Semester Pertama 2017, Ekspor Sepeda Motor Naik 28 Persen

Oleh : Hariyanto | Selasa, 18 Juli 2017 - 09:16 WIB

Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)
Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan, semester I-2017,  ekspor sepeda motor mencapai 185.000 unit atau naik 28% dibandingkan periode yang sama ditahun sebelumnya, yaitu sebanyak 143.992 unit.

AISI optimistis ekspor sepeda motor bisa melampaui target 10% tahun ini. "Kami berharap bisa tumbuh lebih dari 10%," kata Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, Minggu (16/7/2017).

Sigit menyebutkan, ada tambahan permintaan atau repeat order dari negara-negara tujuan ekspor. Terutama pada jenis motor yang di Indonesia masuk kategori premium seperti motor sport dan skuter.

Produsen motor pun terus berbenah agar permintaan di pasar ekspor ini tidak surut. "Ke depan tantangan ekspor berasal dari produk kompetitif, artinya harga harus bersaing," kata Sigit.

Salah satu produsen yang mendapatkan hasil penjualan ekspor ini adalah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sepanjang semester I-2017 lalu, sekitar 56% dari total ekspor sepeda motor berasal dari penjualan motor hasil produksi Yamaha.

Menurut General Manager Aftersales & Public Relations YIMM M. Abidin, ekspor sepeda motor Yamaha didominasi oleh varian skuter. Saat ini ekspor motor Yamaha asal Indonesia menjangkau 14 negara, mulai dari kawasan Asia hingga Eropa.

Manajemen Yamaha pun optimistis , ekspor menjadi peluang penting bagi tumbuh di bisnis sepeda motor. "Di saat pasar domestik melemah, dengan pasar ekspor ini kami bisa menggunakan kapasitas produksi yang ada," kata Abidin.

Sayangnya, Abidin masih belum mau membeberkan lebih lanjut target ekspor sepeda motor YIMM di tahun ini. Salah satu produk sepeda motor Yamaha yang potensial untuk di pasarkan dengan tujuan ekspor itu adalah seri N-MAX. "Kami menargetkan ekspor untuk seri N-MAX 150 tahun ini 25.000 unit," ujar Abidin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…