Tingkatkan Daya Saing, Menhub Janji Permudah Sertifikasi Mobil Listrik

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 17 Juli 2017 - 15:02 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Janjikan Kemudahan Uji Kelayakan Mobil Listrik, Senin (17/7/2017) Foto: Fadli Industry.co.id
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Janjikan Kemudahan Uji Kelayakan Mobil Listrik, Senin (17/7/2017) Foto: Fadli Industry.co.id

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Pemerintah akan mempermudah proses sertifikasi uji kelayakan mobil listrik untuk menargetkan penurunan emisi BBM hingga 2020. Hal ini yang memacu Kementerian Perhubungan untuk segera menggodok regulasi yang tepat agar penggunaan motor listrik aman di jalan raya.

"Pada dasarnya kita sedang mereformasi cara kita memberi sertifikat. Yang akan datang, kita akan lebih lugas dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Berkaitan dengan mobil listrik, kita harus lakukan sertifikasi yang lebih lugas, lebih governance," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui usai Kongres Teknologi Nasional di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Meski demikian, Budi meminta produsen mobil listrik tak asal-asalan, semuanya harus dipersiapkan dengan baik agar produk layak digunakan, aman dan nyaman untuk masyarakat.

"Kita juga minta para produsen sudah melengkapi hal-hal yang dibutuhkan. Kita tidak saja mensertifikasi suatu produk tapi akhirnya produk itu tidak bisa digunakan," ucapnya.

Pihaknya menyambut baik pengembangan mobil listrik di dalam negeri. Inovasi di sektor transportasi harus terus dilakukan demi kebutuhan masyarakat.

"Transportasi adalah layanan primer bagi masyarakat. Maka kita harus terus berinovasi mengembangkan transportasi di Indonesia. Dengan adanya Kongres Teknologi Nasional ini, ada pemikiran-pemikiran yang membuat cara kita membangun transportasi lebih konseptual dan update dengan teknologi yang ada," tandasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

Kamis, 21 September 2017 - 21:00 WIB

Groundbreaking Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober…

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.