahun ini akan digelar pada 21 – 22 September 2017 yang dilanjutkan kemudian dengan Tjanting Run pada 24 September 2017, sekitar sepekan sebelum Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2016.

Sejumlah kegiatan yang direncanakan akan diselenggarakan pada Tjanting Funday adalah bazaar, talkshow, workshop dan fashion show. Juga akan diramaikan dengan mendatangkan pengrajin batik dari Cirebon. “Ini merupakan sinergi antara tim Tjanting Funday dengan Universitas Pekalongan dalam upaya melestarikan batik Nusantara,” ujar Erna lebih lanjut.

Adapun untuk kegiatan lomba lari akan diadakan pada 24 September. Untuk merespon minat pelari; maka tahun ini diselenggarakan dalam dua kategori; yakni 10K dan 5K. Untuk mendapatkan rute yang diinginkan, di tempat yang nyaman dan bersahabat bagi pelari, tim Tjanting bekerja sama dengan pengembang Alam Sutera.

“Kami menyediakan Flavor Bliss Alam Sutera sebagai venue race, sedangkan Mall Alam Sutera akan menjadi lokasi RPC,” ujar Koko Arto dari  Tjanting Run.

Sinergi tersebut membuat semua pihak percaya diri untuk menambah jumlah pelari hingga 2.500 pada tahun ini; meningkat dibandingkan 1.500 pelari yang bergabung dalam race tahun lalu. “Ini menjadi perhatian kami untuk mengakomodir fasilitas terhadap lebih banyak lagi pelari,” ujar Safrita Aryana, race Director kegiatan Tjanting Run. Seperti juga tahun lalu, pelari akan mendapatkan jersey dan medali motif batik dengan desain khusus. Sedangkan pemenang akan mendapat medali podiuj dengan lanyard batik tulis.

Hal istimewa lainnya adalah pelari diajak menyumbangkan sepatu olah raga layak pakai untuk anak sekolah, bekerja sama dengan Yayasan GNOTA. Pengumpulan sepatu dilakukan pada 1 Agustus – 10 September.

Para peminat dapat mengunjungi www.tjantingfunday.com atau mengirimkan email ke [email protected].

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…